Ayo Buat Bioskop Sendiri di Rumah Anda - Keluarga Biru: Travelling, Kuliner, Parenting dan Lifestyle

Ayo Buat Bioskop Sendiri di Rumah Anda

by - December 21, 2018






Ada banyak hal yang berubah setelah menikah, salah satunya adalah kegiatan menonton film di bioskop. Saat masih single atau belum ada anak-anak, kami bisa dengan mudah pergi ke bioskop. Tapi sekarang setelah ada kehadiran Duo Ai, nonton film di bioskop jadi sesuatu yang mewah. Padahal setiap bulan ada saja film-film bagus yang menggoda iman kami, apalah daya genre filmnya tidak untuk anak-anak. Mau nitipin anak-anak sama nenek atau kerabat juga nggak enak sebab selama ini kami sudah sering merepotkan mereka jika kami ada job liputan bareng.


Trus, saya jadi mikir kenapa nggak buat bioskop sendiri aja di rumah? Coba bayangkan bila Anda memiliki sebuah bioskop lengkap dengan segala elemen yang mendukung bioskop tersebut di rumah Anda. Pasti hal tersebut sangat menyenangkan bukan? Apalagi bila Anda menyaksikan film-film favorit Anda bersama pasangan.

Untuk membuat sebuah studio/ bioskop mini ternyata sangat mudah. Hanya dengan membaca artikel ini, nampaknya Anda sudah dapat membangun sebuah bioskop mini di rumah Anda. Apabila Anda penasaran dengan cara membuat bioskop mini untuk melengkapi hiburan di rumah Anda. Berikut langkah tepat untuk membangun sebuah bioskop mini di rumah Anda:


Place the Perfect Screen at the Perfect Place
Jangan meletakkan layar di sembarang tempat karena harus ada pertimbangan dan perhitungan yang tepat untuk menentukan jarak terbaik antara layar dan proyektor agar aktivitas menonton Anda menjadi sangat nyaman. Selain itu, pastikan juga antara layar dan proyektor tersebut tidak menimbulkan gangguan. Jangan lupa pasang proyektor di tempat yang tepat agar tak perlu lagi memindah-mindahkannya di kemudian hari. Proyektor yang terpasang dengan tepat akan menentukan kualitas gambar yang dihasikan di layar. Setelah semua perhitungan ini selesai, Anda dapat memastikan bahwa ini akan menjadi sebuah aktivitas yang menyenangkan dan sangat nyaman.

Camilan is a Must!
Agar ambience menonton di bioskop mini semakin lengkap, selalu sediakan camilan atau kudapan yang siap dimasak kapan saja. Jadi kalau ada yang mengajak nobar, Anda hanya perlu membuat bahan-bahannya sejenak, kemudian nikmati sambil nonton. Lalu sediakan juga minuman cepat saji atau minuman botolan yang mudah disimpan di area bioskop mini Anda. Bila makanan dan minuman sudah lengkap, rasanya Anda akan betah berlama-lama di dalam studio.

Check List Semua Perlengkapan yang Diperlukan
Untuk membuat sebuah bioskop mini, Anda membutuhkan sebuah proyektor, layar, pengeras suara, serta alat pemutar keping film (DVD atau Blue Ray). Untuk budget menengah, pilihlah perangkat-perangkat dengan kualitas medium, asalkan memadai untuk studio tersebut. Tapi bila ada uang lebih, tak ada salahnya memiliki perangkat-perangkat dengan kualitas terbaik, yang pastinya akan memberikan kepuasan tersendiri.

Pemilihan Speaker Untuk Kualitas Suara
Setelah mempertimbangkan layar, camilan, dan player-nya, jangan pernah melupakan penggunaan speaker untuk melengkapi elemen aktivitas menonton Anda. Untuk kenyamanan yang lebih, Anda juga wajib mengukur suara yang akan dikeluarkan oleh speaker Anda sehingga nyaman di telinga dan tidak mengganggu tetangga Anda bila sedang menonton film favorit Anda.

Pengedap Suara
Sebenarnya hal ini sangat opsional, Anda dapat menambahkan elemen ini sebagai bahan pertimbangan agar tetangga Anda tidak terganggu oleh suara yang berasal dari bioskop mini Anda ini. Namun, apabila Anda yakin telah mengatur suar sekecil mungkin tetapi tetap dapat Anda nimati, Anda tidak lagi memerlukan pengedap suara di bioskop mini Anda ini.

Pastikan Tenaga Listrik Mencukupi
Kalau ini adalah hal yang sangat penting untuk menjadi bahan pertimbangan Anda dalam membuat bioskop mini. Anda perlu memperhatikan penggunaan listrik Anda agar biaya PLNToken tidak menjulang tinggi setelah anda menyaksikan film kesayangan Anda.

Film yang Lengkap
Langkah terakhir yang perlu Anda perhatikan ialah koleksi film Anda. Bila Anda belum memiliki koleksi film fisik yang memadai, Anda dapat berlangganan pada pihak ketiga agar dapat menyaksikan film-film on-demand seperti Netflix, iFlix, HOOQ, dan platform yang lainnya. 


Oke, itulah tadi tips bagaimana membuat bioskop sendiri di rumah. Semoga bermanfaat ya, selamat menonton film favorit di rumaah.


You May Also Like

0 comments