Menikmati Wonderful Indonesia di Eling Bening Ambarawa

by - December 04, 2018



Eling Bening Ambarawa


“Bapak dan Ibu sekalian, kita sudah sampai di Eling Bening Ambarawa. Tapi mohon maaf kita harus jalan kaki dari pintu masuk sebab lahan parkir di dalam sudah penuh, bus kita tidak bisa masuk,” ujar Pak Iwan, pihak travel yang menangani acara Raker (Rapat Kerja) di tempat saya bekerja. Jadi ceritanya, di akhir bulan November kemarin kantor mengadakan Raker di Hotel Laras Asri Resort, Salatiga. Raker yang diikuti oleh semua staf ini berlangsung selama dua hari. Nah dalam perjalanan pulang ke Malang, kami diajak makan siang di Eling Bening Ambarawa.

Dalam pikiran saya, Eling Bening ini sebuah restoran atau tempat makan biasa. Saya pun tidak menaruh ekspektasi apapun, yang penting bisa makan siang karena kebetulan perut saya sudah agak keroncongan siang itu. Namun saya jadi heran dan mulai penasaran saat mendengar penjelasan Pak Iwan di atas. Memangnya seenak apa sih makanan di Eling Bening ini kok pengunjungnya ramai sampai lahan parkirnya penuh.

Setelah turun dari bus kami pun berjalan menaiki jalan yang menanjak di pintu masuk. Sayup-sayup terdengar suara penyanyi cewek mendendangkan sebuah lagu pop yang cukup familiar. Pikir saya, wah ada acara meriah apa neh di sini kok sampai ada live music segala. Jalanan yang tadinya menanjak berubah menjadi menurun, saya terus berjalan sambil mengambil gambar menggunakan HP. Belum terjawab rasa penasaran ini, saya sudah dibuat kagum ketika lensa kamera HP saya menangkap pemandangan taman yang indah di sebelah kiri kami. Tanaman pucuk merah tumbuh dengan rindang dibentuk menyerupai gunung, ada juga bunga Bougenvil yang bermekaran bunganya. Saya lalu menoleh ke kanan, dari balik pagar putih terlihat taman juga namun bedanya di tengah taman tersebut ada pilar-pilar yang menjulang tinggi. Belakangan saya baru tahu, pilar-pilar tersebut merupakan salah satu spot instagramable di Eling Bening.



Jalanan semakin menurun, pandangan saya masih tak berpindah, menanti kejutan apalagi yang akan saya lihat dari balik pagar tersebut. Mendadak terdengar suara riuh dan ketika saya melihat sumber suara tersebut, saya langsung terganga. Dari balik pagar tampak para pengunjung yang sedang asyik berenang, tapi tentu saja bukan itu yang membuat saya terkesima. Melainkan model kolam renangnya yang infinity (seakan tidak bertepi) dengan view landscape pegunungan, hamparan sawah dan danau Rawa Pening di kejauhan sana.

Eling Bening Ambarawa


Wagelasih ini keren banget, batin saya sambil terus berjalan dan mengambil gambar. Kami lalu diarahkan ke restoran yang berada di sebelah kiri kolam renang. Rekan-rekan kerja saya langsung menyerbu hidangan prasmanan yang sudah disediakan sementara saya masih terus berjalan hingga ke balkon restoran dan kekaguman saya semakin menjadi-jadi.

Eling Bening Ambarawa


Dari atas balkon ini kita seperti melihat lukisan Sang Pencipta yang begitu indah, 8 deretan pegunungan yang tampak gigantis mempertontonkan kegagahannya pada manusia yang melihatnya. Deretan pegunungan itu tiga di antaranya adalah Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo dan Gunung Andong. Lalu di kaki pegunungan tersebut tampak seperti ada bagian yang berkilauan, itulah Danau Rawa Pening yang termasyur dengan keindahannya. Di kejauhan juga terlihat sebuah jalan besar yang berkelok dan membelah dua view pemandangan dari atas Eling Bening. Saya pun tak sabar ingin menikmati kuliner khas Eling Bening sambil menikmati pemandangan di balkon restoran ini.

Eling Bening Ambarawa


Eling Bening Ambarawa tidak hanya menawarkan keindahan alam Indonesia namun juga melengkapi dirinya dengan berbagai macam fasilitas antara lain kolam renang, cafe, arena outbond, camping ground, meeting room, children playground, archery area, hill tracking area dan fying fox. Dengan lengkap dan variatifnya fasilitas di Eling Bening maka tak mengherankan jika objek wisata yang menempati lahan seluas 10 hektar ini langsung menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Ambarawa. Bagi kawula muda zaman now yang gemar berburu foto-foto indah untuk dipamerkan di social media, kehadiran Eling Bening tentu menjadi magnet tersendiri. Bahkan ada yang melakukan prewedding, wedding party atau pesta ulang tahun di sini.

Eling Bening Ambarawa




Kalau saya pribadi, merasa beruntung pernah menjejakkan kaki di Eling Bening Ambarawa karena bisa menikmati keindahan alam Indonesia yang masih alami. Deretan pegunungan nan gagah, hamparan sawah yang menghijau dan keindahan Danau Rawa Pening adalah bukti kecil betapa wonderful-nya Indonesia itu. Melihat bukti yang kecil aja saya sudah terpesona apalagi jika saya nanti bisa melihat keseluruhan, tentunya saya akan makin bersyukur karena dilahirkan di bumi Indonesia yang wonderful abies ini. Maka merugi sekali wahai kalian anak muda jika tak memanfaatkan masa muda dan lajangmu untuk mengeksplorasi keindahan Indonesia (ngomong sama cermin). Jadi jika kalian punya kesempatan jangan sia-siakan, angkat ranselmu dan berangkatlah. Temukan Wonderful Indonesia di setiap langkahmu.


Oh iya teman-teman, ikutan juga yuk Wonderful Indonesia Blog Competition. Total hadiahnya 5 Juta lho. Siapa lagi yang mempromosikan keindahan alam Indonesia jika bukan kita sendiri?

https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSdwmhOEtyG_48wyaGHgucv2zsrLjWjoYVMmI2q2nx2ff6UbIA/viewform



You May Also Like

6 comments

  1. Kolam renangnya luas juga ya dengan view Eling gini. Kmu renang gak di sana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa luas dan bagus Koh, sayangnya aku nggak renang karena nggak bawa baju renang.

      Delete
  2. pemandangannya segar banget ya... pasti udaranya pun segar, bisa merilekskan mata dan pikiran :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali Mbak, apalagi kemarin hujan deras jadi semakin segar.

      Delete
  3. Duuuhhh segarnyaaaaaa
    Alam Indonesia itu selalu memesona tiada tara yo Mas
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  4. Ambarawa merupakan salah satu kota yang penuh dengan cerita perjuangan kemerdekaan. Nggak nyangka di sini ada tempat wisata yang cukup keren. Kelihatannya udaranya cukup sejuk.. jadii pengin ke sana nihh..

    ReplyDelete