Tips Tepat Cara Hemat Gunakan Pulsa Listrik Bulanan - Keluarga Biru: Travelling, Kuliner, Parenting dan Lifestyle

Tips Tepat Cara Hemat Gunakan Pulsa Listrik Bulanan

by - January 23, 2019


Tips Tepat Cara Hemat Gunakan Pulsa Listrik Bulanan



Cara hemat gunakan pulsa listrik menjadi strategi penting yang wajib untuk dipikirkan oleh masyarakat Indonesia saat ini. Pasalnya, kenaikan tarif yang diberlakukan oleh pemerintah tentu berimbas pada pengeluaran rutin bagi siapa saja yang memiliki hunian dengan penggunaan listrik di dalamnya, baik itu bentuk listrik dengan sistem pembayaran pasca bayar atau bahkan prabayar seperti halnya token sekalipun.

Jika sebelumnya jatah bulanan dapat memenuhi pembayaran listrik untuk satu bulan. Untuk saat ini mungkin tidak demikian adanya. Karena itulah bagi anda yang ingin menetapkan standar jatah bulanan agar cukup untuk pembayaran listrik setiap bulan, maka wajib hukumnya untuk mengikuti beberapa tips hemat dalam menggunakan pulsa listrik yang akan penulis jelaskan berikut ini :

Sesuaikan Penggunaan Daya Listrik
Seperti dikutip harapanrakyat.com, banyak orang yang tidak mengetahui bahwa perbedaan pada daya listrik mengakibatkan perbedaan pula pada harga kWh listrik yang dimilikinya. Dengan kata lain, golongan listrik yang memiliki daya 450 VA atau 900 VA, tentunya berbeda dengan harga kWh dari daya listrik dengan ukuran 1300 VA, 2200 VA atau pun 3500 VA.
Perbedaan harga tersebut terlihat melalui daya listrik dengan kekuatan 450 VA serta 900 VA yang masih mendapatkan subsidi dari pihak pemerintah. Daya listrik tersebut mendapatkan kWh listrik yang lebih banyak karena memang ditujukan bagi mereka yang kurang mampu. Karena itulah cara hemat gunakan pulsa listrik pertama yang dapat anda lakukan adalah dengan memilih daya listrik sesuai kebutuhan dari aktivitas harian anda, sehingga pengeluaran pun tidak akan membengkak.




Hindari kebiasaan boros
Ada banyak bentuk kebiasaan boros yang secara tidak sadar dilakukan oleh masyarakat Indonesia dalam penggunaan listrik, seperti halnya tetap menyalakan televisi atau bahkan lampu ketika tidur dan aktivitas boros listrik lainnya. Padahal bagi anda yang ingin berhemat, maka pastikanlah untuk tidak menggunakan listrik dengan boros.
Dalam hal ini anda dapat menghilangkan kebiasaan yang tidak baik dalam penggunaan listrik sebagai cara hemat gunakan pulsa listrik bulanan anda, seperti halnya mematikan lampu secara manual apabila tidak digunakan, mematikan televisi ketika tidur, atau bahkan melakukan aktivitas menanak nasi tanpa menggunakan rice cooker.

Penggunaan AC Dengan Daya Tepat
AC menjadi salah satu benda dengan daya listrik tinggi, sehingga cukup boros apabila digunakan secara terus menerus. Namun mereka yang tinggal di kawasan atau wilayah dengan suhu udara tinggi tentunya akan memanfaatkan penggunaan AC secara terus menerus, tidak heran jika pengeluaran atau biaya listrik pun menjadi membengkak.
Berbeda halnya dengan lingkungan wilayah pegunungan yang mana memiliki udara sejuk sehingga tidak membutuhkan penggunaan AC. Untuk mengatasi masalah tersebut, bagi masyarakat perkotaan dengan suhu udara tinggi dapat mengatasinya dengan mencari AC yang memiliki daya listrik rendah, sehingga penggunaannya pun dapat dimanfaatkan sebagai cara hemat gunakan pulsa listrik dengan lebih tepat.

Ventilasi Terjaga Dengan Baik
Jika anda telah menghemat penggunaan listrik dengan AC yang berdaya rendah, maka hal selanjutnya yang dapat anda lakukan adalah menjaga ventilasi udara dari setiap ruangan agar selalu terjaga dengan lebih baik. Pasalnya AC berdaya rendah yang anda miliki umumnya memiliki kekuatan yang cukup rendah pula, sehingga kinerja yang dimilikinya tidak akan berjalan dengan maksimal, utamanya apabila ruangan yang anda miliki tertutup rapat.
Untuk mengatasi masalah tersebut, cara hemat gunakan pulsa listrik dapat anda lakukan dengan menjaga ventilasi udara agar selalu terbuka, sehingga udara dapat keluar masuk dengan lebih baik.

Ganti Lampu Rumah
Untuk saat ini ada banyak jenis lampu yang dapat digunakan oleh anda, termasuk salah satunya adalah lampu LED atau Light Emitting Dioda yang dikenal sebagai jenis lampu hemat energi. Sehingga penggunaannya dapat anda rasakan dengan tampilan yang lebih terang, tidak menghasilkan panas berlebih, memiliki warna terang yang lebih natural, juga penggunaannya yang tahan lama. Dengan mengganti penggunaan listrik menggunakan jenis lampu LED, maka cara hemat gunakan pulsa listrik pun dapat anda lakukan dengan lebih mudah.

Gunakan Benda Elektronik Hemat Energi
Selain penggunaan listrik hemat energi seperti yang telah disebutkan di atas tadi, cara menghemat listrik selanjutnya dapat anda lakukan dengan memanfaatkan beragam jenis elektronik hemat energi lainnya, seperti halnya televisi hemat energi atau bahkan setrika, dan beragam jenis elektronik lainnya.



Cabut kabel
Banyak orang yang mengira bahwa kabel yang tidak dicabut dari stop kontaknya tidak akan menyerap energi atau daya listrik. Padahal ketika kabel tersebut tidak digunakan namun tetap dibiarkan tertancap pada stop kontak, maka perangkat yang tidak dipakai itu pun tetap menyerap daya listrik. Dengan demikian, penggunaan daya listrik tentunya akan membengkak.
Untuk menghindari hal tersebut, maka pastikanlah anda menghindari atau menghilangkan kebiasaan tersebut, sehingga cara hemat gunakan pulsa listrik dapat dilakukan dengan mudah.

Penggunaan Mesin Cuci Secara Bijak
Hal terakhir yang juga dapat anda lakukan dalam menghemat penggunaan listrik adalah menggunakan mesin cuci dengan lebih bijak. Pada dasarnya menggunakan mesin cuci memang sangat membantu aktivitas harian anda, utamanya bagi anda yang memiliki anggota keluarga dalam jumlah banyak, sehingga pekerjaan rumah pun dapat terbantu dengan lebih mudah.
Namun jika penggunaan mesin cuci dilakukan setiap hari tentunya penggunaan daya listrik pun akan membengkak. Untuk itu, ada baiknya jika penggunaan mesin cuci anda lakukan dengan bijak seperti halnya tidak menggunakan mesin pengering apabila kondisi dari cuaca cukup cerah. Dengan kata lain, anda dapat memanfaatkan panas alami dari sinar matahari untuk mengeringkan cucian anda, sehingga penggunaan listrik pun jauh lebih hemat.

Itulah kiranya penjelasan singkat mengenai beberapa cara hemat gunakan pulsa listrik yang dapat membantu menghemat pengeluaran bulanan anda dengan lebih mudah. 

***

You May Also Like

6 comments

  1. Jadi ingat di rumah ibu yang selalu lupa nyabut kabel mesin cuci yang tiap hari dipakai. Tapi gak sadar kalau itu menyerap listrik. Huft...

    ReplyDelete
  2. Aku pernah denger ada yang bilang pemakaian mesin cuci saat malam hari lebih boros listrik daripada siang, bener gak sih?

    ReplyDelete
  3. Tengkyuuu tipsnya :D
    berfaedah banget utk keluarga zaman now
    https://bukanbocahbiasa.com/2018/10/23/gimana-sih-kiat-trip-asyik-bareng-abg/

    ReplyDelete
  4. Lampu LED itu berasa banget bisa menghemat anggaran biaya listrik

    ReplyDelete
  5. Kebiasaan-kebiasaan kecil seperti lupa nyabut kabel dari stop kontak.. hemm.. sering kami lakukan tuh. Padahal ya udah tau akibatnya :(
    Makasih tipsnya.. tapi tips masak gak pake rice cooker, duh.. tolongggg... :D

    ReplyDelete
  6. Satu yang belum bisa aku lakukan, mencuci tanpa mengeringkan :D
    Mau panas atau hujan, tetep kukeringkan. Boros ya :))

    ReplyDelete