5 Tips Travelling Asyik Bersama Keluarga

by - April 20, 2019



5 Tips Travelling Asyik Bersama Keluarga


Travelling bersama keluarga itu asyik ya? Atau jangan-jangan malah tambah ribet?
Jawabannya tergantung bagaimana kita mempersiapkan semuanya sebelum travelling. Jika Anda masih single atau travelling sendirian mudah saja ya travelling dadaka. Namun lain ceritanya jika Anda sudah menikah apalagi travelling bersama buah hati tercinta. Tentu segalanya harus dipersiapkan agar agenda travelling berjalan dengan lancar dan pastinya menjadi kenangan yang indah untuk keluarga.

Nah Gengs Biru, sebelum Anda travelling bersama keluarga tidak ada salahnya menerapkan Tips Asyik Travelling Bersama Keluarga ala Keluarga Biru berikut ini:

  1. Pemilihan Destinasi Travelling Favorit

 Hal pertama yang harus dipersiapkan adalah destinasi travelling, mau di luar kota, luar provinsi atau bahkan luar negeri. Jika sudah menentukan kota yang akan dikunjungi maka selanjutnya adalah mendata semua objek wisata yang terdapat di kota tersebut. Tidak ada salahnya memberikan kesempatan bagi setiap anggota keluarga untuk membuat daftar destinasi masing-masing.  Jika sudah terkumpul maka diskusikan destinasi mana yang paling banyak diminati. 

sumber foto: antarafoto.com
Misalnya aja mau travelling ke Banda Aceh maka destinasi wisata keluarga yang bisa dikunjungi antara lain: Museum Tsunami, wisata sejarah yang memberi pengetahuan pada anak tentang sejarah terjadinya tsunami pada tahun 2004. Wisata religi ke Masjid Raya Baiturrahman, masjid yang juga menjadi saksi terjadinya tsunami ini merupakan masjid dengan arsitektur terindah di Indonesia. Penampilannya pun kini semakin cantik dengan dibangunnya 12 payung elektrik di halaman masjid yang menyerupai Masjid Nabawi di Madinah.

  1. Penentuan Waktu Travelling yang Tepat

Untuk menentukan waktu travelling yang tepat maka kita harus memeriksa tanggal cuti kerja orang tua, tanggal libur sekolah anak dan lainnya. Trus juga tentukan berapa lama durasi travellingnya, ini tergantung dari jumlah destinasi yang dikunjungi dan budget. Pertimbangkan juga timing travelling apakah di waktu musim liburan atau tidak. Resiko kalau travelling di musim liburan apalagi libur panjang maka harga tiket transportasi, hotel dan HTM objek wisata semakin mahal. Trus juga kita jadi tidak maksimal saat liburan karena suasananya pasti ramai dan penuh sesak. 

  1. Persiapan Kebutuhan Travelling yang Efisien

Kebutuhan travelling ini juga harus disiapkan dengan baik agar saat tiba di tempat liburan kita tidak kerepotan. Kebutuhan yang dibawa juga tergantung destinasi dan waktu travelling yang kita pilih. Liburan ke pantai, theme park atau gunung pasti berbeda kebutuhannya. Kalau liburan ke pantai kita butuh pakaian yang tipis dan sunblock untuk melindungi kulit. Beda lagi ceritanya jika liburan ke luar negeri dimana saat itu sedang musim dingin, maka kita harus membawa pakaian yang hangat dan tebal.




Sebagai keluarga millennial pasti pengin mengabadikan dan share moment liburan kita di social media, so jangan lupa persiapkan peralatan dokumentasi mulai dari kamera, charger, tongsis, tripod hingga memory card.

  1. Transportasi dan Penginapan yang Aman dan Nyaman

Pemilihan moda transportasi dan penginapan jangan sampai salah pilih. Pilihan transportasi kini semakin banyak macam dan cara pemesanannya. Kalau travelling antar kota antar provinsi kita bisa menggunakan bus yang kini lebih mudah dan murah beli online. Kalau Anda mau liburan ke Banda Aceh bisa menggunakan Sempati Star Bus yang melayani rute pulang pergi dari Medan menuju Banda Aceh, Meulaboh, Takengon, Sigli dan Bireun. Sempati Star adalah perusahaan bus yang beroperasi di bawah Sepakat Maju Group sejak 2012. Berfokus pada segmen Antar Kota Dan Antar Provinsi (AKAP) kelas atas dan menengah, perusahaan bus berbasis di Medan ini menyediakan berbagai kelas layanan, seperti patas eksekutif kelas satu , super-eksekutif, VIP VIP, super VIP, dan non-stop.

Fasilitas di Bus Sempati Star

Sedangkan pemilihan penginapan, karena liburan bersama keluarga maka pilihlah hotel yang aman dan nyaman. Intinya sih yang ramah anak agar anak-anak bisa istirahat dengan nyaman setelah seharian kita ajak travelling.

5 Tips Travelling Asyik Bersama Keluarga

  1. Bawa Persediaan Makanan dan Obat

Kami punya kebiasaan selalu membawa persediaan makanan setiap kali travelling bersama anak-anak. Persediaan makanan yang dibawa nggak perlu makanan berat cukup cemilan yang mengenyangkan dan tidak mudah basi, misalnya kayak keripik kentang, biskuit dan susu kotak.  Trus jangan lupa juga bawa persediaan obat seperti obat penurun panas, pereda rasa nyeri, minyak angin dan obat anti mabuk juga plester luka mengingat kebiasan anak-anak yang selalu aktif di perjalanan.


Oke Gengs Biru, itulah 5 Tips Travelling Asyik Bersama Keluarga dari kami. Semoga bermanfaat bagi Anda yang berencana melakukan liburan bersama keluarga tercinta. 


You May Also Like

1 comments

  1. Yup, aku juga selalu melakukan kelima tips tersebut, Bang. Hehehe.

    ReplyDelete