Plus Minus Kaos Sablon Manual

by - September 13, 2019



kaos sablon manual untuk travelling

Jika diharuskan memilih antara baju dan kaos, saya lebih suka menggunkan kaos untuk aktivitas sehari-hari ataupun travelling. Alasannya karena bisa tampil lebih fresh dan menarik serta bahannya menyerap keringat. Salah satu yang membuat kaos lebih menarik dan atraktif adalah sablon entah itu berupa gambar atau hanya tulisan. Ngomongin soal sablon kaos ada dua macam yaitu sablon manual dan sablon digital.

Dalam berbagai kondisi produk yang bersifat manual atau dikerjakan dengan tangan terkadang memiliki kualitas lebih dibanding produk lainnya. Hal ini juga berlaku pada produk sablon kaos manual yang kini masih banyak diinginkan oleh masyarakat. Walau terkesan sederhana namun nyatanya produk ini memiliki sisi positif yang jelas bermanfaat bagi anda yang memilikinya. Semua sudah kami rangkum dalam penjelasan berikut ini.

Apa Itu Sablon Kaos Manual?


Bagi anda yang belum memahami produk ini, sablon kaos manual merupakan jenis sablon yang dikerjakan sendiri tanpa mesin sablon. Hal ini jelas berbanding terbalik dengan sablon digital atau jenis lainnya. Produk sablon manual bisa dibilang sangat sederhana prosesnya karena hanya butuh beberapa alat dan komponen dalam produksi.

Sablon manual meski sederhana nyatanya masih banyak dipilih mengingat biayanya yang kecil namun hasil yang didapat tak kalah baik. Hal ini juga cocok bagi Anda yang ingin berhemat entah dalam memiliki produk maupun ingin membuka usaha kaos. Berbeda dengan print kaos DTG, sablon kaos manual biasanya ada minimum order yang harus dicapai, sedangkan print kaos DTG biasanya melayani pemesanan secara satuan tanpa minimum order.

Komponen dan Alat Sablon Manual


Dalam sablon kaos manual dikenal dari beberapa komponen dan alat yang bisa digunakan. Komponen utama dalam sablon manual jelas adalah kaos berbahan katun, polyester, atau lainnya. Selain itu tinta dalam sablon manual juga terhitung sebagai komponen utama.

Alat sablon manual sendiri ialah screen dan rakel yang menjadi alat sablon utama dalam proses produksi sablon manual. Biasanya alat – alat ini harus dijaga kebersihannya agar menedapatkan hasil terbaik.

Proses Pembuatan Sablon Manual


Dari beberapa kasus sablon manual terkadang pelaku usaha menghadapi kesulitan dalam memproses dan mencetak sablon kaos secara manual. Oleh karena itu perlunya memahami langkah-langkah dalam memproses sablon manual agar tidak terjadi kesalahan. Kami sudah merangkum dalam beberapa poin berikut ini :


1.       Mempersiapkan Desain

Anda harus mempersiapkan desain sablon manual menggunakan media desain seperti kertas stiker cutting. Pastikan posisi kertas dibalik (mirroring) karena ini adalah teknik yang benar.

2.       Pemberian Selotip

Selotip penting dilakukan untuk mencegah tinta bocor saat disablon. Rekatkan selotip pada beberapa area kain saring sablon yang tidak  akan terkena tinta. Bila perekatan sudah benar periksa kembali dengan baik agar tidak terjadinya kebocoran tinta sablon.

3.       Proses Sablon

Proses sablon manual cukup sederhana, yaknik menaruh kain saring tepat pada permukaan kain kaos yang menjadi media sablon utama.

4.       Tahap Akhir

Tahap akhir sablon manual hanya menunggu tinta terserap pada permukaan kaos hingga kering. Biasanya waktu yang dibutuhkan adalah 10-15 menit untuk memperoleh hasil maksimal.



Beberapa Kelebihan dan Kekurangan Sablon Manual



kaos sablon manual



Dalam beberapa jenisdan teknik sablon pastilah memiliki baik buruknya bagi para penggunanya. Dalam sablon manual juga terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan dalam jenis produksi seperti jenis ini, antara lain sebagai berikut :

Kelebihan Sablon Manual


1.       Biaya yang kecil terutama dalam alat dan produksi

2.       Kualitas tinta lebih awet pada beberapa jenis tinta

3.       Sangat disarankan untuk pebisnis pemula low budget

4.       Sablon Manual mudah dilakuan oleh siapa saja

5.       Memungkinkan produksi dalam jumlah besar

Kekurangan Sablon Manual


1.       Waktu produksi yang relatif lama

2.       Perlu kehati – hatian tinggi dalam memperlakukan peralatan sablon

3.       Pengeringan kaos masih tergantung terhadap cahaya matahari

Tidak ada salahnya bila anda mencoba untuk memiliki kaos sablon manual baik untuk dimiliki atau ingin membuka usaha produksi produk ini. Hal ini karena sablon kaos manual sangat mudah dilakukan oleh siapa saja dan masih menjadi primadona bagi masyarakat. Semoga melalui tulisan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi anda.







You May Also Like

0 comments