Grand New Xenia: Mobil Keluarga Idaman

by - December 30, 2019




Jakarta - Daihatsu Xenia yang dikenal sebagai kembaran mobil sejuta umat Toyota Avanza rupanya tidak bisa mengikuti jejak positif saudaranya itu. Pasalnya, low MPV yang genap berusia 16 tahun sejak peluncuran perdananya pada Desember 2003 silam memiliki torehan penjualan wholesale (distribusi pabrik ke dealer) yang berbeda.

Mengacu pada data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) sejak peluncuran pertama, 1,8 juta unit Toyota Avanza diklaim sudah disalurkan. Namun pada periode yang sama, Daihatsu Xenia justru hanya mencapai setengahnya saja. Disarikan langsung dari data keseluruhan, Daihatsu hingga awal Desember 2019 ini, Daihatsu Xenia sudah di distribusikan  658.929 unit.
Merespon angka penjualan Xenia tersebut yang punya selisih jauh dengan kembarannya, Division Head Marketing & CR PT Astra International-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso pun angkat bicara.


Menurutnya, meski bermain di segmen yang sama, namun keduanya punya pangsa pasar yang berbeda. Hal ini ditilik dari banderol harga maupun penyematan fitur yang ditawarkan dari Avanza maupun Xenia.
Hal senada juga sempat disampaikan oleh Direktur Pemasaran PT ADM Amelia Tjandra saat peluncuran Grand New Xenia awal tahun ini. Dirinya mengatakan bahwa diferensiasi yang dibuat semata-mata lantaran strategi marketing yang dianut pabrikan.
Lagi pula, menurutnya sulit untuk memprediksi di mana Xenia dapat menyentuh penjualan 1 juta unit. Apalagi jika melihat tren penjualan tiga tahun terakhir yang mengalami penurunan antara 17,6 persen hingga 23,1 persen.
Tren ini pun sekaligus mematahkan asa yang ditanamkan pabrikan melalui penyegaran (facelift). Seperti diketahui, Daihatsu Xenia telah diperbarui dengan menggunakan lampu utama LED dan fitur canggih lainnya semisal AC digital, kamera parkir belakang, hingga ABS dan EBD.



Perubahan Daihatsu Xenia pada 2019


Seperti yang disinggung sebelumnya di atas, Daihatsu Xenia memiliki desain baru membuka tahun 2019 ini. Beberapa ubahan signifikan diharapkan mampu mendongkrak penjualan secara baik pula.
Eksterior, mengusung nama baru, Daihatsu Grand New Xenia kini dianggap memiliki tampilan yang lebih bergaya berkat desain bumper depan, belakang, dan pelek baru di semua varian. Secara rinci, mulai dari muka sekarang lampu depan sudah LED. Penggunaan lampu LED juga diklaim sebagai yang pertama di segmen LMPV Tanah Air.
Desain interior juga berubah, seperti pada perubahan warna yang mengusung konsep 2 tone. Ditambah lagi, desain cluster tengah juga didominasi warna hitam piano, dan fitur AC digital yang kemudian menambah kesan mewah dan lega.
Teknologi terbaru yang disematkan pada Grand New Xenia adalah kamera parkir belakang. Menyentuh varian tertinggi alias flagship, fitur keselamatan telah mengadopsi ABS dan EBD. Sayangnya tidak ada paket fitur keselamatan untuk Stability Control dan Hill Start Assist.



Harga Daihatsu Xenia 2019


Pada peluncurannya pun Daihatsu Xenia langsung diumumkan harganya. PT Astra Daihatsu Motor selaku agen pemegang merek (APM) mengklaim tidak ada kenaikan dibandingkan generasi pre-facelift. Yakni dibuka dengan harga Rp183, 35 juta – Rp228,95 juta.
Namun demikian, memantau harga terupdate menjelang tutup tahun 2019, Daihatsu Xenia terbaru dibanderol mulai dari Rp190,65 juta – Rp232,95 juta.



You May Also Like

1 comments

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete