Test Drive Daihatsu Sigra 2019: Impresi yang Tak Murahan

by - January 02, 2020



Bandung - Pada tahun 2019 ini, Daihatsu diketahui telah melakukan penyegaran terhadap low MPV di segmen LCGC mereka, Sigra. PT Astra Daihatsu Motor (ADM) selaku agen pemegang merek Daihatsu di Indonesia memang masih menaruh harapan besar pada mobil keluarga ini. Penyegaran yang dilakukan meliputi bagian interior dan eksterior sehingga jadi lebih stylish dan sporty.

Lalu, apakah terjadi perubahan juga pada impresi berkendaranya?
Beberapa waktu lalu, awak media otomotif berkesempatan untuk mencicipi Daihatsu Sigra yang baru. Daihatsu Sigra berhasil dites di jalanan sekitaran Bandung dengan karakter jalan perkotaan yang beragam.
Oiya, unit Daihatsu Sigra yang dites pun meliputi transmisi manual dan otomatis. Jadi tentu akan diketahui apa perbedaannya secara jelas.
Impresi berkendara langsung terasa saat tim test drive Daihatsu Sigra menuju daerah dataran tinggi. Karakter jalanan didominasi dengan tanjakan. Mengingat generasi sebelumnya, mobil ini memang agak kurang meyakinkan untuk dibawa perlahan di tanjakan. Namun anggapan itu langsung hilang setelah mobil yang diisi empat orang dewasa berhasil menaklukkan jalanan menanjak dengan kenyamanan yang juga masih sangat terjaga dengan baik.
Berbekal mesin 3NR, 1.197 cc, 4 silinder segaris, DOHC, Dual VVT-i, Daihatsu Sigra mulus mengantarkan para penumpang dalam kabin tidak ke puncak tanjakan yang banyak ditemui terutama ketika menuju Cikole. Laporan dari media lain yang menggunakan Daihatsu Sigra transmisi otomatis pun bernada sama, yakni sangat mulus. Harga murah yang ditawarkan tidak berarti harus memangkas kekuatan dan kenyamanannya. 





Setelah beberapa kali melewati tanjakan yang cukup curam, rombongan pun dihadapkan dengan turunan terjal. Lagi-lagi, Daihatsu Sigra menunjukkan performa yang apik berkat sistem pengereman dan daya cengkeram bannya.
Dari sisi kekuatan menghadapi tanjakan dan turunan terjal di wilayah perkotaan, Daihatsu Sigra dinilai sangat baik dan bisa menjadi rekomendasi mumpuni untuk keluarga Indonesia. Hanya saja, kenyamanannya mungkin agak tercoreng lantaran belum adanya AC yang mengarah ke baris kedua dan ketiga. Sebagai penggantinya hanya ada air circulator saja alias kipas angin.

Suspensi Daihatsu Sigra Sedikit Lebih Keras


Kini jalanan yang dihadapi rombongan Daihatsu Sigra adalah jalanan jelek dan berbatu. Di sini akan terasa jelas sejauh mana suspensi Sigra mampu memberikan kenyamanan kepada penumpangnya.
Di bagian baris belakang kabin, terasa ada perbedaan yang positif dibandingkan generasi sebelumnya. Suspensi di sini jadi lebih keras dan itu baik. Sebelumnya perlu disampaikan, suspensi Daihatsu Sigra terutama yang belakang memang sempat jadi perhatian publik karena cenderung "amblas" apalagi dalam kondisi tempat duduk penuh. 
Hal lainnya juga disinyalir terkait suspensi ini guna memberikan handling lebih baik lagi saat berakselerasi dan juga bermanuver melibas tikungan.
Apresiasi kembali layak diutarakan terkait kenyamanan joknya. Di model Daihatsu Sigra ini, rasanya penumpang baris tengah sangat dimanjakan berkat perubahan kualitas material busa dan model joknya.
Daihatsu Sigra kini dibanderol dengan harga mulai dari Rp116,5 juta hingga Rp159,5 juta. Harga tersebut merupakan kisaran pada 10 varian yang bisa dipilih.


You May Also Like

0 comments