6 Wisata Kuliner Bandung Paling Lezat dan Populer

by - February 17, 2020


6 wisata kuliner bandung paling lezat dan populer
Pertengahan tahun 2019 saya pergi ke kota Bandung dalam rangka kegiatan studi banding di kantor. Di Kota Kembang ini kami mengunjungi 3 perpustakaan perguruan tinggi yaitu ITB, UNPAD dan UPI. Setelah melakukan kegiatan studi banding kami diberi kesempatan untuk eksplorasi beberapa objek wisata di Bandung antara lain Orchid Forest Cikole, The Lodge Maribaya, Pasar Baru Bandung dll. Tak ketinggalan juga kami mencoba beberapa kuliner khas Bandung.

Sangatlah mudah menemukan wisata kuliner Bandung karena sejak dulu kota ini memang sudah terkenal sebagai salah satu pusat industri kuliner di Indonesia. Berbagai menu hidangan dengan citarasa yang begitu lezat bisa dijumpai dan populer di kalangan pecinta masakan tanah air. Berikut daftar tempat kulinernya!
1. Nasi Kalong
Rumah Makan Nasi Kalong berlokasi di Jl. R.E. Martadinata Bandung dengan hidangan utama berupa nasi dengan tampilan unik, berwarna ungu karena diolah dengan bumbu kluwek. Lauknya bisa dipilih sesuai selera seperti ikan, seafood, daging ayam dan daging sapi.

nasi kalong bandung
Nasi Kalong Bandung - www.pergikuliner.com
Selain itu tersedia pula tumis buncis yang dimasak dengan cara dibakar menggunakan bumbu bawang merah, bawang putih, jahe dan lengkuas. Bukan itu saja, ayam goreng madunya juga pantas dinikmati. Dagingnya terasa manis dan empuk saat masuk ke mulut.
2. Iga Bakar Si Jangkung
Meski ruang makannya terlihat sederhana, namun jangan ragu mampir di Warung Iga Bakar Si Jangkung yang terletak di Warung Lahap, Jl. Kejaksaan No. 3 ketika liburan di Bandung. Menu andalannya berupa iga bakar yang dimasak dengan bumbu-bumbu pilihan sehingga mampu menghadirkan cita rasa sangat enak dan nikmat.

6 wisata kuliner bandung paling lezat dan populer
Iga Bakar Si Jangkung - www.ksmtour.com

3. Batagor Hanjuang
Bagi pecinta masakan batagor, silakan singgah di Warung Batagor Hanjuang yang terletak di Jl. Astina, Cicendo Bandung. Meski hanya berupa warung kaki lima saja, tapi keberadaan tempat kuliner Bandung terkenal ini sangat digemari oleh pecinta kuliner Indonesia.
Batagor yang menjadi sajian utama warung ini diolah dengan resep dan bumbu-bumbu alami dan sehat untuk disantap. Ikan tenggiri yang menjadi campuran utamanya dan dipadu bersama bumbu kacang selalu terasa segar di lidah. Apalagi ketika ditambah mie, cita rasanya makin nikmat.


4. Rumah Sosis
Sesuai dengan penyebutannya, Rumah Sosis yang terletak di Jl. Setiabudi 295, Lembang Bandung ini menyajikan hidangan utama berupa sosis. Aneka kuliner sosis dapat dirasakan kelezatannya seperti sosis barbeque, bockwurst, sosis crispy dan masih banyak lagi.
Tidak hanya sosis saja. menu lain dengan citarasa yang tak kalah menggoyang lidah juga tersedia. Mulai dari sup iga, nasi bakar, nasi liwet, nasi goreng hingga tempura semua tersaji lengkap dan siap disantap di tempat wisata kuliner populer Bandung yang satu ini.
5. Warung Bu Eha
Warung Bu Eha merupakan wisata kuliner yang sangat terkenal dan legendaris di Kota Bandung. Pada era tahun 1960-an, warung makan yang terletak dalam Pasar Cihapit ini sering disinggahi oleh Presiden Soekarno beserta istrinya Ibu Inggit.
Sajian hidangan yang disediakan cukup lengkap dan sebagian besar merupakan kuliner khas Bandung. Misalnya nasi urap, kakap goreng, ikan peda, tempe, tahu dan sebagainya. Selain itu ada menu istimewa yang menjadi ciri khas dari warung ini yaitu sambel dadak.
6. Nasi Goreng Mafia
Nama warung makannya sangat unik, Nasi Goreng Mafia dan lokasinya ada di Jl. Merdeka No. 56 BIP Lantai 3 No. 08 B, Citarum Bandung Wetan. Menu andalannya juga menggunakan nama yang tidak kalah unik, Nasi Goreng Gangster dan Nasi Goreng Preman.

nasi goreng mafia

Hidangan tersebut disajikan dengan bumbu-bumbu asli Indonesia dan yang menjadi ciri khasnya adalah penggunaan rempah kencur. Warung ini sering didatangi oleh penggemar masakan tanah air terutama yang menyukai masakan pedas.
Itulah beberapa tempat yang paling direkomendasikan untuk didatangi ketika ingin mengadakan acara wisata kuliner Bandung Jawa Barat. Jika datang dari luar kota dan berombongan, pakai saja jasa sewa bus pariwisata secara online karena pelayanannya sangat bagus dan memuaskan. Jangan lupa  mengabarkan pesan menyenangkan ini pada semua sahabat di medsos-medsos mereka.



You May Also Like

0 comments