Tuesday, March 10, 2020

Tetap Aktif Berkat Zheng Gu Shui


obat gosok zheng gu shui


Kita semua pasti pernah mengalami pegal linu, keseleo dan memar karena terbentur bukan? Mayoritas orang-orang mengobatinya dengan obat luar terutama obat gosok, termasuk saya. Alasan pertama karena obat gosok itu praktis, dia bisa langsung dipakai sebagai pertolongan pertama. Alasan  kedua karena khasiat obat gosok sudah tidak diragukan lagi. Trus dengan menggunakan obat gosok kita bisa mengurangi konsumsi obat dan zat kimia yang masuk ke tubuh kita.


Cedera Bisa Terjadi Kapan Saja


Dalam aktivitas kita sehari-hari terkadang terjadi hal-hal yang tidak terduga dan mengakibatkan cedera. Istri saya pernah terjatuh dari motor yang mengakibatkan lututnya terluka dan tangannya memar. Anak-anak sudah tidak terhitung jatuh saat bersepeda atau bermain. Sedangkan saya biasanya mengalami pegal di pundak karena terlalu lama mengetik saat bekerja. Nyeri di betis karena terlalu sering menginjak kopling saat mengemudi di jam macet. Bahkan saya beberapa kali tersandung kaki meja setrika karena tidak berhati-hati saat berjalan.
Bagaimana dengan para olahragawan atau atlet? Tentunya mereka lebih rentan mengalami cedera, mulai dari yang ringan seperti memar dan terkilir hingga cedera berat seperti tulang retak hingga patah tulang.
Di pasaran banyak sekali dijual obat gosok dengan berbagai bahan dan merk untuk mengobati pegal linu, keseleo, memar, tulang retak hingga patah tulang. Sebagai konsumen yang cerdas tentunya kita harus bisa memilih mana obat gosok yang berkualitas bagus dan menggunakan bahan-bahan yang aman.


obat gosok zheng gu shui


Nah beberapa hari yang lalu, saya kembali mengalami pegal di pundak dan nyeri di betis. Penyebabnya karena saya kecapekan mengemudi mobil saat mudik ke Blitar dan mengantar istri belanja bulanan. Kedua pundak saya terasa berat dan kaku, seperti ada sekarung pasir yang ditaruh di atasnya. Demikian juga dengan betis, terasa nyeri karena keseringan menginjak kopling saat lalu lintas macet.
Kondisi ini cukup mengganggu aktivitas saya baik itu saat bekerja maupun ketika bersama keluarga. Di kantor jadi nggak bisa bekerja dengan maksimal,  mendesain atau menulis berita jadi kurang nyaman karena pundak terasa kaku. Begitupun juga ketika familly time jadi agak terganggu, misalnya mengasuh anak hingga membantu pekerjaan istri di rumah.

Mengenal Zheng Gu Shui

Agar pegal linu dan nyeri itu tidak berlama-lama menghalangi aktivitas, saya pun mengobatinya dengan obat penghilang rasa nyeri berbentuk gel yang biasa saya pakai. Tapi sayangnya obat tersebut habis, akhirnya saya pergi ke apotek langganan.
Nah Tacik pemilik apotek merekomendasikan pada saya, sebuah obat gosok yang sudah dikenal luas oleh masyarakat Thionghoa: Zheng Gu Shui (正骨水). Secara harafiah, obat Cina ini dapat diartikan sebagai “air obat patah tulang”. Formula Zheng Gu Shui diracik oleh seorang tabib terkenal di Tiongkok pada era dinasti Ming (sekitar tahun 1500 M).

obat gosok zheng gu shui


Ramuan obat gosok yang telah dikenal selama 500 tahun ini memang cukup mujarab dan sangat berkhasiat untuk mengobati berbagai penyakit atau kelainan pada tulang, seperti membantu peyembuhan retak dan patah tulang, keseleo, memar karena benturan, meringankan sakit rematik, mengobati pegal linu/sakit tulang, meredakan pembengkakan dan melancarkan sirkulasi darah.
Awalnya saya sempat ragu karena saya belum pernah mendengar namanya, apakah obat ini sudah terdaftar di BPOM dan aman untuk pengobatan. Tacik kemudian menjelaskan bahwa obat yang diproduksi oleh Guangxi Yulin Pharmaceutical Co.,Ltd. ini sudah terdaftar di BPOM dengan nomer registrasi: TI164650651.

obat gosok zheng gu shui

Karena rasa penasaran saya atas khasiat obat ini, akhirnya saya pun tertarik untuk mencobanya. Di Indonesia Zheng Gu Shui tersedia dalam 3 kemasan ukuran yaitu 30 ml, 60 ml, dan 100 ml. Khusus kemasan 60 ml ada bonus spray (semprotan) sehingga lebih mudah penggunaannya. Sementara di negara asalnya yaitu Tiongkok dan wilayah sekitarnya, terdapat beberapa ukuran kemasan botol : 12 ml, 30 ml, 45 ml dan 88 ml.


Khasiat dan Manfaat Zheng Gu Shui

Sebenarnya Zheng Gu Shui sudah cukup terkenal di kalangan praktisi kedokteran untuk mengobati atlet yang sering kali mengalami cidera atau memar karena berlatih. Agar kalian makin yakin mencoba Zheng Gu Shui, berikut saya sharing beberapa khasiat dan manfaatnya.
1. Mengobati berbagai macam penyakit tulang, dari mulai tulang retak, patah tulang, keseleo, memar karena terbentur dan luka yang mencapai bagian tulang.
2. Mengurangi rasa sakit di bagian tulang yang bermasalah.
3. Membantu meredakan pembengkakan di sekitar luka.
4. Melancarkan peredaran darah di bagian sekitar luka serta meningkatkan metabolisme sel pada bagian yang dilumuri.
5. Mempercepat tumbuhnya osteoblasts (sel-sel tulang) sehingga mempercepat proses pemulihan tulang yang patah dan retak.
6. Mengobati semua jenis luka memar akibat olahraga, kecelakaan kendaraan bermotor dan cedera luar lainnya yang mengakibatkan dislokasi tulang.

Cara Pemakaian/Penggunaan Zheng Gu Shui


Obat Zheng Gu Shui bisa digunakan sebagai pertolongan/pengobatan medis pertama, karena dapat mengurangi rasa sakit dan mempercepat proses regenerasi bagian tulang yang patah. Namun sebelum menggunakan obat ini pastikan tidak ada luka luar yang terbuka.
Obat yang bagus tidak akan bisa memberikan manfaat yang maksimal jika salah dalam penggunaannya, jadi berikut adalah cara pemakaian Zheng Gu Shui yang benar.
  • Pengobatan umum orang dewasa : Kompres atau gosokkan obat obat pada bagian tubuh yang terluka. Gunakan kapas atau kain kasa untuk menggunakan obat ini. Jangan gunakan tisue karena hanya akan menyerap.
  • Untuk anak-anak : Kurangi dosisnya (cairan obat) sehingga tidak menyebabkan iritasi pada kulit yang digosokkan Zheng Gu Shui.
  • Untuk dislokasi persendian : Terlebih dahulu perlu dilakukan proses pengembalian sendi yang mengalami dislokasi. Setelahnya, bisa digunakan cairan obat Zheng Gu Shui dengan cara mengompresnya pada bagian yang sakit tersebut selama 1 jam. Ulangi sebanyak 2-3 kali dalam sehari hingga kondisi membaik.
  • Untuk kecelakaan tulang yang menggunakan gips : Oleskan atau semprotkan cairan obat Zheng Gu Shui ke daerah sekitar gips untuk mempercepat proses pemulihan.

Pengalaman Menggunakan Zheng Gu Shui


Pertama kali membuka botol Zheng Gu Shui, saya langsung teringat pada ramuan herbal di film-film kungfu. Warna obat gosok Zheng Gu Shui ini coklat kehitaman dengan aroma herbal yang khas. Di dalam Zheng Gu Shui ini memang terkandung banyak sekali bahan herbal seperti Notoginseng Radix yang berfungsi untuk menghentikan pendarahan, mencegah penyumbatan sirkulasi darah, mengurangi pembengkakan dan mengurangi rasa sakit. Lalu ada bahan Curcumae Rhizoma yang memperlancar sirkulasi darah dan memecah akumulasi darah di satu tempat.
Saya pun langsung menyemprotkan Zheng Gu Shui ke pundak dan betis saya. Begitu obat gosok itu menyentuh permukaan kulit, langsung terasa hangatnya. Saya kemudian menggosoknya agar obat semakin meresap. Kebetulan Mas Aiman beberapa waktu yang lalu habis jatuh saat main sepeda. Untung tidak sampai ada luka terbuka namun sedikit sakit karena jatuh di aspal. Nah saya juga mencoba mengobatinya dengan Zheng Gu Shui ini.

cara pemakaian zheng gu shui


Setelah pemakaian obat gosok Zheng Gu Shui secara rutin, rasa pegal di pundak dan nyeri di betis mulai berangsur hilang. Saya pun bisa beraktivitas kembali dengan nyaman tanpa gangguan rasa pegal dan nyeri. Mas Aiman juga seneng-seneng aja diobati menggunakan obat gosok Zheng Gu Shui, biasanya dia agak rewel kalau masalah obat.

zheng gu shui aman untuk anak

Itulah pengalaman saya menggunakan obat gosok Zheng Gu Shui, semoga bermanfaat bagi Anda yang mungkin saat ini mengalami cedera. Jangan sungkan untuk membagikan artikel ini agar semakin banyak orang yang tahu tentang manfaat dan kegunaan obat gosok Zheng Gu Shui.



No comments:

Post a Comment