Berobat secara Online dengan HaloDoc

by - April 29, 2020





Sebelum wabah Coronavirus masuk ke Indonesia, ibu saya mengalami serangan stroke yang menyebabkan pecahnya pembuluh darah di otak sebelah kanan. Yang pertama kali mengetahui kejadian tersebut adalah kakak ketiga yang tinggal bersama Ibu. Waktu itu Ibu hendak pergi ke kamar kecil namun saat baru sampai di dapur, mendadak strokenya kambuh sehingga beliau terjatuh.

Menurut informasi yang pernah saya baca, serangan stroke yang kedua biasanya lebih parah. Dulu saat serangan yang pertama, pembuluh darah otak sebelah kiri yang pecah sehingga mengakibatkan tubuh bagian kanan lumpuh. Nah kali ini kebalikannya.
Ibu dirawat di rumah sakit selama 5 hari, meskipun belum pulih 100 % namun oleh dokter diperbolehkan pulang. Kondisi Ibu saat pulang belum bisa makan dan minum lewat mulut. Maklum Ibu dirawat dengan BPJS sehingga jatah rawat inapnya hanya 5 hari.
Setelah kontrol satu kali ke rumah sakit, wabah Coronavirus masuk ke Indonesia. Pemerintah pun mulai memberlakukan physical distancing, gerakan Di Rumah Saja dan melarang orang berobat ke poliklinik dan rumah sakit jika penyakit yang diderita tidak begitu gawat.
Untungnya dokter yang menangani sakit stroke Ibu sudah memperbolehkan Ibu tidak usah dibawa saat kontrol kedua kali mengingat kondisi Ibu yang belum bisa duduk. Cukup perwakilan keluarga saja yang datang ke rumah sakit dengan membawa data tekanan darah. Agar dokter bisa melihat kondisi Ibu, kami melakukan video call dengan keluarga di rumah yang menjaga Ibu.


Berkat kecanggihan teknologi, dalam masa pandemi seperti ini kita tetap bisa melakukan beberapa aktivitas secara online. Mulai dari bekerja, belajar, belanja bahkan berobat. Iya benar, kita juga bisa konsultasi kondisi kesehatan kita dan membeli obat secara online menggunakan aplikasi bernama Halo Doc.



Aplikasi Halo Doc ini memilik beberapa fitur antara lain: 

1.       Chat dengan Dokter




Kita bisa konsultasi dengan dokter-dokter yang tergabung di Halo Doc. Para dokter ini tentunya memiliki kredibilitas yang tidak diragukan lagi. Kita bisa memilih sesuai dengan keluhan kesehatan yang dialami, apakah mau dengan dokter umum atau dokter spesialis. Halo Doc akan merekomendasikan dokter yang lokasinya dekat dengan tempat tinggal kita.

2.       Beli Obat
Kita bisa membeli obat mulai dari dari sakit ringan seperti demam, batuk dan flu hingga sakit berat seperti jantung, hipertensi, diabetes. Tersedia juga perawatan kecantikan, vitamin, suplemen, alat kontrasepsi dan alat kesehatan. Bahkan kalau mau sekalian pesan makanan dan minuman juga bisa lho. Pembelian minimal Rp.10.000 dengan pembayaran bisa menggunakan gopay atau kartu credit/debit. 

3.       Pengingat Obat
Fitur ini cocok banget untuk saya yang pelupa, dengan aplikasi Halo Doc kita akan mendapatkan notifikasi di HP saat waktunya minum obat.

4.       Buat Janji Rumah Sakit
Antri di rumah sakit itu biasanya lama dan menguji kesabaran, apalagi di masa pandemi gini bisa rawan tertular penyakit dari pasien lainnya. Nah dengan fitur ini kita bisa membuat janji rumah sakit yang terdekat dengan tempat tinggal kita. Kita bisa memilih dokter yang sesuai dengan keluhan atau sakit yang kita alami.

5.       Periksa COVID 19
Bagi Anda yang ingin mengetahui seberapa tinggi resiko kita tertular oleh virus Corona bisa melakukan pemeriksaan Covid 19. Kita tinggal menjawab beberapa pertanyaan mulai dari kondisi kesehatan, riwayat kontak dan bepergian ke kota atau negara yang terjankit Corona.




Jika ternyata hasil pemeriksaan kita ternyata Kategori Resiko Tinggi maka kita dianjurkan untuk chat dengan dokter di Halo Doc. Jika dibutuhkan maka kita akan diminta untuk Rapid Test.

6.       Tes COVID 19
Halo Doc menyediakan beragam pilihan Covid 19 Rapid Test di rumah sakit di Indonesia. Namun saat saya cek yang tersedia baru di rumah sakit di kawasan Jabodetabek. Harga Rapid Test berkisar antara Rp.295.000 sampai dengan Rp.1.200.000

7.       Update COVID 19
Selain menjaga imun tubuh, kita juga harus menjaga kondisi psikis kita, salah satunya dengan menyaring berita tentang Corona. Jangan sampai kita cemas atau panik berlebihan karena berita hoax Corona. Nah kita bisa mendapatkan informasi yang valid tentang Corona lewat aplikasi Halo Doc.


Gimana? Sudah jelas belum cerita saya tentang Halo Doc. Kini kita tidak usah khawatir lagi untuk berobat di masa pandemi Corona. Kita tetap bisa berobat secara online menggunakan aplikasi Halo Doc.





You May Also Like

1 comments

  1. Semoga ibu sehat selalu yah mbak, untungnya ada aplikasi yang bisa memudahkan urusan rumah sakit :)

    tfs

    ReplyDelete