Friday, July 31, 2020

Menggali Pentingnya Nutrisi untuk Imunitas Anak Agar Tumbuh Kembangnya Optimal



Saat ini memiliki anak dalam masa pertumbuhan menuntut orang tua untuk lebih aktif upadate mengenai ilmu parenting. Ilmu dan wawasan parenting itu sendiri banyak cakupannya, salah satunya mengenai pentingnya nutrisi pada anak untuk meningkatkan imunitasnya sehingga tumbuh kembang  anak bisa lebih optimal.

Namun adanya infeksi saluran pernapasan akut dan diare yang menular, menjadi ancaman tersendiri bagi anak dengan usia di bawah 5 tahun. hal tersebut dapat menjadi penyebab  utama morbiditas dan moralitas anak.  Akan tetapi hal itu dapat dicegah dengan mendukung si kecil mememiliki  daya tahan tubuh yang baik agar tubuhnya bisa kuat melawan jahatnya infeksi virus dan kuman.

Pada kesempatan kali ini saya bisa mengali lebih dalam mengenai  pentingnya nutrisi untuk imunitas  anak melalui seminar digital yang dipersembahkan oleh Nutricub. Mengusung tema “ Nutrisi untuk Imunitas, Kunci Tumbuh Kembang Optimal”. Pada seminar digital ini menghadirkan dua pembicara yang kompeten dibidangnya yaitu DR. dr.Ariani Dewi Widodo, Sp.A(K) selaku  Dokter Spesialis Anak Konsultan Gastroenterologi dan Prof. Yvan Vandenplas, MD, PhD selaku Head of Departement of Pediatrics, VrijeUniversiteitBrusse. Serta drg. Lia Merliana sebagai host moderatornya.


Kunci Utama Tumbuh Kembang Anak Optimal


Sebelum memasuki materi yang pertama, Bapak Arif Mujahidin, yang merupakan  Corporate Communication Director Danone Indonesia sempat menyampaikan beberapa patah kata seperti berikut,



" Di tengah tantangan kesehatan yang sedang kita hadapi bersama-sama ini, imunitas anak perlu di dukung salah satunya dengan pemberian nutrisi yang tepat.  Danone Specialized Nutrition (SN) Indonesia melalui Nutriclub berharap dengan adanya kegiatan diskusi ini, lebih banyak orang tua yang mengetahui pentingnya imunitas dan cara mendukung imunitas anak melalui nutrisi agar si kecil memiliki tumbuh kembang optimal. ”

Selanjutnya Dr.dr Ariani menyapa para mama yang tergabung dalam seminar digital ini dan menyampaikan materinya mengenai nutrisi anak.



 
Sebelum membahas mengenai nutrisi, Manusia memiliki imunitas yang terdiri dari segera dan adaptif.  Nah apa saja yang termasuk imunitas segera? Dijelaskan oleh dr. Ariani  imunita tersebut mencakup fisik, mekanisme pertahanan dan respon umum.  Sementara itu imunitas adaptif merupakan antibody  dalam tubuh.

Imunitas manusia yang merupakan fisik berupa kulit, dan bulu mata. Sedangkan mekanisme pertahanan terdiri dari air liur, keringat dan air mata. Sementara untuk respon umum merupakan radang dan sel darah putih.  Adapun nutrisi memegang peranan penting untuk menjaga daya tahan tubuh manusia.

Namun disisi lain kita juga menghadapi beragam kondisi permasalahan kesehatan  terkait nutrisi yang menghantui khususnya si kecil, sebagai berikut:

    > 7 juta anak di bawah usia 5 tahun mengalami stunting

    > 2 juta anak di bawah usia 5 tahun mengalami wasted

    Di sisi lain 2 juta anak mengalami obesitas

    Sekitar 1 dari 4 anak mengalami anemia karena kekurangan vitamin dan mineral esensi. Sedih ya bacanya? Tapi itulah fakta yang terjadi  di lapangan.


Peran Nutrisi pada Sistem Imunitas



Nutrisi itu sendiri terdiri dari dua macam yaitu Makro dan Mikro.  Nutrisi Makro mencakup zat asam amino, camosine, lemak rantai panjang, dan karbohidrat. Sedangkan nutrisi Mikro terdiri dari vitamin dan mineral. Kesemuanya berperan penting dalam pembentukan dan pematangan system imun manusia.

Selain itu sistem imun yang optimal tergantung dari sistem imun yang sehat.  Nutrisi yang adekuat diperlukan untuk memastikan suplai yang baik dari energy makro dan mikronutrisi dibutuhkan untuk perkembangan , pemeliharaan dan ekspresi sistem imun.

Mengapa mikrobiota usus penting? Karena usus yang sehatmengandung komposisi yang seimbang dan mikroba usus yang bermanfaat bagi tubuh.

Hal yang perlu diketahui oleh semua orang tua, ketidakseimbangan mikrobiota usus berhubungan dengan sebagai berikut;

    Asma dan alergi

    Infeksi

    Obesitas dan kelainan metabolic

    Kelainan pencernaan

    Inflamamatory bowel disorder

    Perilaku menyimpang dan autisme


Banyak juga ya Mom’s efek buruk dari ketidakseimbangan mikrobiota pada usus, sehingga penting nya pemberian probiotik dan prebiotik dalam usus.  Hal ini dapat simpulkan, nutrisi yang buruk menyebabkan sistem imun buruk yang dapat menyebabkan pada tumbuh kembang. Adanya Makro dan mikronutrien dapat membantu membentuk dan memelihara sistem imun. Serta kesehatan saluran cerna yang merupakan keseimbangan mikrobiota saluran cerna.

Selain mengenai nutrisi yang sudah disampaikan oleh DR.dr. Ariani Dewi Widodo, para mama juga perlu mengetahui tentang morbiditas serta penyebab utamanya. Materi tersebut disampaikan oleh Prof. Yvan Vandenplas.

Penyebab Utama Morbiditas dan Kematian Anak < 5 Tahun



Ada dua hal yang menjadi penyebab utama morbiditas dan kematian anak dengan usia kurang dari 5 tahun yaitu infeksi saluran pernafasan akut dan diare yang disebabkan oleh infeksi. Maka tak heran kalau mendengar berita ada anak yang masih kecil meninggal karena ada penyebabnya kedua hal tersebut ya.

Agar hal tersebut tidak terjadi bisa melakukan pencegahan dengan nutrisi yang cukup terdiri dari pemberian ASI sebagai jalan terbaik untuk memberikan nutrisi yang tepat  dilengkapi dengan pemberian atau akses air dan makanan yang bersih dan aman. Serta mengikuti program-program imunisasi.

Pentingnya Perkembangan Mikrobiota Saluran Cerna dan Mikrobiota pada Usia Dini.


Disbiosis menyebabkan perubahan kualitatif dan kuantitatif pada mikrobiota usus yang secara langsung mempengaruhi mekanisme sistem imun yang dapat menyebabkan infeksi atau alergi. Bisa jadi ini hal yang tak banyak diketaui oleh para orang tua.

Mengapa mikrobiota saluran cerna penting? Karena mikrobiota saluran cerna yang sehat mengandung komposisi seimbang dari berbagai bakteri yang memiliki manfaat menguntungkan bagi kesehatan.




Kunci menjaga keseimbangan microbiota ini adalah dengan asupan nutrisi yang dilengkapi dengan Prebiotik. Prebiotik ialah komponen makanan yang dapat digunakan secara selektif oleh mikroorganisme dalam saluran cerna dan memberikan dampak menguntungkan bagi kesehatan. 

Kombinasi prebiotik FOS dan GOS dengan rasio 1:9 dapat meningkatkan jumlah bifidobacteria, menstimulasi pertumbuhan spesies bifidobacteria dan lactobacillus tertentu, mengurangi bakteri patogen, dan membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan.


Selain makanan yang sehat dan higienis, bisa juga ditunjang dengan susu pertumbuhan yang mengandung prebiotik FOS dan GOS. Berdasarkan penelitian pada GIANT Study yang dipaparkan oleh Prof Yvan, ternyata anak di atas satu tahun yang mengonsumsi susu pertumbuhan dengan prebotik lcFOS/scGOS dan n-3 LC PUFA ditambahkan ke dalam susu memiliki kondisi risiko infeksi yang lebih rendah. Sehingga tumbuh kembang anak lebih optimal dan tangguh menghadapi tantangan di masa depannya.

Itulah materi dalam acara seminar digital, semoga bisa bermanfaat dan bisa mendukung tumbuh kembang si kecil ya.  Menarik bukan materinya? Nah, buat para orang tua yang ingin mengetahui lebih banyak atau membutuhkan informasi mengenai nutrisi, stimulasi anak, tumbuh kembangnya hingga berbagai ilmu parenting bisa mengunjungi www.nutriclub.id ya.



42 comments:

  1. Aku jadi ingat pas si bungsu dirawat di HCU selama beberapa hari. Mendadak panas tinggi dan HB darahnya turun drastis. Habis itu dia mesti banyak konsumsi buah dan sayur biar ga terulang kejadian pahit masa lalu. Deg-degan apalagi pas wabah begini, kebutuhan anak harus diprioritaskan. Baru tahu ada istilah ketidakseimbangan mikrobiota pada usu, karena memang usus tempat apa saja sih. Bener-bener kudu dijamin nutrisi anak biar daya tahan tubuhnya bagus.

    ReplyDelete
  2. Beneran pentiiing banget sih nutrisi untuk anak ini.
    Ortu jaman now kudu makin aktif berburu ilmu gizi untuk tumbuh kembanga anak, ya

    ReplyDelete
  3. Duh senangnya ya bisa ikutan Seminar online berkualitas gini...jadi banyak informasi penting yang bisa kita dapet..apalagi sputar nutrisi buat anak...penting buangett

    ReplyDelete
  4. Sebelum jadi Ibu, aku mau belajar banyak kaya gini. Beruntung ilmu kaya gini sudah lebih mudah didapat kaya seminar atau video lainnya. Jadi gak ada deh anak kurang nutrisi

    ReplyDelete
  5. Betapa pentingnya memperhatikan kebutuhan nutrisi untuk si kecil yaa mbak. Karena ya itu, bakal ngaruh ke imunitas mereka. Saya mau ah bacabaca artikel tentang topik ini di webnya Nutriclub itu, menarik kayaknya.

    ReplyDelete
  6. Memang serba salah ya kalau anak terkena stunting atau obesitas. Yang satu kekurangan gizi dan satunya lagi kelebihan bobot hhhmm.. Memang sih sedari bayi orangtua wajibbb bangeed memeerhatikan asupan bergizi buat anaknya supaya tumbuh kembangnya baik.

    ReplyDelete
  7. Penting banget untuk tau soal nutrisi yang baik biat anak, biar perkembangannya bisa maksimal, baik fisik maupun otak.

    ReplyDelete
  8. anak sebagai penerus generasi bangsa haruslah dipersiapkan dengan sebaik-baiknya. dengan memberikan asupan nutrisi, diharapkan mereka bisa tumbuh dan berkembang dengan baik

    ReplyDelete
  9. Sepakat pemenuhan susu bagi anak itu penting banget mba. Dan ini tentunya saling menunjang ya mba biar imunitas anak pun tetap terjaga

    ReplyDelete
  10. Penting menjaga kesehatan saluran cerna ya karena ternyata infeksi saluran pernafasan akut dan diare yang disebabkan oleh infeksi menjadi penyebab kematian yang signifikan jumlahnya

    ReplyDelete
  11. Penting sekali menjaga kesehatan anak, selain memenuhi kebutuhan nutrisinya dengan banyak konsumsi sayur dan buah. Juga aktif memberikan anak susu

    ReplyDelete
  12. Pakai susu dari Nutrilon gizi kakak sehat trus ya. Soalnya nutrisi anak 1000 hari pertama wajib dipenih

    ReplyDelete
  13. Nutrisi anak memang sangat penting ya...kita tidak boleh lupa untuk memperhatikan, termasuk nutrisi untuk saluran cerna seperti prebiotik yang bisa didapat dari susu

    ReplyDelete
  14. Begitu pandemi aku langsung ngencengin lagi asupan untuk anakku, terutama untuk nutrisinya. Pokoknya selalu mengandalkan "isi piringku" dan lebih sering makan buah dan juga susu setiap hari gak lupa.

    ReplyDelete
  15. Nutrisi yang buruk berakibat juga tumbuh kembang yang kurang maksimal ya. Memang sejak dini sebaiknya ortu memperhatikan pemberian makanan bergizi bagi anak. Baru tau ternyata ketidakseimbangan mikrobiota usus berhubungan dengan infeksi, asma, alergi dsb.

    ReplyDelete
  16. Nutrisi yang cukup sesuai usia anak itu memang penting banget ya untuk tumbuh kembangnya. Juga menjaga imunitas anak agar terhindar dari penyakit infeksi pencernaan

    ReplyDelete
  17. yess, our parent have role to give the good foof, good mood and good life for our kidz. The good nutrition is make the grow up our kidz is full.

    ReplyDelete
  18. Innalillahi lebi dari 7 juta anak di bawah usia 5 tahun mengalami stunting. Ini sungguh miris sekali. Semoga tahun-tahun mendatang terjadi penurunan hingga nol.

    ReplyDelete
  19. Asupan tambahan Juga penting bangt ya buat tumbuh kmbang anak selain Selain makanan yang sehat dan higienis, bisa ditunjang dengan memberikan susu pertumbuhan yang mengandung prebiotik FOS dan GOS

    ReplyDelete
  20. Nggak anak anak nggak orangtua penting banget diberikan nutrisi yang pas dan sehat ya Ce
    aku juga urus mertua harus memerhatikan kondisinya, soalnya diabetesnya parah makannya juga nasi merah dan harus diperhatikan keadaannya. Semangat kita

    ReplyDelete
  21. Sekarang ilmu tentang nutrisi sudah mudah ditemukan ya mbak. Tinggal kita yang harus mau belajar

    ReplyDelete
  22. Nutrisi mmg penting banget untuk perkembangan anak ya mba. Krn apalag artinya kasing sayang n stimulasi kalo nutrisinya kurang. Heu

    ReplyDelete
  23. Ternyata setelah punya anak baru terasa yaa...
    Bahwa menjadi Ibu itu adalah proses yang gak pernah berhenti untuk terus belajar dan memberikan yang terbaik untuk anak.
    Termasuk susu, sebagai asupan gizi pelengkap yang penting.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kesehatan saluran cerna ini membutuhkan perhatian yang ekstra, karenaefeknya luar biasa loo...untuk tumbuh kembang anak.

      Delete
  24. Banyak yang belum menyadari ya bahwa sebenarnya kesehatan badan dimulai dari saluran cerna. Terlebih pada anak ya yang imunitasnya masih terus berproses. Harus selalu dilindungi kesehatan saluran cernanya agar asupan gizi yang masuk bisa didistribusikan dengan maksimal.

    ReplyDelete
  25. Pandemi ini jadi banyak mengajarkan banyak hal terutama untuk menyiapkan asupan keluarga. Memastikan nutrisi untuk keluarga adalah tugas ibu, jadi aku selalu menjalankan sesuai dengan isi piringku.

    ReplyDelete
  26. yang saya suka dari nutriclub ini adalah banyaknya ilmu yg dishare jadi walau di rumah saja tapi kita ga pernah kehabisan ilmu ya mbak

    ReplyDelete
  27. senangnya dapat ilmu langsung dari ahlinya, pasti banyak yang bisa diterapin ya mba, baca artikel mba, memperkaya saya tentang ilmu parenting, sangat penting banget ya memperhatikan nutrisi anak untuk imun tubuhnya dan juga soal pencernaan mereka, kalau saya punya anak nanti bisa saya terapkan ilmunya

    ReplyDelete
  28. Materi - materinya benar" membantu banget untuk seorang ibu merawat anaknya. Ini sangat di butuhkan sekali buat mommy" muda terutama supaya tau cara merawat anak dengan benar

    ReplyDelete
  29. Makasih infonya kak, aku jadi lebih paham tentang pentingnya menjaga kesehatan saluran cerna anak2 🙏

    ReplyDelete
  30. Wuih, materi zoomnya bergizi banget nih buat para ortu. Dan aplikabel banget di masa kayak sekarang. Di mana anak butuh imunitas yang tinggi terhadap pandemi. Kudu selalu diperhatikan gizinya ya 👌

    ReplyDelete
  31. Bagus banget ini materinya, bener2 kaya ilmu, masa sekarang emang imunitas penting terutama untuk anak2 yah

    ReplyDelete
  32. Seru sekali ya kalau sudah membahas nutrisi tentang anak begini kita sebagai orang tua jadi lebih tahu kebutuhan nutrisi anak

    ReplyDelete
  33. Anak aku yang nomor stau yang ASI nya waktu itu ngga sampai 2 tahun. Hiks..sedih, hanya sampai 8 bulan karena aku waktu itu hamil anak kedua. Karena itu aku genjot di pemberian nutrisinya. Memang penting banget nutrisi untuk tumbuh kembang anak

    ReplyDelete
  34. Setuju banget nutrisi yang terpenuhi bagi kebutuhan anak akan sangat mendukung tumbuh kembangnya pula

    ReplyDelete
  35. Webinar yg bener2 penuh gizi ya kemarin itu. Aku jadi sadar betapa kesehatan saluran cerna anak itu penting banget buat tumbuh kembang nya.ulai sekarang aku mau lebih perhatiin lagi asupan nutrisi si kecil.

    ReplyDelete
  36. Informasinya sgt bermanfaat sekali sih, bunda2 skrg lbh muda ya belajar ttg gizi anak, bisa ada kelas online juga. Luar biasa ....

    ReplyDelete
  37. Nutrisi untuk anak memang penting banget ya apalagi dalam masa pertumbuhan dan perkembangannya. Kadang sebagai orang tua kita selalu memberikan yang terbaik makanan dan minuman untuk si kecil

    ReplyDelete
  38. Nutrisi ini memang sangat penting sekali bagi tumbuh kembang anak ya mbak, nutrisi yang sesuai untuk tumbuh kembang yang optimal.

    ReplyDelete
  39. PR besar buat orangtua untuk memberikan nutrisi yang baik untuk anak-anak ya Ce
    aku masih belajar nih, eheheh semoga bisa menyusul puya anak-anak yang meneggemaskan

    ReplyDelete
  40. Anak2 keluarga biru sehat2, ternyata rahasianya di nutrisi ya. Mamanya pinter masak jg salah satu alasan jg nih kayaknya ya.

    ReplyDelete
  41. kalau anak butuh, probiotik tambahan memang diperlukan ya, mbak. biasanya alami ada di beberapa makanan dan minuman. kalo anakku dulu, aku belikan sendiri dan gak tercampur di minuman karena memang masalahnya sudah cukup parah

    ReplyDelete