Wednesday, December 16, 2020

5 Tips Liburan Keluarga Bebas Ribet dan Drama

 

liburan keluarga bebas drama

Traveling dengan keluarga memang bisa menjadi momen yang menyenangkan. Tapi tidak jarang sebagian orang terlalu mager untuk merencanakannya karena anggapan bahwa berlibur bersama keluarga biasanya lebih ribet dan penuh drama.

Padahal, kenyataannya traveling dengan keluarga tidak seribet yang dibayangkan kok. Jika Anda mau perjalanan liburan bersama keluarga lebih simpel, bebas ribet dan tetap menyenangkan, beberapa tips merencanakan traveling keluarga dari saya ini mungkin bisa Anda coba.

Pilih destinasi wisata yang cocok untuk keluarga

 

liburan keluarga bebas drama

Seringkali drama liburan keluarga dimulai karena pilihan destinasi wisata yang tidak tepat. Agar semua anggota keluarga bisa menikmati liburan, saran saya adalah memilih tempat-tempat wisata yang family-friendly. 

Misalnya, jika anak Anda masih terlalu kecil, Anda bisa menghindari tempat wisata yang terlalu luas atau memiliki banyak anak tangga karena si kecil bisa jadi gampang kelelahan. Kecuali tempat-tempat itu sudah memiliki fasilitas khusus seperti mobil golf atau kereta gantung yang bisa Anda gunakan untuk berkeliling tanpa terlalu kecapekan.

Diskusikan juga tujuan tempat wisata tersebut sebelumnya bersama semua anggota keluarga untuk mengetahui setiap pendapat dan keinginan mereka. Ingatlah bahwa liburan bersama keluarga akan lebih menyenangkan bila semua sudah sepakat terhadap pilihan destinasi yang dibuat.

Hindari membawa barang berlebihan

Saat traveling dengan keluarga, banyak orang terlalu excited dan berakhir membawa lebih banyak barang dari yang seharusnya. Supaya barang bawaan saat berlibur tidak menjadi beban, maka penting agar kamu membawa perlengkapan seperlunya saja.

Sesuaikan banyak barang yang harus dibawa dengan destinasi liburan serta lama waktu liburan tersebut. Lakukan pula riset mengenai destinasi berlibur Anda untuk menentukan barang apa saja yang sebaiknya dibawa.

 

 liburan keluarga bebas ribet dan drama

Misalnya jika ingin berlibur ke pantai, maka Anda harus membawa baju ganti ekstra untuk anak-anak yang ingin bermain air. Sementara bila di tempat akomodasi ada fasilitas laundry, maka Anda tidak perlu membawa terlalu banyak baju karena bisa langsung mencuci dan menggunakannya kembali.

Gunakan tas yang sesuai kebutuhan

Saat pergi liburan bersama keluarga pertimbangkan juga pilihan tas traveling yang nyaman dan tidak mengganggu perjalanan. Jika Anda berlibur bersama keluarga di tempat yang tidak terlalu jauh dalam waktu singkat, pilihan tas backpack mungkin lebih praktis untuk digunakan.

Atau, jika barang bawaan Anda dan keluarga cukup banyak karena durasi liburan yang panjang maka gunakanlah koper sebagai tas untuk membawa segala perlengkapan.

Anda juga bisa menggunakan menggunakan waist bag atau tas pinggang saat traveling bersama keluarga untuk membawa benda-benda penting seperti passport, uang, kunci atau obat untuk keperluan darurat sehingga tidak perlu kesulitan mencari dan membongkar koper atau backpack setiap kali membutuhkannya.

Pilih transportasi yang ramah keluarga

 

liburan keluarga bebas drama

Perjalanan liburan bisa jadi sangat melelahkan untuk anggota keluarga. Jadi penting untuk memilih transportasi yang ramah dan nyaman untuk mereka.

Jika Anda ingin roadtrip, pastikan mobil yang digunakan sesuai dengan jumlah anggota keluarga dan sudah dicek kondisi mesin dan bahan bakar agar tidak ada gangguan di perjalanan. Anda juga sebaiknya memikirkan bagaimana agar anak Anda tidak bosan selama di perjalanan.

Sementara jika Anda tidak ingin terlalu capek dan pusing memikirkan kondisi kendaraan saat traveling bersama keluarga, pilihan moda transportasi umum seperti pesawat dan kereta api juga tidak jadi masalah. Anda cukup memikirkan transportasi menuju hotel tempat menginap atau destinasi wisata yang dituju saja. 

 


Fleksibel itu perlu

Walaupun sudah membuat jadwal untuk libur keluarga, tapi ada baiknya Anda tetap fleksibel selama berlibur dengan keluarga.  Berlibur terutama bersama anak bisa jadi ada banyak hal yang tidak terprediksi yang muncul.

Itu sebabnya selalu komunikasikan kondisi fisik atau kebutuhan seluruh anggota keluarga saat berlibur. Jika memang tidak memungkinkan, tidak perlu memaksakan agar semua tetap merasa senang saat liburan.

Itu dia beberapa tips liburan keluarga bebas ribet dan drama yang bisa kamu coba. Walaupun berlibur bersama keluarga butuh persiapan yang banyak dan matang, tetapi jika dilakukan dengan tepat tentu liburan Anda bersama keluarga akan terasa menyenangkan. Selamat merancang liburan bersama keluarga Anda!

 

21 comments:

  1. Saat ini menikmati road trip dulu dengan jarak yang dekat-dekat. Masih putar otak gimana bawaannya biar ga segambreng dan bisa menikmati perjalanan jarak jauh.

    ReplyDelete
  2. Seru ya liburan sekeluarga. aku liburan masih sering berdua doank. doain ka 2021 ada kabar baik buatku ya

    ReplyDelete
  3. Duh, awal 2020 udah kebayaaang serunya liburan akhir tahun.
    ternyataaaa oh ternyataaaa wkwkwk
    ya sudahlah, kita tetep siapkan budget liburan dan praktekin tips yg ada di artikel ini yak.

    ReplyDelete
  4. Bawa barang berlebihan ini kadang nggak keduga banget, berangkat nggak banyak pulangnya banyak kembolan hahahha. Seru perjalanan keluarga biru, mas Aiman topi koboynya keren euy

    ReplyDelete
  5. Setuju poin yang terakhir. Fleksibel itu perlu. Gak saklek2 amat dg rencana yang telah ditentukan, karena dengan begini liburan bisa jadi terasa lebih santai dan menyenangkan.

    ReplyDelete
  6. Bener banget, kalo libur sama anak aku bahkan punya banyak rencana cadangan jika terjadi sesuatu. Karena ada banyak hal sulit di prediksi

    ReplyDelete
  7. kalau sama anak anak emang kudu prepare ekstra ya kang, paling ngga diajarin yang deket deket dulu dan akhirnya makin jauh hehehe

    ReplyDelete
  8. kalau nggak bawa barang banyak , si anak jarang yang mau liburan

    follow us https://www.quinstyle.com/blog-2/ yang tak kalah menarik infonya

    ReplyDelete
  9. Aku sering banget kalau liburan terus di suruh packing, yang packing aku...yang bagian sortir, suami.
    Karena akutu orangnya gak bisa praktis. Jadi sagala we pengen dibawa.
    Heuheuu~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang andalan pakai backpack yaah....
      Praktis dan bisa bergerak bebas. Apalagi Ibu, pasti rempong sama anak-anak.

      Delete
  10. emang selalu seru cerita travellingnya keluarga biru
    kompak dan selalu fun
    si kecil juga nggak rewel ya mas

    ReplyDelete
  11. Menyenangkan bangeeett traveling dgn keluarga.
    walopun ya kadang banyak deramaahhh, tapi tetep assoy geboooyy yak.

    ReplyDelete
  12. tapi drama koreyah itu bikin seru lo hehehe
    aira kayaknya udah kangen traveling ke surabaya tuh
    yuk bikin yang seru2 lagi kesini

    ReplyDelete
  13. Berhubung sekarang lagi pandemi dan virus corona belum tertanggulangi, liburan keluarga dilakukan secara virtual dulu. Nanti kalau sudah aman tips ya akan diterapkan

    ReplyDelete
  14. Bawa barang kebanyakan memang bisa bikin drama, Mas. Bikin repot karena menghambat perjalanan. Makanyaa perlu pilih tas yang cocok dan compact. Apalagi kalau bawa anak-anak ya kan? Kudu fleksibel soal itinerary, ga kaku yang penting hepi selalu kayak keluarga biru.

    ReplyDelete
  15. Setuju banget nih sama tips traveling no drama yg dishare sama keluarga Biru. Sebaiknya pertimbangkan dengan matang destinasi wisata yg akan dituju, jenis transportasi yg akan digunakan plus barang apa saja yg mau dibawa. Etapi kalo situasi masih kayak sekarang kita harus sabar dulu nih smpe kondisi benar2aman

    ReplyDelete
  16. emang penting sih liburan, utk nenangin pikiran yg entahlah banget selama 2020 ini. sehat selalu mas

    ReplyDelete
  17. Komunikasi selalu harus diutamakan ya, jangan sampai liburan untuk bersenang senang berakhir dengan bete 😀😀😀

    ReplyDelete
  18. Sekarang udah ada tiga anak yg masih bayi aku auto mikir lagi Mas. Hehe. Pinginnya nunggu anak bayi agak gedean jadi ga rempong terutama jam tidur si bayi

    ReplyDelete
  19. Seru banget sih kayaknya walau ga bisa sepraktis solo travelling, hehe. Saya belum bekeluarga nih kak, belum tahu gimana rasa pastinya. Hanya bisa membayangkan.

    ReplyDelete
  20. Bakalan dicoba kak haha secara kemarin ke jogja ribet banget. Eh maksudnya ribet sendirii karena emang ngga dibikin praktis sih hehe.

    ReplyDelete