Monday, February 1, 2021

Cara Membuat Lempung Terigu yang Mudah

 

cara membuat lempung terigu

Minggu yang lalu Mas Aiman mendapat tugas membuat Lempung Terigu. Materi ini terdapat dalam buku paket kelas 1 Tema 5, Subtema 3, Pembelajaran 1. Lempung Terigu adalah bahan mainan edukasi yang dibuat dari adonan terigu. Kalau istilah kerennya adalah Edible Airdry Clay yaitu adonan tanah liat atau playdoh yang bisa kering dengan hanya diangin-anginkan. Edible sendiri artinya bisa dimakan, karena Lempung Terigu terbuat dari terigu (bahan makanan) maka aman jika termakan oleh anak-anak.

Sekarang ini, Lempung Terigu banyak dipakai sebagai alternatif pengganti tanah liat. Banyak alasan mengapa lempung terigu banyak dipergunakan di sekolah antara lain: terbuat dari bahan makanan yang aman bagi anak, mudah didapatkan, harga murah dan tidak meninggalkan bekas noda karena mudah dibersihkan.

Lempung terigu memiliki manfaat yang bagus bagi anak-anak antara lain: bahan mainan edukasi untuk dibentuk menjadi beraneka macam benda, mengenalkan anak pada bahan atau alat yang lunak, melatih motorik halus baik dalam proses pembuatan atau kreasinya dan terakhir adalah merangsang daya imajinasi dan kreativitas anak.

Bahan Membuat Lempung Terigu

 

cara membuat lempung terigu

Anak-anak bisa membuat sendiri lempung terigu tentunya dengan pengawasan orang tua di rumah atau guru di sekolah. Cara bikin lempung terigu cukup mudah, tidak membutuhkan bahan atau peralatan yang rumit. Berikut adalah bahan-bahan membuat lempung terigu:

  1. Tepung terigu sebanyak 200 gram
  2. Garam sebanyak 100 gram
  3. Pewarna makanan, pilih sesuai selera
  4. Minyak goreng 3 sendok makan
  5. Air hangat setengah gelas

Sebenarnya kalau di buku paket, artikel hasil googling dan video di youtube, untuk minyak goreng hanya dicantumkan 1 sendok makan saja. Namun ketika kami membuatnya ternyata dosisnya kurang sehingga adonan susah untuk dicampur atau diuleni kalau bahasa Jawa. Itulah sebabnya kenapa saya tambahkan menjadi 3 sendok makan.

Cara Membuat Lempung Terigu

  1. Larutkan 100 gram garam dengan air hangat setengah gelas.
  2. Tambahkan zat pewarna. Karena Mas Aiman suka warna biru (seperti kedua orang tuanya) maka dia menambahkan pewarna makanan warna biru.
  3. Tambahkan 3 sendok makan minyak goreng, aduk rata hingga semua bahan tercampur.
  4. Terakhir, masukkan tepung terigu 200 gram ke dalam cairan garam dan pewarna.
  5. Campurkan menggunakan tangan (diuleni) hingga terbentuk menjadi adonan yang kalis.

 

cara membuat lempung terigu

 

cara membuat lempung terigu

Adonan Lempung terigu ini selain aman jika tidak sengaja termakan oleh anak-anak, juga mudah penyimpanannya yaitu disimpan di wadah yang bersih dan tertutup rapat. Yaa seperti kita kalau menyimpan playdoh atau plastisin. Jika ingin adonan lebih tahan lama kita bisa menambahkan garam lagi atau pengawet makanan.

cara membuat lempung terigu

cara membuat lempung terigu
 

Setelah adonan kalis maka kita bisa langsung menggunakannya, bisa dibentuk aneka macam benda. Untuk membentuknya bisa menggunakan tangan atau cetakan. Mas Aiman kemarin membentuk adonan Lempung Terigu menjadi kuda laut. Alhamdulillah dalam tugas membuat lempung terigu ini, Mas Aiman dapat nilai 90.

Oke Gengs Biru, itulah tadi cerita Mas Aiman tentang cara membuat Lempung Terigu yang mudah dan cepat. Semoga bermanfaat ya, aamiin.


 

8 comments:

  1. Mas Aiman pinterrr dan kreatif bangett!
    kuda lautnya mirippp, plek ketiplek banget lhooo
    Keren ini mahhh
    artikel cara membuat Lempung Terigu yang mudah dan cepat pasti bermanfaat banget untuk ribuan ortu ya

    ReplyDelete
  2. Kegiatan bikin lempung terigu gini pasti bikin anak bersemangat. Anak2 terlatih motoriknya. Keren nih keluarga biru.

    ReplyDelete
  3. waaah bisa membuat permainan sendiri yang menyenangkan. Sekalian belajar prakarya dan juga tetep kreatif. Kalau kece dan banyak yang minat pasti bisa jadi lahan bisnis nih hehehe

    ReplyDelete
  4. Ini lempung jadinya kaya dough gitu ya? Pengen bikin juga ah supaya anak2ku dapat mainan baru, bahannya murmer aja ya ternyata

    ReplyDelete
  5. Jadi pengen coba, nih. Buat Mas B dan Dek Gi.
    Bahanna mudah dan aman. Kurang pewarna saja bisa langsung praktik. Makasih

    ReplyDelete
  6. Wahh jadinya kuda laut biru, yaa.. keren mas Aiman 👍👍
    Kalau Fahima kemarin bikin aneka bentuk, mulai dari es krim, permen, lolipop, donat, kue-kue, dll pokoknya makanan kesukaannya hahaha..
    Memang aman ya pakai tepung terigu. Anak-anak pun suka bikinnya :)

    ReplyDelete
  7. Mengedukasi banget ya lempung terigu ini. Membuka pola pikir dan kreatifitas anak dimasa kini supaya gak gadget melulu.

    ReplyDelete
  8. Wah ide bagus nih pakai tepung terigu mainan ini biasanya pakai pasir kinestetik berwarna gitu.

    ReplyDelete