Keuntungan TV Belanja bagi Penjual dan Pembeli

 

keuntungan tv belanja
sumber foto: freepik.com

Hallo Gengs Biru, pandemi Covid 19 sudah setahun lebih melanda Indonesia.  Adanya pandemi ini membawa dampak dan perubahan yang besar pada kehidupan kita. Demi mencegah penularan dan penyebaran virus Corona, kita dihimbau untuk melakukan segala aktivitas di rumah mulai dari belajar, beribadah, bekerja hingga belanja. Anak-anak sekolah dan mahasiswa melakukan pembelajaran secara online melalui aplikasi zoom, google meet dan lainnya. Karyawan yang pekerjaannya bisa dilakukan secara remote menjalani Work From Home (WFH). Trend berbelanja secara online pun juga semakin diminati oleh para pembeli, mulai dari barang-barang kebutuhan primer (pokok) hingga kebutuhan sekunder bahkan tersier.

Ngomong-ngomong tentang belanja online, ada banyak pilihan bagi pembeli untuk mencari –barang barang yang dibutuhkan salah satunya melalui TV Belanja atau TV Shopping. Gengs Biru pasti pernah menonton tayangan TV Belanja baik yang mendompleng di stasiun TV swasta maupun yang ditayangkan di channel TV Belanja. Nah kali ini Papa Ihwan mau ngebahas apa saja sih keuntungan TV Belanja baik itu bagi penjual maupun pembeli terutama di era trend belanja online saat ini.

Keuntungan TV Belanja bagi Penjual

Zaman dahulu jika kita ingin berjualan maka hal pertama yang harus kita siapkan adalah tempat berjualan. Entah itu membuat toko sendiri di depan rumah atau membeli atau menyewa gerai di pasar, ruko atau mall. Jika tidak punya modal lebih maka terpaksa berjualan di pinggir jalan dengan resiko terkena panas hujan hingga razia Satpol PP.

Pemilihan tempat berjualan ini pun harus mempertimbangkan apakah tempatnya strategis sehingga konsumen tertarik untuk datang. Bagi yang memiliki modal besar bisa memasang iklan di media massa seperti TV, radio, majalah hingga di baliho-baliho yang mudah dilihat oleh banyak orang. Kita juga harus memikirkan biaya-biaya lainnya seperti pemakaian listrik, air hingga gaji untuk karyawan. Dengan semua keribetan di atas, maka hanya orang-orang yang bermodal menengah ke atas saja yang mampu berjualan di toko, pasar dan mall.

Nah di zaman now, semua orang bisa berjualan dengan jauh lebih mudah dan praktis lewat media internet. Kita bisa berjualan di social media, marketplace, website pribadi hingga TV Belanja. Opsi yang terakhir yaitu TV Belanja kini semakin banyak diminati oleh para penjual dikarena memiliki beberapa keuntungan/kelebihan bilan dibandingkan dengan platform lainnya.

 

keuntungan tv belanja bagi penjual
sumber foto: freepik.com

Keuntungan berjualan di TV Belanja yang utama tentu saja adalah pembeli bisa menawarkan barang atau produk tanpa harus membuka gerai atau toko. Dengan memasarkan produk di TV Belanja kita bisa menjangkau market konsumen yang luas. Produk-produk yang dipasarkan di TV Belanja sudah pasti diulas dengan visualisasi video yang detail sehingga calon pembeli bisa melihat secara langsung dan mengetahui apa saja kelebihan produk kita.

Apalagi kini TV Belanja juga bisa diakses melalui internet sehingga jangkauannya pun semakin luas. Pembeli bisa mengaksesnya kapan saja dan dimana saja asalkan ada koneksi internet. Kita tidak perlu lagi membayar biaya listrik, air dan gaji karwayan setiap bulan.

Keuntungan TV Belanja bagi Pembeli

Bagi para pembeli, kehadiran TV Belanja juga memberikan banyak keuntungan. Keuntungan yang utama kita bisa berbelanja produk yang kita butuhkan hanya dari rumah saja. Hal ini sangat sesuai dengan kenyataan di era pandemi dimana kita harus melakukan semua hal di rumah. Kita tidak perlu jauh-jauh datang ke pasar atau mall dan mengambil resiko terpapar virus Corona. Kita juga jadi lebih hemat karena tidak perlu mengeluarkan ongkos transportasi dan parkir.

 

keuntungan tv belanja untuk pembeli
sumber foto: freepik.com

Produk-produk yang ditawarkan di TV Belanja juga sangat beragam mulai dari kebutuhan rumah tangga, kesehatan, make-up, fashion hingga gadget. Jadi kita tidak perlu mendatangi banyak toko untuk mencari kebutuhan seluruh anggota keluarga kita.

Berbelanja di TV Belanja juga sangat praktis dan mudah. jika kita berminat dengan barang yang ditawarkan tinggal menghubungi saja nomer yang tertera di tayangan TV Belanja. Untuk pembayarannya juga banyak pilihan mulai dari bank transfer atau e-wallet.

Yang terakhir namun sangat penting dan pastinya disukai oleh pembeli, TV Belanja seringkali memberikan penawaran yang menarik untuk para pembeli berupa diskon atau promosi. Dengan begitu pembeli bisa mendapatkan produk yang berkualitas dengan harga yang lebih terjangkau.

Oke Gengs Biru, itulah keuntungan atau kelebihan TV Belanja baik bagi penjual maupun pembeli. Pesan Papa Ihwan, kita tetap harus selektif memilih TV Belanja yang terpercaya dan aman. Pilih TV Belanja yang memiliki kredibilitas yang baik di mata konsumen. Trus juga tetap harus selektif saat berbelanja, selalu ingat untuk membedakan mana yang termasuk kebutuhan atau hanya sekedar keinginan. Selamat berbelanja di TV Belanja.

 

14 comments

  1. menyenangkan banget klo ada TV Belanja
    Hidup makin praktis!
    No ribet ribet club

    ReplyDelete
  2. saya belum pernah belanja di tv belanja
    tapi membaca tulisan ini jadi penasaran banget
    baiklah nanti coba baca2 referensi lagi dan siap2 berbelanja

    ReplyDelete
  3. Sejujurnya belom pernah beli di TV belanja . Lebih sering liat orang pake TV belanja di drakor. Menarik juga

    ReplyDelete
  4. Iya, lho. TV Belanja itu sangat membantu untuk mendapatkan produk yang sulit dicari di pasaran. Biasanya hanya ada di situ. Paling senang kalau ada harga istimewa saat acara berlangsung

    ReplyDelete
  5. Keren! Aku nggak pernah nonton tv ternyata ada tv belanja macam gini ya, jadi pas liat pengen barang gitu bisa langsung order ya Pap? Canggih.

    ReplyDelete
  6. Baru tahu Mas aku soal TV Belanja. Selama ini cuma berjualan di Marketplace, alhamdulillah cocok. Cuma memang harus sering kasih promo atau free ongkir buat narik pembeli. Jadi penasaran sama TV Belanja karena bisa kasih video gitu ya Mas buat menawarkan barang? Sekarang orang kan lebih suka yg ada audio visual. Pengin jualan dulu deh, ga beli beli biar ngirit hehe.

    ReplyDelete
  7. aku dulu suka banget nonton TV belanja dan melihat barang yang unik unik, ada barang yang sampai sekarang kepikiran pengen beli tapi belum keturutan yaitu breadmaker... duh mupeng, biar gak capek nguleni adonan...

    ReplyDelete
  8. Ini direct selling ya karena tinggal telpon aja. Jualannya biasanya bagus2 karena bisa nonton langsung ya. Gak bakal ketipu beli kw karena langsung ke sellernya

    ReplyDelete
  9. Kadang kalau liat iklan tipi belanja tu barangnya keknya canggih2 bener hehe
    Paling seneng kalau ada adegan telepon bilang barang udah kebeli.
    Belum pernah sih nyobain beli langsung gini tp seru jg kali ya sebagai pengalaman belanja :D

    ReplyDelete
  10. Aku belum pernah belanja di TV Belanja, apalagi berjualan di sana. Hehehe. Jadi penasaran..
    Btw iya ya keuntungan bagi penjual tuh banyak banget kalau berjualan online gini. Banyak biaya untuk modal yang bisa dipangkas, dan jangkauan justru lebih luas ya yang jelas.
    Makasih sharingnya, Mas :)

    ReplyDelete
  11. Awal-awal tahu ada siaran "jualan" di Televis, saya kira iklan seperti biasanya. EEeeh ternyata beda, TV Belanja dimana pemirsa bisa membli barang yangsedang diulas dan ditayangkan. Menariknya lagi, ada promo yang gila-gilaan diskonannya.

    ReplyDelete
  12. Aku dulu paling seneng mantengin TV belanja, karena ada banyak hal ajaib di sana yang beda dari produk yang ada di pasaran.
    Menurutku, TV Belanja ini sangat unik sekali konsepnya dan bisa sangat membantu saat berbelanja di era pandemi begini terutama.

    ReplyDelete
  13. Wah alat rumah tangga ku bisa aku tawarkan dokter TV belanja nih kayaknya ya. Selama ini masih aku jual offline aja dan sejak lamdemi jd sepi tokoku. Hehe. Makasih sharingnya mas jd kasih insight positif buatku

    ReplyDelete
  14. Saya kerap menonton TV Belanja. Suka liat produk-produknya yang inovatif. Diskonnya kadang bikin pengin langsung beli. Hahaha..
    Tapi baru di tahapan di pengin sih, belum sampai beli. Semoga ke depannya bisa jadi customer TV Belanja :D

    ReplyDelete