Rekomendasi Suplemen Makanan untuk Menambah Asupan Zat Besi

makanan sumber zat besi
sumber gambar: http://mitrasiaga.co.id

Zat besi merupakan salah satu jenis mineral yang memiliki peran penting di dalam tubuh, salah satunya adalah membawa oksigen ke seluruh tubuh. Manusia bisa mendapatkan zat besi dari makanan dengan kebutuhan 18 mg per hari. Jika terjadi kekurangan zat besi, akan muncul sejumlah gangguan kesehatan seperti pusing dan juga anemia. Untuk wanita, resiko kekurangan zat besi cenderung lebih tinggi karena adanya siklus menstruasi setiap bulan.

Meski zat besi sebenarnya bisa didapatkan dengan mudah melalui makanan, sayangnya tidak setiap orang bisa memenuhi hal tersebut. Ada banyak penyebabnya, salah satunya adalah tidak bisa menjaga pola makan sehat dan jarang mengonsumsi makanan tinggi zat besi. Jika hal semacam ini terjadi, solusinya adalah dengan meminum suplemen makanan seperti Tonikum Bayer.

Tonikum Bayer merupakan suplemen untuk memenuhi kebutuhan multivitamin dan mineral termasuk zat besi, yang sangat dibutuhkan oleh manusia. Suplemen ini sangat baik dikonsumsi selama masa pertumbuhan, masa kehamilan dan menstruasi, dan juga oleh ibu hamil. Tonikum Bayer aman dikonsumsi oleh anak-anak di atas usia 6 tahun, pria dan wanita dewasa serta lanjut usia.

tonikum bayer

 

Dalam setiap 15 ml Tonikum Bayer, terkandungan vitamin B1, B2, B3, B6, zat besi, kalsium, mangan, dan juga zinc. Untuk konsumsi Tonikum Bayer, bisa dilakukan setiap hari sebanyak satu kali, dengan takaran 1 sdm untuk orang dewasa dan setengah sendok makan untuk anak-anak.

Selain dengan mengonsumsi suplemen makanan, zat besi juga bisa diperoleh dari beberapa makanan seperti berikut ini:

Kerang

 

kerang sumber zat besi

Berbagai jenis kerang-kerangan sangat tinggi kandungan zat besi. Dan zat besi yang terkandung di dalamnya merupakan jenis yang lebih mudah diserap oleh tubuh. Di sisi lain, kerang juga tinggi akan nutrisi yang bisa mengurangi kadar kolesterol jahat di dalam darah.

Bayam

Bukan rahasia lagi kalau bayam merupakan salah satu sayuran yang tinggi kandungan zat besi. Di dalam bayam juga terkandung vitamin C yang bisa membantu mempercepat penyerapan zat besi di dalam darah. Bayam juga sangat rendah kalori, sehingga meski dikonsumsi banyak sekali pun tidak akan menyebabkan kegemukan.

Hati ayam

Tidak selamanya jeroan ayam buruk untuk dikonsumsi. Buktinya, hati ayam justru baik dikonsumsi dengan jumlah cukup karena tinggi kandungan zat besi dan berbagai nutrisi lain seperti Vitamin A. Hati ayam juga mengandung kolin, yang baik untuk otak. Perlu diingat konsumsi hati ayam sebaiknya diimbangi dengan sayuran dan cara pengolahan yang tepat.

Kacang-kacangan

 

kedelai sumber zat besi

Berbagai jenis kacang-kacangan seperti buncis, lentil, dan kedelai tinggi kandungan zat besi. Konsumsi kacang-kacangan sebagai sumber utama zat besi bisa jadi pilihan terbaik untuk vegetarian. Tidak hanya mengandung zat besi, berbagai jenis kacang juga kaya akan folat, magnesium, dan potassium.

Daging merah

Bukan rahasia lagi kalau daging merah merupakan makanan yang tinggi akan protein, zat besi, selenium, dan vitamin B. Kebanyakan kasus kekurangan zat besi biasanya disebabkan karena minimnya konsumsi daing merah. Penderita anemia sangat dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi daging merah.

Nah, dengan mengonsumsi berbagai jenis makanan tinggi zat besi ditambah dengan suplemen, maka tubuh akan jadi lebih sehat. Selalu sediakan Tonikum Bayer di rumah karena bisa dikonsumsi seluruh keluarga dan membantu memenuhi kebutuhan multivitamin serta zat besi yang sangat penting untuk tubuh.

No comments

Popular Posts