Tips Sukses Mendaftar di Perguruan Tinggi Negeri Favorit

 

tips masuk PTN Favorit

Gengs Biru, Malang dikenal sebagai kota pendidikan, di sini banyak sekali kampus yang berdiri mulai dari PTN (Perguruan Tingi Negeri) hingga PTS (Perguruan Tinggi Swasta). Sebut saja Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang, Institut Teknologi Nasional Malang, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Merdeka Malang, Universitas Ma Chung dan masih banyak lagi lainnya.

Dengan iklim Malang yang sejuk, suasana yang nyaman untuk belajar dan biaya hidup yang terjangkau maka tak heran jika kampus-kampus di Malang banyak sekali peminatnya. Peminatnya berasal dari dalam kota, luar provinsi bahkan luar negeri. Terutama perguruan tinggi negeri, persaingan saat SBMPTN sangat ketat sekali. Itulah sebabnya mengapa sebelum menempuh ujian, harus mempersiapkan diri dengan matang.

Pandemi yang belum juga berakhir di Indonesia, nyatanya tak menyurutkan minat para siswa untuk menempuh semua jalan untuk bisa kuliah di perguruan tinggi favorit. Mulai dari SNMPTN, SBMPTN, Jalur Seleksi Mandiri hingga PMDK. Dari semua jalan itu, tentunya yang paling favorit adalah jalur SNMPTN karena tidak perlu pusing mengikuti ujian atau tes tapi berdasarkan nilai rapor dan prestasi semasa sekolah.

Tips Sukses Mendaftar di Perguruan Tinggi Favorit

Siapa sih yang nggak pengin kuliah di perguruan tinggi negeri favorit, Gengs Biru pasti juga pengin kan? Bukan hanya siswa, orang tua pun pasti pengin anaknya kuliah di PTN Favorit karena biayanya lebih terjangkau, sistem perkuliahan yang bagus dan nilai pretise yang tinggi di mata masyarakat. Nah kali ini Papa Biru mau sharing tips sukses mendaftarkan diri di Perguruan Tinggi Favorit.

  1. Mempelajari Pilihan Program Studi

Ingat ya Gengs Biru, kuliah itu beda ama sekolah. Kalian nanti akan mempelajari satu bidang keilmuan secara mendalam selama 4 tahun. Jelas ini bukan waktu yang singkat. Oleh sebab itu kalian harus memilih dengan sungguh-sungguh program studi yang akan kalian ambil.

Pilih program studi yang sesuai dengan minat dan bakat kalian agar nanti kalian lebih mudah dan tetap enjoy di bangku kuliah. Jangan ambil studi dengan pertimbangan emosi sesaat, misalnya karena ikut-ikutan teman se-gank.

Setelah Gengs Biru menentukan pilihan program studi, pelajari dengan matang semua hal yang terkait dengan hal tersebut. Mulai dari materi apa yang harus dipelajari, peluang kelulusannya dan seberapa berat persaingannya. Ini penting agar kalian bisa menentukan strategi belajar yang tepat.

  1. Belajar dengan Tekun sejak di bangku SMA

Kalau Gengs Biru ingin masuk ke perguruan tinggi negeri lewat jalur SNMPTN maka kalian harus persiapakan sejak awal masuk SMA. Belajar dengan giat dan serius agar nilai rapor kalian bagus, trus mengikuti berbagai macam lomba sebagai portofolio prestasi. Lomba yang diikuti bisa yang diadakan oleh pemerintah maupun lembaga yang terkait. Semakin bagus nilai rapor dan semakin banyak daftar prestasi yang dimiliki akan memperbesar peluang kalian lolos SNMPTN.

  1. Persiapan Matang Sebelum Ujian

Meskipun Geng Biru merasa kalau peluang lolos SNMPTN besar namun tetap persiapkan diri dengan mempelajari soal-soal SBMPTN. Ini adalah rencana cadangan jika terjadi sesuatu di luar ekpektasi kita.

 

Berprestasi di Rumah bareng Brain Academy Online

Tapi gimana bisa melakukan 3 tips di atas dengan maksimal jika sampai sekarang masih sekolah online? Kebanyakan siswa mengeluhkan tidak bisa mengikuti PJJ dengan baik karena berbagai macam alasan. Yang paling utama sih kesulitan memahami materi yang diberikan secara online, belum lagi kalau ada tugas atau PR yang sulit, bingung mau tanya ke siapa. Tanya ke orang tua juga belum tentu bisa karena pelajaran anak zaman now berbeda dengan zaman orang tua dulu.

brain academy online

Jangan kuatir Gengs Biru karena ada Brain Academy Online dari Ruang Guru yang siap mendampingi para siswa belajar di masa pandemi. Brain Academy Online adalah tempat bimbingan belajar online interaktif dengan Star Master Teacher dan Klinik PR Eksklusif untuk mengerjakan tugas dari sekolah.

Brain Academy Online memiliki beberapa keunggulan yang akan membantu kalian tetap berprestasi di tengah pandemi. Apalagi buat Gengs Biru yang ingin masuk ke perguruan tinggi negeri favorit, ada paket berlangganan yang cocok yaitu SMA 12 + UTBK.

Keunggulan Brain Academy Online

 

brain academy online

Bimbel dengan Kelas online interaktif

Di Brain Academy Online, kalian akan mendapatkan Bimbel online dengan metode live teaching interaktif yang terjadwal bersama Star Master Teacher secara langsung via aplikasi dan desktop. Star Master Teacher-nya bukan kaleng-kaleng lho, mereka memiliki background pendidikan yang bagus  dan jam terbang mengajar yang tinggi.

Klinik PR

Nggak usah bingung kalo dapat PR yang susaah karena ada sesi Klinik PR untuk selesaikan tugas sekolah bersama Master Teacher secara eksklusif dalam grup kecil melalui video call.

Konseling Pendidikan

Konseling privat video online dengan guru wali dan disediakan juga laporan perkembangan anak untuk orangtua. Jadi orang tua tetap bisa memantau dan mengetahui sampai sejauh mana anak-anaknya belajar.

Modul Belajar

Kalian akan mendapatkan modul lengkap untuk belajar 1 tahun yang dicetak dan dikirim ke rumah, jadi kalian bisa mempelajarinya secara offline.

Kelas Pengembangan Diri

Nah ini yang penting buat yang duduk di kelas 12, ada kelas tambahan seperti tips masuk PTN favorit, prospek karir, public speaking dan kreativitas. Semua ini akan membantu kalian dalam menentukan program studi apa yang akan kalian ambil saat kuliah nanti.

Komunitas Diskusi Soal

Kalian juga bisa share berbagai latihan soal yang sulit dalam grup dan ka nada tutor serta teman dari seluruh Indonesia yang siap menjawab.

Klub Hobi

Bimbingan online bukan berarti kalian jadi makhluk asocial ya. Di Brain Academy ada 50 Klub Hobi yang diikuti oleh para siswa dari seluruh Indonesia. Ada English Club, Japan Zone, Klub Sastra, Klub Musik, Klub Film dan lain-lain.

Tryout Ujian

Try Out Ujian dengan tipe soal terbaru untuk mempersiapkan siswa menghadapi ujian, baik itu ujian di sekolah maupun UTBK.

Brain Academy juga hadir secara offline di beberapa lokasi antara lain: Bali, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Sumatera Utara dan Yogyakarta.  Untuk di Jawa Timur, Brain Academy hadir di kota Surabaya (Jemursari dan Tambaksari) dan Malang. Fasilitas di Brain Academy offline sangat lengkap, modern dan didukung dengan teknologi terkini. Gadget dan high-speed WiFi tersedia di kelas untuk mendukung pembelajaran digital.

 

brain academy online

Untuk harga tiap paket di Brain Academy baik online maupun offline cukup worth it dengan semua fitur dan layanan diberikan. Bahkan sekarang sedang ada diskon lho sebesar 50% untuk semua paket mulai dari Regular, Premium dan Elite. Brain Academy diperuntukkan untuk siswa mulai kelas 3 SD sampai dengan SMA kelas 12. Apalagi kalau kalian berniat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, sudah tepat jika kamu berlangganan paket dari Brain Academy.

Oke Gengs Biru, demikianlah sharing Papa Biru tentang tips sukses mendaftar di perguruan tinggi favorit sekaligus sharing tentang Brain Academy Offline dan Online. Semoga bermanfaat ya dan jangan ragu share tulisan ini ke saudara, tetangga atau teman yang membutuhkan, terimakasih.

 

6 comments

  1. Nah ini perlu dipersiapkan sejak SMA dong kalau mau masuk PTN terbaik, hemm pastinya juga bisa dibantu brain academy yang the best banget. Semangat.

    ReplyDelete
  2. Masuk PTN emang impian banget ya...jadi dibutuhkan usaha ekstra untuk bisa lolos..Bimbingan offline dan online dari RG ini membantu banget..apalagi di masa gak bisa offline kayak sekarang

    ReplyDelete
  3. Komplit ya paketnya, bisa untuk SD hingga jenjang kuliah. Apapagi sekarang kegiatan belajar di rumah aja, belajarnya secara online apalagi modulnya lengkap dan video interaktif, bikin belajarnya nggak bosen

    ReplyDelete
  4. Ada upgrade dari ruang guru yaah, gak cuma online aja ternyata ada kursus offline juga. Ini malah brain academy kombinasi online dan offline, waah makin gampang nih belajar buat persiapan masuk kuliah

    ReplyDelete
  5. Perkara jumlah universitas. Malang balapan dengan Bandung ya?
    Yang dibutuhkan bimbingan online yang bagus seperti Brain Academy agar bisa lolos masuk

    ReplyDelete
  6. bagus buat para keponakanku nih. yg satu kemarin barusan tamat sma, gak lulus di ptn favoritnya. tapi ada hikmahnya, dia gak usah kuliah jauh2

    ReplyDelete