Ini 5 Manfaat dan Keuntungan Payment Gateway untuk Bisnis Anda!

payment gateaway

Sumber : freepik.com 

Keberadaan payment gateway di era sekarang ini tampaknya memberikan dampak besar untuk industri dan bisnis. Mungkin secara praktis, layanan ini hanya memudahkan proses pembayaran saja. Namun jika dilihat dari konsep besarnya, layanan ini berhasil mengakomodir kepentingan banyak pihak di dalam industri sehingga proses transaksi menjadi jauh lebih mudah. 

Untuk kalangan pebisnis sendiri, penggunaan payment gateway untuk diintegrasikan dengan bisnisnya seperti menjadi satu keharusan. Tak hanya menawarkan kemudahan bagi pelanggan yang mereka miliki saja, layanan ini juga membawa manfaat dan keuntungan bagi bisnis yang dimiliki. 

Tentunya Anda tak asing lagi dengan penggunaan layanan tersebut bukan? Maka untuk mempertegas urgensi penggunaan layanan ini di bisnis Anda, mari kita simak apa saja manfaat dan keuntungan penggunaannya di dalam proses bisnis. Check this out! 

  1. Katakan Selamat Tinggal pada Banyak Rekening 

Penggunaan payment gateway secara praktis membuat Anda tak perlu memiliki banyak rekening untuk mengakomodir semua pembayaran yang dilakukan pelanggan. Mungkin dahulu Anda perlu banyak rekening agar pelanggan bisa melakukan pembayaran tanpa biaya tambahan, namun sekarang hal ini tak diperlukan lagi. 

Dengan layanan payment gateway, semua jenis pembayaran bisa diarahkan pada satu rekening tunggal yang Anda miliki. Hal ini tanpa membebankan banyak biaya tambahan pada pelanggan. Jadi untuk bisnis yang Anda kelola, hal ini akan memberikan banyak kemudahan untuk pelanggan. 

Pelanggan akan merasa nyaman dalam melakukan pembayaran, sehingga kepuasannya akan lebih tinggi. Meski hal kecil, namun ketika pelanggan merasa diakomodir maka mereka akan merasa nyaman dan puas atas layanan bisnis, terutama di bidang pembayaran. 

  1. Memperluas Jangkauan Pemasaran 

payment gateaway

Sumber : freepik.com 

Karena penggunaan layanan ini memang menawarkan cakupan atau jangkauan yang luas, maka urusan batas geografis tak lagi jadi isu. Semua orang bisa membeli produk dengan cara pembayaran yang sama, praktis dan aman melalui layanan pembayaran tersebut. 

Selain itu karena dijalankan oleh sistem, maka urusan pembayaran akan diproses seketika dieksekusi oleh pelanggan Anda. Jadi tak ada hambatan teknis untuk jam operasional layanan pembayaran. Ini akan memudahkan pelanggan yang berada di zona waktu berbeda. 

Perluasan dan keleluasaan transaksi ini bisa jadi keuntungan besar, karena Anda berkesempatan mencakup pasar yang lebih luas lagi. 

  1. Tidak Ada Batasan Transaksi 

Karena dijalankan oleh sistem yang sudah terintegrasi dengan berbagai pihak terkait, maka semua jenis pembayaran bisa diakomodir dengan baik. Tentu saja, batasan transaksi bisadihapuskan’ dan Anda bisa menerima transaksi sebanyak yang Anda mau. 

Gangguan sistem bisa dipastikan resikonya sangat kecil karena terdapat pihak yang khusus mengelola bidang ini. Pihak tersebut secara langsung memegang tanggung jawab penuh atas operasional dan pengelolaan transaksi, dan mereka beroperasi 24 jam dalam sehari. 

Batasan transaksi dan kapasitas pengelolaan ini akan sangat terbatas ketika Anda masih menggunakan sistem konvensional. Dan tentu saja, ini tak akan bersahabat dengan perkembangan bisnis yang masif. 

  1. Kemudahan Catatan Transaksi dengan Payment Gateway 

Sumber : freepik.com 

Salah satu manfaat dan keuntungan besar menggunakan layanan payment gateway adalah adanya catatan transaksi yang sangat detail. Setiap transaksi akan tercatat pada riwayat perusahaan dengan lengkap, sehingga akan memudahkan proses pembukuan yang Anda lakukan. 

Tentu saja secara administrasi ini adalah keuntungan besar. Anda tak lagi perlu secara manual melihat catatan transaksi masuk, cukup membuka riwayat yang ada saja. Data akan tersaji secara lengkap dan mudah untuk dipindahkan ke buku besar. 

Bahkan pada beberapa layanan juga akan disajikan statistik transaksi dari waktu ke waktu, sehingga pengamatan pada dinamika performa bisnis bisa dilakukan dengan jauh lebih baik. 

  1. Proteksi Data untuk Menjamin Keamanan Transaksi 

Awal kemunculan layanan seperti ini, banyak yang meragukan sisi keamanan data yang diberikan. Tak heran rasanya, karena data yang diberikan terkait pembayaran merupakan data yang sifatnya confidential dan sangat bernilai. 

Namun berkat sistem yang tertata rapi, proteksi data pelanggan yang sudah diberikan untuk pembayaran benar-benar bisa dilakukan dengan baik. Sistem verifikasi yang berlapis memungkinkan data yang dimiliki pelanggan aman, sehingga tidak ada kebocoran data yang terjadi. 

Tentu saja hal ini juga jadi keuntungan dan manfaat payment gateway untuk Anda, pebisnis, sebab pelanggan akan memiliki tingkat kepercayaan lebih tinggi. Dengan begini, Anda mendapat keuntungan pelanggan loyal, dan pelanggan bisa mendapatkan perlindungan penuh atas data yang dimilikinya.

Payment gateway  memang jadi salah satu revolusi dalam dunia transaksi. Tak hanya berfokus pada kepuasan pelanggan saja, namun juga pada kemudahan pengelolaan transaksi yang terjadi pada bisnis Anda. Ini mengapa hampir semua bisnis kini menggunakan layanan ini di satu dan banyak  segmen bisnisnya. 

Tentu saja jika Anda mencari layanan payment gateway terbaik, Anda bisa menggunakan layanan dari Jokul by DOKU. Sudah terbukti dan memiliki sistem yang kuat, Jokul bisa mengakomodir banyak jenis pembayaran dari pelanggan Anda. Di waktu yang sama, Jokul juga melindungi data pribadi pelanggan, memberikan catatan penjualan secara rinci, serta memiliki biaya operasional yang terjangkau. Jadi gunakan Jokul sekarang juga, dan nikmati layanannya! 


1 comment

  1. Wah semakin lebih canggih dan semakn mudah menggunakan apapun, mantep banget ini apalagi manfaat dan keuntungannya lumayan.

    ReplyDelete