5 Penyebab Aki Mobil Cepat Tekor

 

penyebab aki mobil cepat tekor

Hallo Gengs Biru, kali ini Papa Ihwan mau sharing neh tentang dunia otomotif.  Ya walaupun saya belum expert tentang mobil dan baru 2 tahun memiliki mobil tapi nggak ada salahnya kalau saya sharing sedikit pengalaman, siapa tahu bermanfaat bagi pembaca.

Sharing kali ini saya mau bahas tentang aki mobil. Aki merupakan salah satu komponen yang penting pada mobil, karena aki ini berfungsi sebagai sumber listrik yang berpengaruh terhadap mesin, lampu, AC, hingga perangkat audio pada kendaraan.

Meski umumnya aki mempunyai masa pakai hingga 2 tahun, tidak jarang aki sudah aus sebelum itu. Kenali penyebab aki mobil cepat tekor berikut untuk memperpanjang usia pakainya.

1. Alternator Lemah

Dinamo ampere atau alternator adalah salah satu komponen pada mobil yang fungsinya yaitu sebagai generator. Alternator ini menghasilkan arus listrik AC (alternating current), kemudian mengubahnya menjadi DC (direct current). Jadi peranti ini berperan sebagai pembangkit listrik yang nantinya akan diisikan pada aki.

Sehingga apabila alternator lemah atau telah mengalami aus, maka akan membuat arus listrik yang dihasilkan dan diisikan ke aski menjadi tidak stabil.

Alhasil aki menerima dampaknya dan lebih cepat tekor. Alternator yang masih bagus sendiri normalnya mempunyai tegangang antara 13 sampai 14 volt ketika mesin kendaraan diaktifkan.

2. V-Belt Mengalami Masalah

Penyebab aki mobil cepat tekor berikutnya yaitu karena v-belt mengalami masalah. Karena meskipun alternator bekerja dengan normal, tidak jarang arus listrik yang dihasilkan menjadi tidak stabil lantaran v-belt kendur.

Tidak hanya ketika v-belt kendor, v-belt yang terlalu kencang pun bisa berdampak tidak baik. Sebab dengan tingkat ketegangan v-belt yang tinggi, maka putaran roda alternator juga akan berbanding lurus alias semakin kencang.

Hal ini membuat arus listrik yang dihasilkan dan diisikan ke aki jadi jauh di atas rata rata. Selain alternator menjadi cepat rusak, aki pun akan lebih cepat tekor apabila diisikan arus listrik yang lebih besar dari normalnya.


penyebab aki mobil cepat tekor

3. Air Aki Habis

Saat mobil digunakan, adalah hal yang lumrah jika air aki menguap dan berkurang jumlahnya. Dimana fungsi dari air aki sendiri adalah sebagai penghantar arus listrik ke sel sel aki dari pasokan alternator.

Sehingga, jika air aki habis maka pengisian arus listrik pun tidak dapat dilakukan dengan maksimal. Terlebih sel sel aki yang tidak terendam air juga akan menjadi lebih cepat rusak karena mengalami oksidasi, lantaran kandungan asam di sekitarnya tercampur dengan udara.

Ini menjadi salah satu penyebab aki mobil cepat tekor. Maka dari itu, pastikan Anda selalu mengecek air aki dan tidak telat mengisinya.

4. Mobil Jarang Digunakan

Gengs Biru jarang keluar rumah sehingga mobil tidak pernah digunakan ? Waspada aki menjadi lebih soak apabila Anda membiarkan kendaraan begitu saja. Bahkan hal ini menjadi penyebab utama yang kerap kali terjadi.

Penting untuk diketahui, bahwa kendaraan yang lama tidak digunakan membuat mesin menjadi dingin dan tidak memanas. Otomatis, aki pun tidak bisa memperoleh suplai listrik yang cukup dan membuat kapasitas kinerjanya menjadi kurang maksimal.

Apabila terus dibiarkan, aki akan menjadi tekor sehingga mobil sulit untuk dihidupkan. Oleh karena itu, pastikan Anda memanaskan mesin secara rutin meskipun mobil tidak digunakan untuk bepergian.

5. Aksesoris Mobil yang Berlebihan

Penyebab aki mobil cepat tekor berikutnya yaitu karena aksesoris mobil yang berlebihan. Meski dinilai dapat mempercantik mobil, sebaiknya  Anda memperhatikan kapasitas dari aki mobil yang digunakan.

Misalnya seperti sistem audio, yang menyita tenaga aki cukup besar. Boleh saja untuk menambah sistem audio, namun pastikan kekuatan aki yang ada pada kendaraan.

Itulah Gengs Biru, beberapa penyebab aki mobil menjadi lebih cepat tekor meski sebenarnya belum mencapai umur maksimalnya. Apabila ingin aki mempunyai masa pakai yang lebih lama, maka pastikan Anda melakukan perawatan dan pengecekan secara berkala.

Sebenarnya tidak hanya aki, hal ini juga berlaku untuk semua komponen mobil agar performa kendaraan terjaga dengan optimal. Selain itu, lengkapi mobil Gengs Biru dengan asuransi mobil dari Garda Oto agar berkendara menjadi lebih aman dan nyaman.  


2 comments

  1. Kurang tahu soal AKI mobil, serahin semuanya ke suami saja. Tapi, kalau ditilik ini memang jadi penyebabnya. Sekali diperbaiki bisa habis banyak, nguras dompet. :)

    ReplyDelete
  2. wah sangat bermanfaat, terima kasih infonya :D

    ReplyDelete

Popular Posts