Memaksimalkan Tumbuh Kembang Anak dengan Aplikasi PrimaKu

 

aplikasi PrimaKu

Assalamualaikum Gengs Biru, sebagai  seorang ibu hal utama yang menjadi perhatian kita adalah tumbuh kembang buah hati tercinta. Sama seperti ibu pada umumnya, saat Aiman dan Aira-dua anak saya- masih bayi saya rajin membawa mereka ke posyandu setiap bulan untuk mengetahui sejauh mana pertumbuhan dan perkembangan mereka.

Kalau dari segi pertumbuhan kita bisa mengetahui dari tinggi badan, berat badan, lingkar kepala, dan ukuran lainnya yang sesuai usia dengan standarisasi alat ukur tertentu. Sedangkan perkembangan adalah pertambahan kemampuan struktur dan fungsi tubuh yang lebih kompleks, misalnya anak sudah bisa berjalan atau berbicara.

Meskipun lahir dari rahim yang sama, faktanya Aiman dan Aira memiliki progress tumbuh kembang yang berbeda. Ya memang setiap anak memang unik dan spesial, di samping itu ada banyak faktor baik itu internal maupun eksternal yang mempengaruhi tumbuh kembang anak.

Kendala yang dulu saya alami saat memantau tumbuh kembang anak-anak saya adalah kurang mendapatkan informasi kapan jadwal posyandu sehingga tidak bisa rutin memeriksakan kondisi anak-anak. Akibatnya informasi tumbuh kembang anak-anak menjadi tidak runut, ditambah lagi buku KIA (Kesehatan Ibu dan Anak) adakalanya lupa ditaruh dimana. Terus imunisasi anak-anak pun jadi kurang lengkap disebabkan saya kurang mendapatkan informasi yang akurat tentang jenis dan jadwal imunisasi. Kalau ingat hal itu saya jadi merasa bersalah karena kurang maksimal dalam menjalankan tugas dan peran saya sebagai seorang ibu.

Mengenal Aplikasi PrimaKu






Pada tanggal 16 Desember 2021 yang lalu,  saya dapat kesempatan mengikuti webinar bertajuk "Monitor Tumbuh Kembang Anak di PrimaKu Demi Anak yang Sehat & Kuat". Jujur saja saya awalnya nggak tahu apa itu PrimaKu, ya baru kali itu dengar namanya hehehe. Jadi PrimaKu adalah  sebuah aplikasi tumbuh kembang anak yang didukung penuh oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), demi menciptakan anak sehat di Indonesia.

Tahu nggak sih, kalau aplikasi PrimaKu ini sudah dikeluarkan oleh IDAI sejak 23  Juli 2018 yang bertepatan dengan Hari Anak Nasional. Saya jadi nyesel deh kenapa dulu sampai nggak tahu, padahal di tahun 2018 anak kedua saya, Aira umurnya 2 tahun. Coba kalau saya dulu tahu aplikasi PrimaKu mungkin saya bisa lebih maksimal memantau tumbuh kembang Aira.

Karena saya nggak mau ibu-ibu muda di luar sana melakukan kesalahan yang sama, maka saya share apa saja sih yang saya dapatkan dari webinar ini dan A to Z tentang aplikasi PrimaKu.

Kehadiran aplikasi PrimaKu sangat membantu serta mempermudah orang tua di Indonesia dalam memonitor tumbuh kembang anaknya sejak lahir secara berkala dan berkelanjutan. FYI, sampai sekarang, PT Cipta Medika Informasi (PrimaKu) terus mengoptimalkan fitur-fitur unggulannya, yang hadir di dalam aplikasi teknologi monitoring kesehatan anak terdepan serta terlengkap di Indonesia.

Memantau Tumbuh Kembang Anak dengan aplikasi PrimaKu


dr. Miza Dito


Webinar "Monitor Tumbuh Kembang Anak di PrimaKu Demi Anak yang Sehat & Kuat” menghadirkan narasumber yang sangat berkompeten dalam tumbuh kembang anak yaitu dr. Miza Dito Afrizal, Sp.A, BmedSci, M.Kes.

dr. Miza menjelaskan pentingnya kemudahan layanan dalam memantau sekaligus memperoleh informasi yang komprehensif demi menjaga tumbuh kembang anak sejak lahir bagi orang tua, terlebih di masa pandemi Covid-19 ini. Seperti kita ketahui selama pandemi hampir semua kegiatan offline dihentikan, termasuk salah satunya kegiatan posyandu. Padahal dalam periode ini, orang tua memerlukan perhatian yang ekstra agar kesehatan pertumbuhan anak tetap terjaga. Dengan terpenuhinya kedua aspek tersebut, mereka akan lebih aktif dalam memonitor dan menjaga pertumbuhan buah hati sehingga terhindar dari masalah kesehatan. 

Menurut dr. Miza, kehadiran aplikasi PrimaKu telah memudahkan para orang tua dalam memantau tumbuh kembang anak. Dengan selalu memperhatikan rekam medis, melaksanakan imunisasi secara berkala, dan melakukan konsultasi apabila dibutuhkan, dr. Miza yakin anak-anak akan terhindar dari masalah kesehatan. Ketiga hal tersebut tentunya juga harus didukung asupan bergizi, seperti ASI eksklusif pada 6 bulan awal dan bisa dilanjutkan hingga anak berusia 2 tahun, serta memberikan Makanan Pendamping ASI (MPASI) dengan komposisi nutrisi yang seimbang, dan aktivitas fisik yang sesuai dengan usianya.

Fitur-Fitur di Aplikasi PrimaKu




Aplikasi PrimaKu diciptakan untuk memudahkan para orang tua dalam memantau tumbuh kembang anak, itulah sebabnya dia dilengkapi dengan fitur-fitur unggulan antara lain:

  • Konsultasi: dengan fitur ini kita bisa konsultasi langsung secara online dengan banyak dokter anak yang siap melayani kita. Ini tentu sangat membantu kita di saat pandemi tetap bisa konsultasi jika anak sakit.
  • Imunisasi: fitur ini membantu kita mengetahui jadwal imunisasi anak sekaligus mencatat tanggalnya agar tidak lupa. Sebagai sesama orang tua terutama ibu, pasti kita tahu ada banyak hal yang harus kita lakukan dan ingat setiap hari. Dengan adanya fitur reminder ini tugas kita jadi lebih dimudahkan.
  • Rekam medis: fitur ini menampilkan rekam medis anak dengan demikian akan memudahkan penanganan oleh dokter jika dia sakit.
  • Komunitas: pengalaman adalah guru paling berharga termasuk pengalaman orang lain. Nah di fitur ini kita bisa sharing dan membaca pengalaman para Mom lainnya dalam mengasuh anak dan memantau tumbuh kembang mereka.
  • Pertumbuhan. Fitur ini layaknya Buku KIA karena di fitur ini kita bisa melihat grafik pertumbuhan anak dengan detail. Mulai dari perkembangan berat badan si kecil, tinggi maupun lingkar kepalanya.


Oke Gengs Biru, itulah sharing saya tentang aplikasi PrimaKu. Aplikasi ini sangat penting dimiliki oleh para ibu muda atau yang masih memiliki balita agar bisa lebih maksimal dalam memantau pertumbuhan dan perkembangan anak.

2 comments

  1. Hemm mantep ini aplikasi primaku membantu mengawasi tumbuh kembang anak, memudahkan Bunda yang gak ngerti tumbuh kembang yang kadang terjadi.

    ReplyDelete
  2. aplikasi ini emang bagus, sangat membantu para ortu di rumah supaya tetap bisa memantau tumbang anak hanya dengan aplikasi hp

    ReplyDelete

Popular Posts