5 Tips Parenting Agar Anak Tidak Cengeng yang Mudah

 

tips parenting agar anak tidak cengeng

tips parenting agar anak tidak cengeng

Setiap anak mempunyai karakter yang berbeda satu dengan lainnya. Ada anak yang tumbuh dewasa dan mandiri. Namun, bukan berarti semua anak satu karakter dan tidak ada yang manja juga cengeng. Pastinya, ada juga anak yang manja karena parenting semua orang berbeda. Anda dapat mencegah hal ini memakai tips parenting agar anak tidak cengeng yang tepat.

Semua orang tentu ingin mempunyai anak yang mandiri sehingga dapat hidup di masyarakat nanti. Mandiri menjadi salah satu kriteria yang dibutuhkan untuk bertahan dalam lingkungan masyarakat.

Pastinya, anak Anda tidak boleh cengeng karena akan dianggap remeh oleh orang lain. Apalagi dalam dunia kerja nantinya.  Yuk, simak artikel ini untuk kepentingan parenting.

5 Tips Parenting Agar Anak Tidak Cengeng

Mendidik anak agar dapat melakukan banyak hal sendiri harus dilakukan sejak kecil. Dengan menggunakan langkah seperti ini, Anda dapat memberikan hal terbaik untuk anak. Ada berbagai macam tips yang dapat Anda gunakan.

Tentunya, tidak harus menggunakan cara kasar yang akan membuat anak takut dengan Anda. Gunakan saja langkah berikut ini dalam mendidik anak.

1.    Bicara

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah menjaga komunikasi baik dengan anak. Cobalah untuk mengajak anak membantu berbagai macam kegiatan Anda. Anda juga dapat mendiskusikan banyak hal kepada anak.

Kadang kala, mereka juga mengerti apa yang Anda rasakan. Ingat untuk selalu melibatkan anak dalam komunikasi atau kegiatan dan jangan perlakukan seperti anak kecil.

2.    Beri peluang

Anda juga dapat menggunakan langkah lainnya dengan memberikan peluang kepada anak untuk mencoba. Buat daftar kegiatan yang dapat dilakukan sendiri oleh anak dan percayakan hal ini sepenuhnya.

Misalnya, Anda dapat mempercayakan sikat gigi sendiri kepada anak. Bisa juga mencoba makan sendiri, berantakan juga tidak masalah selama mencoba.

3.    Luangkan waktu

Dalam tips parenting anak agar tidak cengeng, Anda harus mengawasi berbagai kegiatan yang dilakukan. Cobalah untuk bangun lebih pagi dan meluangkan waktu untuk kegiatan anak.

Misalnya, anak akan memakai seragam sendiri selama 10 menit. Maka, sediakan waktu 10 menit untuk mengawasi anak. Jangan membuat anak merasa sibuk, berikan waktu untuk mereka.




4.    Negosiasi juga kompromi

Langkah lainnya yang dapat Anda lakukan adalah membiarkan anak mencari jalan keluar dari masalahnya. Anda dapat ikut berkompromi dengan cara yang diusulkan oleh anak.

Misalnya, ketika ada mainan yang rusak, tidak perlu marah. Anda dapat mendengarkan usul yang anak berikan seperti memperbaiki dan lain sebagainya. Biarkan mereka mencari solusi atas kesalahan sendiri.

5.    Tidak harus sempurna

Anda harus menanamkan mindset dimana anak tidak harus sempurna atau mengikuti semua keinginan Anda. Maksudnya, tugas yang anak lakukan tidak harus persis seperti keinginan.

Anda pastinya ingin anak makan dengan rapi sehingga tidak perlu merapikan lagi. Namun, hal ini sulit untuk anak kecil. Terima saja dan jangan kritik dengan kasar, ajarkan cara betulnya.

Beberapa tips parenting agar anak tidak cengeng ini cenderung mudah dan dapat membantu Anda. Gunakan langkah yang sederhana dan tidak membuang waktu dalam menjaga anak. Untuk mendidik anak, ingat untuk selalu sabar. Dengan begitu, anak tidak akan tumbuh besar dalam tekanan.


No comments

Popular Posts