8 Destinasi Wisata Aceh yang Tak Boleh Terlewatkan, Termasuk Menghadiri Event Tahunannya!

 

Wisata Aceh

Nanggroe Aceh Darussalam atau lebih dikenal dengan Aceh, adalah salah satu provinsi yang terletak paling ujung dari pulau Sumatera. Provinsi ini memiliki keindahan alam yang luar biasa. Mulai dari pantai sampai pegunungannya. Tak heran jika wisata Aceh banyak diminati wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Berencana mengunjungi Aceh? Ingin tahu tempat wisata Aceh mana saja yang menjadi favorit wisatawan? Yuk cek daftarnya di bawah ini.

Daftar Wisata Aceh Favorit Wisatawan

1.    Pulau Rubiah, Keindahan Bawah Laut yang Tiada Habisnya

Wisata Aceh

Sumber: Unsplash ( gambar hanya ilustrasi)

Pulau Rubiah adalah sebuah pulau tak berpenghuni di ujung kota sabang yang menawarkan keindahan dunia bawah laut yang mengagumkan dan menjadi destinasi yang wajib dikunjungi bagi pecinta snorkeling dan diving.

Hamparan laut luas yang berwarna biru dengan airnya yang jernih, dan pasirnya yang putih bersih akan memanjakan mata setiap pengunjung. Kondisi pulau yang sangat alami dan memiliki keindahan bawah laut yang mempesona membuat pulau ini dijuluki sebagai Taman Laut Rubiah.

Di pulau ini, kamu dapat menyelam dan melihat pemandangan bawah laut berupa aneka spesies terumbu karang yang indah dan ratusan ikan berwarna-warni yang cantik.

Tak hanya itu, kamu juga dapat berkeliling menikmati keindahan Pulau Rubiah mengunjungi spot-spot panorama alam yang mempesona serta melakukan kegiatan diving maupun snorkeling.

2.    Air Terjun Blang Kolam, Keunikan yang Eksotis

Wisata Aceh

Sumber : Unsplash ( gambar hanya ilustrasi)

Air Terjun Blang Kolam merupakan tempat wisata di Aceh Utara yang sangat unik dan eksotis. Keunikan air terjun ini berupa aliran airnya yang terbagi menjadi dua serta ketinggiannya mencapai 75 meter.

Letaknya memang tersembunyi di balik hutan belantara dan perbukitan, sehingga tak banyak orang mengetahuinya. Namun air terjun ini menyimpan bermacam panorama alam yang memukau nan mempesona. Selain itu, juga tersedia penjual makanan dan minuman di sekitar lokasi dan keamanan tempat ini pun juga cukup terjaga. Sehingga dijamin liburan kamu bersama teman atau keluarga akan lebih nyaman dan menyenangkan.

Di sini kamu dapat bermain air, mandi, dan juga berenang sambil menikmati segarnya air sumber yang alami. Wisatawan juga diizinkan berkemah di sekitar air terjun, namun harus membawa tenda sendiri karena belum ada persewaan tenda.

3.    Bermain Air di Kuala Paret

Wisata Aceh

Sumber : Unsplash (gambar hanya ilustrasi)

Tempat wisata di Aceh berikutnya yang begitu terkenal yaitu Kuala Paret, terletak di Desa Kaloy, Aceh Tamiang. Tempat wisata ini dapat dikunjungi dengan waktu tempuh sekitar 3 jam dari Kota Kuala Simpang.

Setelah tiba di ujung perkebunan, kamu masih harus berjalan kaki kira-kira 300 meter untuk sampai di lokasi tujuan.Saat tiba di lokasi, kamu akan disambut gemuruh aliran air sungai yang berwarna kehijauan dan tebing berwarna kecoklatan begitu menakjubkan.

Keindahan alam Kuala Paret semakin membuat terpana karena dikelilingi oleh lereng perbukitan yang hijau dan masih terasa alami. Bagi kamu yang berencana liburan ke sini disarankan untuk membawa bekal pribadi karena belum tersedia warung di sekitar sungai.

Objek wisata air Kuala Paret yang terhimpit perbukitan memang memiliki keindahan yang eksotis. Pesona alamnya yang sangat menawan berupa cekungan sungai yang dialiri air yang deras nan jernih begitu mempesona.

Kuala Paret sangat tepat bagi kamu yang gemar berswafoto mengabadikan momen penting bernuansa alam. Jangan lupa siapkan kamera yang bagus agar kualitas hasil fotomu lebih maksimal.

4.    Menikmati Sunset di Pantai Lhoknga

Wisata Aceh

Sumber : Unsplash (gambar hanya ilustrasi)

Aceh memang terkenal dengan wisata pantainya yang indah. Salah satu destinasi wisata di Aceh yang menawarkan pesona pantai dengan keindahan alam yang sangat menakjubkan yaitu Pantai Lhoknga. Pantai yang terletak di Kabupaten Aceh Besar ini sering mengadakan festival tahunan berupa pagelaran budaya lokal dan lainnya.

Pantai Lhoknga memiliki panorama alam yang begitu mempesona. Dikelilingi bukit-bukit kecil dengan pasirnya yang berwarna putih, membuat pantai tersebut sangat nyaman dikunjungi bersama keluarga. Terutama ketika sore hari menikmati indahnya sunset sambil mencicipi jagung bakar hangat.

5.    Keindahan Pasir Putih Pantai Lampuuk

Wisata Aceh

Sumber : Unsplash

Pantai Lampuuk memiliki keindahan pasir putih yang bersih nan lembut, air laut yang berwarna biru kehijauan. Dan deretan pohon pinus yang rimbun membuat suasana semakin sejauh tak kalah indahnya dengan pantai-pantai di Bali.

Ombaknya yang cukup besar namun bersahabat membuat pantai ini tetap cocok digunakan untuk kegiatan surfing. Di pantai ini juga memiliki fasilitas yang lengkap, seperti banana boat hingga aneka jajanan seafood yang lezat dan enak.

Kamu juga bisa mengunjungi konservasi satwa penyu yang terletak di Babah Dua. Konservasi ini dapat menjadi wahana edukasi bagi anak-anak untuk melestarikan lingkungan.

Nikmati Wisata Alam Aceh dan Hadiri Event Festivalnya!

1.    Aceh Ramadhan Festival

Ramadan menjadi sangat istimewa karena kehadirannya disambut dan dirayakan oleh seluruh masyarakat Muslim di Kota Banda Aceh. Swadaya masyarakat terhadap berbagai kegiatan dan tradisi menyambut bulan Ramadan di Aceh sangat tinggi. Hal ini merupakan modal yang besar untuk mengembangkan Ramadan di Aceh sebagai salah satu destinasi wisata religi dengan ragam objek yang merupakan swadaya masyarakat.

Pelaksanaan Aceh Ramadhan Festival berfokus pada pengembangan objek wisata religi Ramadan dengan pendekatan “Community Based Tourism”. Acara ini adalah event strategis untuk mewujudkan “Aceh Destinasi Wisata Halal Unggulan”, sesuai dengan local value Aceh sebagai Serambi Mekkah yang juga merupakan Event Reguler Disbudpar Aceh, yang kehadirannya selalu ditunggu masyarakat Aceh setiap tahunnya karena juga memiliki dampak ekonomi bagi masyarakat sekitarnya.

2.    Aceh Perkusi

Perkusi adalah alat musik tradisional masyarakat Aceh yang dikenal dengan istilah Rapa-i. Kesenian perkusi di Aceh terdiri atas perkusi tradisional dan perkusi tradisional yang sudah bercampur dengan modernisasi sehingga dapat bersanding dengan berbagai perkusi dari penjuru dunia dan tentunya menjadi daya tarik wisata tersendiri.

Festival Perkusi Aceh akan diadakan pada bulan Juli dari tanggal 29-31. Event ini merupakan ajang promosi bagi UMKM, promosi wisata budaya dan seni, juga  menjadi ajang pemberdayaan bagi seniman tradisional perkusi khas Aceh.

3.    Aceh Culinary Festival

Buat kamu yang lagi penasaran dengan kuliner Aceh, event Aceh Culinary Festival 2022 bakal hadir lagi, nih! Dijadwalkan akan berlangsung pada tanggal 24-26 Juni 2022, pastinya akan banyak ragam kuliner Aceh yang menggugah selera yang bisa kamu coba di sana.

Nikmatnya Mie Aceh yang kenyal dengan bumbu rempah khas, serta segarnya rujak Aceh yang dingin dan menggugah selera bisa kamu dapatkan secara mudah dalam satu tempat ketika kamu mengunjungi Aceh Culinary Festival 2022 bersama dengan puluhan hidangan lezat khas Aceh lainnya.

Tunggu apalagi, yuk catat tanggalnya. Pastikan kamu hadir di salah satu event menarik di atas dan jangan lupa untuk mengajak teman beserta saudara dengan memperhatikan semua anjuran protokol kesehatan tentunya.

Jika kamu atau teman-temanmu membutuhkan jadwal event wisata Indonesia selengkapnya, kamu bisa mengunjungi website Indonesia Travel Event 2022. Di situ kamu akan mengetahui secara lengkap event wisata Indonesia terkini dan apa saja rangkaian kegiatan dari event tersebut. Salam traveller!

 



1 comment

  1. Aceh itu terkenal dengan sebutan serambi Islam dulu, jadi pengin ke sana lihat wisata religinya. Eh ternyata juga ada wisata alamnya yang ga kalah indah dari di Malang. Makin pengin ke sana, terima kasih sharingnya!

    ReplyDelete

Popular Posts