Cara Perawatan Mobil di Auto2000 Jember B&P

 

Cara Perawatan Mobil di Auto2000 Jember B&P


Toyota dikenal sebagai salah satu merek mobil ternama yang performa dan desainnya sudah diakui dunia. Toyota memiliki performa yang tangguh dan andal di berbagai kondisi medan/jalan namun disisi lain dia tetap tampil stylish dan elegan sehingga tidak heran jika banyak yang menjatuhkan pilihannya pada Toyota. Selain itu juga Toyota memiliki banyak tipe mobil yang disesuaikan dengan kebutuhan dan budget Anda. Sebut saja mobil Toyota yang banyak dikenal masyarakat antara lain: Innova, Avanza, Rush, Veloz, Calya, Voxy dan Alphard.

Jika Gengs Biru ingin membeli mobil Toyota baik itu yang bekas apalagi yang baru maka kami sarankan untuk membeli di dealer-dealer resmi Toyota yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. Dealer Toyota tidak hanya melayani pembelian kendaraan baru, namun tersedia juga layanan purna jual, suku cadang, aksesoris, serta Trade In dan pembelian mobil bekas (bekerjasama dengan Astra Auto Trust). Bahkan kini semua bisa dilakukan secara online dengan mengunjungi website Auto2000, sebuah e-commerce website untuk penjualan mobil, suku cadang, dan aksesoris resmi Toyota di Indonesia.

 

auto2000


Auto2000 berawal dari jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang berdiri sejak tahun 1975 dengan nama Astra Motor Sales, dan baru pada tahun 1989 berubah nama menjadi Auto2000 dengan manajemen yang sudah ditangani sepenuhnya oleh PT. Astra International Tbk. Menggunakan konsep “seamless end-to-end customer experience”, Auto2000 memastikan pelanggan merasakan pengalaman pelayanan di platform digital yang sama baiknya dengan yang diterima di cabang Auto2000.

Memiliki mobil impian seperti Toyota tentunya menjadi kebanggaan tersendiri bagi pemiliknya. Namun begitu kita tetap harus merawat dengan maksimal agar performanya tetap prima setiap saat dan terhindar dari kerusakan yang membutuhkan biaya besar. Untuk itulah kita perlu mengetahui apa saja yang perlu kita perhatikan dalam merawat mobil Toyota. Apalagi jika terbiasa menggunakannya untuk aktivitas setiap hari seperti antar jemput anak sekolah, ngantor, nge-mall, atau bahkan liburan atau travelling keluar kota bersama keluarga tercinta.

Berikut ini ada beberapa tips cara merawat mobil Toyota agar tetap prima saat dipakai untuk beraktivitas setiap hari yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

1. Ganti oli mesin

Ganti oli mesin merupakan menu utama dan wajib bila Anda ingin mobil Toyota kesayangan selalu dalam kondisi prima. Oli merupakan komponen vital yang menjaga komponen mesin agar dapat bekerja dengan baik. Oli bertugas melumasi, melindungi dan membersihkan komponen mesin yang saling bergesekan, seiring waktu dan karena pemakaian, kekentalan dan sifat kimia oli pasti berubah. Ia pun tidak bisa lagi bekerja optimal sebagaimana mestinya.


oli mesin toyota

Risiko paling ringan adalah tarikan mesin terasa berat dan konsumsi bensin boros. Di level paling parah bisa mengakibatkan mesin mobil Anda harus turun mesin karena komponennya rusak parah. Bengkel resmi Auto2000 menyarankan ganti oli mesin setiap 10.000 km atau 6 bulan tergantung mana yang tercapai lebih dahulu. Ikuti saran tersebut, maka mesin mobil Anda bakal bekerja dengan baik dan irit BBM.

 2. Ganti cairan kimia lain

Oli mesin bukan satu-satunya cairan yang dibutuhkan oleh mobil Anda. Banyak cairan lain yang dibutuhkan untuk menjaga kondisi mobil tetap prima. Seperti minyak rem, minyak kopling manual, air aki, oli power steering, air radiator, bahkan hingga cairan pembersih wiper yang harus Anda kontrol secara rutin. Jangan lupa pula oli transmisi, baik manual dan otomatis, yang punya masa penggantian lumayan panjang dan bisa terlupakan. Buat checklist supaya tidak terlewatkan saat inspeksi. Sambil mencuci mobil setiap akhir pekan, Anda bisa sekaligus mengecek kondisi cairan di atas. Termasuk pula takaran oli mesin yang bisa diintip via dipstick.

3. Cek kondisi ban

Perjalanan mudik dan liburan menyita jam terbang yang lumayan tinggi. Oleh sebab itu, lakukan pengecekan rutin pada ban, minimal dengan memastikan tekanan angin ban sudah sesuai rekomendasi Toyota. Periksa juga ketebalan tapak ban sekaligus membersihkannya kalau ada kerikil tersangkut. Periksa dinding ban jangan sampai ada benjolan. Lihat juga bagaimana pola keausan telapak ban. Kalau tidak rata, ada potensi masalah di kaki-kaki.


cara perawatan mobil toyota


Jangan ragu untuk mengganti ban bila dirasa sudah tidak layak pakai karena ban punya tugas berat untuk menopang dan mengendalikan laju mobil. Ingat, nyawa taruhannya jika Anda menyepelekan mengganti ban.

 4. Cek kaki-kaki mobil

Sejurus dengan memeriksa ban, Anda bisa sekaligus mengecek kondisi kaki-kaki mobil. Periksa komponen kemudi untuk memastikan tidak ada kendala. Selanjutnya periksa shock absorber atau shockbreaker. Pastikan kondisinya baik dan tidak ada masalah seperti kebocoran. Hal sama juga diterapkan pada sistem kemudi. Periksa apakah ada karet bushing yang rusak atau sambungan yang oblak. Segera ganti jika ada potensi masalah di atas. Menu penutup, lakukan spooring dan balancing secara teratur juga.

5. Periksa lampu-lampu

Nyalakan lampu utama dan lihat apakah bisa berfungsi dengan baik. Tes pula lampu jauh atau lampu dim, dan sekalian tes foglamp. Periksa pula soket dan kabel-kabel dari risiko rusak mengingat ada potensi bisa terbakar. Lampu belakang kerap terabaikan. Padahal di belakang ada lampu rem yang bertugas memberi isyarat pada kendaraan lain bahwa Anda sedang melakukan pengereman.

Cek juga lampu rem ke-3 yang berada di atap. Ada mobil yang salah satu lampu rem mobilnya mati. Baru terasa faedahnya ketika mobil Anda ditabrak mobil lain yang tidak melihat posisi Anda karena lampu rem mati.

Eh gimana, repot ya ternyata kalau melakukan itu semua sendirian?

Tenang, bengkel resmi Auto2000 sudah mempersiapkan program servis berkala secara periodik guna memastikan bahwa seluruh komponen mobil Anda dirawat sehingga selalu dalam kondisi terbaik. Program servis berkala ini bisa kita dapatkan di semua cabang Toyota di Indonesia, salah satunya di Auto2000 Jember B&P yang beralamat di Jl. Hayam Wuruk 34, Jember, 68135.


auto 2000 jember


Agar tidak repot, Anda bisa memanfaatkan aplikasi Auto2000 Mobile untuk melakukan booking service. Anda bisa mengunjungi bengkel resmi Auto2000 atau tim THS – Auto2000 Home Service yang mendatangi tempat yang Anda inginkan.


1 comment

  1. Bener banget, toyota memang brand kendaraan yang terbaik performanya bagus dan kuat jadi tahan lama. Enggak heran juga kalau soal perawatannya membutuhkan perawatan yang intens. Tentunya, oli dan lainnya membutuhkan yang berkualitas. Mantep ini auto2000, terima kasih informasinya!

    ReplyDelete

Popular Posts