Anak Sariawan Tidak Mau Makan dan Bicara

 

anak sariawan tidak mau makan dan ngomong

Sariawan bisa dialami oleh siapa saja, termasuk anak-anak. Sariawan adalah gangguan kesehatan pada mulut berupa luka kecil yang membuat kita merasa tidak nyaman. Sariawan biasanya muncul di area bibir, pipi, gusi dan lidah. Jika di bibir biasanya diawali dengan bibir terasa kering dan jika dibiarkan akan menjadi luka yang perih. Sedangkan di pipi dan gusi berupa luka kecil yang akan membesar jika semakin parah. Kalau di lidah bisa muncul di bagian ujung atau samping, bisa berupa luka atau tonjolan berbentuk bulat. Luka sariawan biasanya berwarna putih atau abu-abu dengan pinggiran merah.

Penyebab Anak Sariawan

Sariawan pada anak bisa terjadi karena beberapa faktor. Pemicu pertama adalah kurangnya asupan asam folat, vitamin B12, vitamin c dan zat besi. Kekurangan zat-zat ini dapat menyebabkan anak lebih sering mengalami sariawan. Selain karena faktor gizi yang kurang, sariawan juga bisa disebabkan oleh cidera karena bibir atau lidah tergigit saat makan dan menggosok gigi terlalu keras hingga menyebabkan luka hingga pembengkakan.


anak sariawan di lidah

Anak sariawan biasanya tidak mau makan karena kesulitan bahkan merasakan sakit saat mengunyah ataupun menelan makanan. Hal ini tentu saja bisa membuat orang tua khawatir karena anak-anak masih dalam masa pertumbuhan dimana membutuhkan asupan makanan yang sehat, bergizi dan tercukupi jumlahnya. Anak sariawan tidak mau makan juga tidak bisa dianggap sepele jika belum sembuh dalam waktu 1-2 minggu.

Anak Sariawan Tidak Mau Makan dan Bicara

Masalah anak sariawan bukan hal baru di Keluarga Biru, beberapa kali Aiman dan Aira pernah mengalaminya. Kami biasanya cukup dengan memberikan asupan buah lebih banyak dan minum obat sariawan yang berupa larutan yang manis untuk anak. Namun minggu ini Aiam dan Aira menderita sariawan yang agak parah sehingga menyebabkan mereka tidak mau makan. Yang paling parah Aiman, sariawan muncul di lidah bagian samping kanan berupa luka yang berwarna putih dengan pinggiran merah.


anak sariawan tidak makan dan bicara

Kami cukup pusing dan bingung bagaimana mengatasi hal ini. Gimana nggak? Aiman biasanya anak yang suka makan dengan lahap, bahkan kalau malam hari dia makan sampai dua kali yakni setelah maghrib dan sebelum tidur. Tapi karena sariawannya membandel dia jadi tidak mau makan meskipun perutnya terasa perih dan lapar. Berat badannya sampai turun lho gara-gara sariawan, ini terlihat dari kedua pipinya yang bulat jadi agak tirus.

Akibat sariawan ini tidak hanya membuat Aiman tidak mau makan tapi juga irit ngomong. Untungnya saja Aiman sudah bisa menulis sehingga dia bisa menuliskan apa yang akan dikatakannya di kertas. Yang susah itu Aira, dia belum bisa menulis sehingga kami harus main tebak-tebakan apa yang ingin dikatakannya.


tulisan anak SD


Obat Sariawan untuk Anak

Beberapa obat sariawan sudah saya berikan pada Aiman namun ternyata tidak kunjung sembuh. Obat sariawan yang sudah saya berikan yaitu Sirup Indra Cap Gajah dan Gom. Dua obat sariawan ini cocok untuk anak karena rasanya manis dan tidak menimbulkan rasa perih. Harganya juga murah meriah, nggak sampai 10 ribu rupiah. Kalau mau yang lebih bagus ada sih misalnya Aloclair (ada yang gel dan spray) harganya mulai 70 ribuan rupiah. Saya jadi ragu mau beli, nanti sudah beli mahal-mahal eh Aiman tetap nggak mau malah emosi nanti wakakaka.

Atas saran teman blogger yang juga seorang dokter, saya akhirnya membawa Aiman periksa ke dokter di klinik kantor. Teman baik saya itu bilang kalau kita nggak boleh menyepelekan sariawan jika sudah lebih dari 5 hari tidak kunjung sembuh, bisa jadi itu merupakan indikasi dari penyakit lain. Apalagi jika sariawan pada anak sampai menyebabkan anak tidak mau makan karena anak masih dalam masa pertumbuhan.


obat sariawan pada anak


Dokter Sabrina- dokter yang memeriksa Aiman- memberikan 1 resep obat yaitu Bufacomb Cream dan vitamin C. Agak susah juga memberikan obat ini pada Aiman karena pada dasarnya dia tipe anak yang susah minum obat sejak bayi. Setelah saya oleskan Bufacomb ke sariawan yang ada di lidahnya, dia sudah ribet mau dilepehin karena dia bilang rasanya agak aneh. Tapi saya bilang jangan dilepehin kalau ingin sembuh dan bisa makan.

Oh iya, selain obat oles, Dokter Sabrina juga menganjurkan agar Aiman berkumur dengan obat kumur khusus sariawan dan membersihkan lidahnya karena bagian tengahnya berwarna putih karena jamur.

Tips Mengatasi Anak Sariawan Tidak Mau Makan

Mengatasi anak sariawan tidak mau makan itu susah-susah gampang. Yang pasti kita harus sabar dan pintar merayunya agar mau makan. Kalau saya sih prinsipnya anak mau makan sedikit saja itu sudah bagus bahkan meskipun hanya minum. Yang penting ada asupan gizi yang masuk ke tubuhnya.

1.       Makan makanan yang lembut

Agar luka sariawan tidak semakin perih dan parah maka berikan makanan dengan tekstur yang lembut. Misalnya bubur, yogurt, puding, kentang tumbuk atau perkedel. Kalau pada Aiman, saya berikan makanan kesukaan dia seperti mie atau spagheti, karena masih sariawan saya masak lebih lama agar teksturnya lebih lembut.

2.       Makanan yang dilembutkan dengan cairan

Makanan untuk anak sariawan berikutnya adalah makanan yang dilembutkan dengan cairan misalnya kuah atau susu. Pemberian cairan ini agar makanan lebih mudah dicerna dan lembut sehingga memudahkan saat mengunyah. Contoh makanannya adalah nasi dengan kuah sup/soto/rawaon/bakso. Bisa juga sereal yang dikasih susu dan puding. Alhamdulillah tips ini manjur buat Aiman, dia makannya lahap saat makan nasi soto.

3.       Makanan dingin

Makan makanan dingin akan memberikan sensasi yang bisa membantu anak meredakan atau mengalihkan dari rasa nyeri saat sariawan. Makanan dingin yang bisa diberikan misalnya yogurt dingin, semangka dingin dan es krim. Aiman dan Aira suka dengan tips ketiga ini apalagi makan es krim.


tips mengatasi anak sariawan tidak mau makan dan bicara

4.       Buah dengan kandungan air yang banyak

Saat anak sariawan tingkatkan konsumsi buah terutama yang buah dengan kandungan air yang banyak. Ini agar mudah dikonsumsi oleh anak saat menderita sariawan. Salah satu buah dengan kandungan air yang banyak dan kaya akan nutrisi adalah semangka. Semangka juga mengandung vitamin C yang bisa membantu proses penyembuhan sariawan pada anak.

5.       Tambahkan Minyak Zaitun

Tips terakhir untuk mengatasi anak sariawan tidak mau makan adalah dengan menambahkan minyak zaitun ke dalam masakan agar licin dan mudah dicerna sehingga mudah saat mengunyahnya. Misalnya Anda bisa menambahkan minyak zaitun saat menanak nasi.


Oke Gengs Biru, demikianlah sharing kami tentang pengalaman mengatasi anak sariawan tidak mau makan atau penurunan nafsu makan. Alhamdulillah luka sariawan yang diderita Aiman langsung mengalami progress penyembuhan setelah satu hari saya mengoleskan Bufacomb Cream pada lidahnya yang sariawan. Lalu Aiman juga berkumur dengan obat kumur Betadine dan saya sikat lidahnya agar jamurnya hilang.  Jika sariawan tidak kunjung sembuh, maka sebaiknya bawa buah hati tercinta ke dokter agar mendapatkan pengobatan yang lebih tepat dan cepat. Salam sehat yaa.

 



1 comment

  1. Pernah ngerasain sariawan
    Masyaallah banget rasanya
    Kenikmatan makan diambil :(
    Aku juga pernah pakai Gomb itu saat sariawan mas
    Aku baru tahu juga kalau sariawan itu g bisa diremehkan
    Terima kasih utk sharing nya, mas
    Smoga Aiman membaik dr sariawannya ya,

    ReplyDelete

Popular Posts