Inilah Perbedaan Mengasuh Anak Cowok dan Cewek yang Harus Orang Tua Tau!

 

perbedaan mengasuh anak cowok dan cewek

Hallo Gengs Biru, memiliki anak cowok dan cewek itu membutuhkan ilmu dan cara pengasuhan yang berbeda pastinya. Para ahli parenting menjelaskan bahwa pertumbuhan setiap jenis kelamin anak yang berbeda memiliki perilaku yang berbeda. Maka dalam mengasuh dan merawatnya tidaklah sama. Lantas Apa perbedaan mengasuh anak cowok dan cewek? Di sharing kali ini Gengs Biru bisa menemukan jawabannya.

 

Inilah Perbedaan Mengasuh Anak Cowok dan Cewek

Sebagai orang tua tentunya harus bisa membedakan Bagaimana cara mengasuh anak cowok dan cewek sebab tentu keduanya memiliki perbedaan yang sangat signifikan, maka dari itu berikut ini perbedaan yang harus yang Anda ketahui:

1.      Perilaku dan Sikap yang Beda

Perbedaan yang pertama dari mengasuh anak cowok dan cewek ialah dari segi perilaku dan sikapnya. Hal ini pun dijelaskan dalam lansiran Bold Sky ahli menjelaskan bahwa teknik diterapkan dalam mengasuh anak cewek dan cowok adalah berbeda, tidak akan berhasil jika teknik mengasuh anak perempuan diterapkan pada anak laki-laki.

Hal ini karena sifat, perilaku dan karakter keduanya memang berbeda.

Namun dibalik itu Anda pun tidak boleh memaksa anak perempuan untuk tetap menurut dan melarangnya bermain di luar rumah begitupun dengan Anda tidak boleh melarang anak laki-laki agar tidak menangis atau mengekspresikan emosi nya ataupun Anda melarang pada anak laki-laki untuk tidak menggunakan pakaian terang.

Apakah dengan demikian Anda selaku orang tua harus bisa bersikap lebih fleksibel. Harus Anda ingat bahwa anak laki-laki dan perempuan memiliki cara reaksi yang berbeda.

2.      Kegiatan Fisik yang Berbeda

Selanjutnya hayang membedakan cara mengasuh anak laki-laki dan perempuan adalah kegiatan fisik.

Anak perempuan biasanya lebih menyukai dengan kegiatan yang membutuhkan ketekunan tetapi harus Anda ingat bahwa serta sedikit pula anak perempuan yang menyukai aktivitas fisik.

Begitupun dengan aktivitas yang disukai oleh anak laki-laki di mana ya lebih suka berolahraga dengan menguji ketangkasan nya sementara perempuan lebih menyukai aktivitas permainan olahraga yang aman.

Namun jika anak laki-laki atau perempuan Anda berbanding terbalik dari penjelasan diatas misalnya anak perempuan yang  menyukai olahraga ketangkasan atau lelaki yang tidak suka dengan olahraga maka jangan khawatir hal ini tidak bermasalah.

Dibanding mengkhawatirkan hal tersebut sebagai orang tua harus mengamati dan mengasah hal yang betul-betul anak minati

3.      Kegemaran dan Minat yang Beda

Perbedaan selanjutnya yang ditemukan dari cara mengatur anak laki-laki dan perempuan iyalah kegemaran dan minatnya.

Anak laki-laki dan perempuan memiliki kegemaran nya yang berbeda. Ada yang menyatakan bahwa kegemaran mereka adalah salah satu tantangan yang paling utama untuk orang tuanya.

Dengan ini Anda sebagai orang tua yang baik cukup memenuhi kebutuhan si anak yang sesuai dengan kegemarannya.

Lion dari kegemaran si anak pun pasti memiliki daya tarik tersendiri.

Seperti yang telah disinggung di atas, menurutkan dari lansiran Bold Sky, ahli menjelaskan pendapatnya bahwa biasanya anak laki-laki lebih tertarik dengan kegiatannya bersifat fisik sedangkan perempuan menyukai hal-hal yang akan ketekunan.

4.      Hubungan Kedekatan

Berakhir yang membedakan cara mengasuh anak laki-laki dan perempuan iyalah hubungan kedekatan si anak.

Biasanya anak-anak yang belum beranjak remaja, anak laki-laki akan lebih dekat dengan ibu, sebaliknya anak perempuan lebih dekat dengan si ayah.

Meski demikian Anda harus tahu bahwa kebiasaan hubungan tersebut dapat berubah seiring dengan umur si anak.

Nah tugas orang tua hanya perlu siap dan menerima dengan perubahan hubungan kedekatan ini.

Itulah keempat perbedaan dari mengasuh anak cowok dan cewek yang harus Anda pahami.

Maka dapat disimpulkan bahwa ada dua perbedaan mengasuh anak cowok  dan cewek  yang paling utama. Perbedaan yang menonjol pada cara mengasuh anak cowok dan cewek ialah dari segi keamanan fisik dan penanaman sikap disiplin. Lebih jelasnya simak di sini:


Keamanan Fisik

Umumnya anak laki-laki cenderung lebih agresif dibandingkan anak perempuan. Dengan demikian orang tua perlu  mengawasinya agar tidak mudah terluka sebab tingkah aktifnya.

Meski demikian, Anda tidak boleh salah tindakan dalam merawatnya hingga mengharuskannya untuk mengebiri kebebasan mereka. Namun Anda cukup membiarkan anak-anak untuk tetap aktif dan membangun karakternya ketahanan fisiknya kepercayaan dirinya dan kemandirian.

Sementara anak perempuan yang terbilang kurang aktif dibandingkan anak laki-laki Anda sebagai orang tua bisa mendorongnya untuk lebih aktif agar bisa membangun karakter menjadi lebih mandiri. 


Sikap Disiplin

Bukan hal lazim,  jika si anak laki-laki lebih sulit untuk diatur dibandingkan anak perempuan.

Contohnya saja ketika anak laki-laki yang tidak ingin mendengarkan dan mematuhi perintah atau nasihat orang tua. Hal itu pun  hal yang lumrah di pAndangan sains. 

Ahli menjelaskan bahwa pendengaran anak laki-laki tidak sebaik anak perempuan yang lebih sensitif.

Anak perempuan memiliki pendengaran yang lebih sensitif dan pusat-pusat verbal lebih cepat berkembang.

Nah demikianlah dua poin penting yang harus diperhatikan dalam mengasuh si kecil.

Ini Cara Mengajarkan Anak Laki-laki dan Perempuan yang Benar


perbedaan mengasuh anak cowok dan cewek


Agar Anda bisa mendidik anak Anda dengan sebaik mungkin maka beberapa cara di bawah ini bisa Anda terapkan.

1.      Menjaga Aurat

Hal yang sangat penting untuk diajarkan kepada si anak ialah mengajarkan perbedaan aurat laki-laki dan perempuan. Tanamkan pada si anak mengenai auratnya yang harus ditutup dan bagian mana yang diperbolehkan untuk dilihat orang lain.

Apalagi saat ini sudah banyak maraknya kekerasan sesuai pada anak. Ajarkan pada si anak mengenai Bagian tubuh mana yang tidak boleh disentuh oleh orang lain. Ingatkan untuk selalu menjaga auratnya demi keamanan dan keselamatannya sendiri.

2.      Jalin Komunikasi yang Baik

Menjalin komunikasi yang baik antara si anak merupakan hal yang sangat penting jangan sampai anak Anda merasa sendirian dikala sedang dalam masalah.

Buatlah interaksi anak di setiap saat. Jangan membiarkan si anak terlalu lama dengan kesendiriannya. Melakukan komunikasi yang baik dapat menanamkan rasa percaya diri pada si anak.

3.      Didik Karakter Si Anak

Mendidik karakter si anak terbilang gampang-gampang susah. Nah sebagai cara terbaik untuk mendidik karakter si anak ialah Anda tidak hanya memberikan teori tetapi juga memperlihatkan contohnya.

Orang tua harus bisa memberikan contoh dan mempraktikkan sesuai dengan karakter yang ingin Anda tanamkan.

4.      Terapkan Disiplin Anak

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwasanya anak laki-laki sedikit sulit untuk diajarkan kedisiplinan. Anda tidak boleh menyerah Anda harus berusaha lebih ekstra untuk menanamkan kedisiplinan pada si anak.

5.      Ajak Bercerita

Meski anak-anak laki-laki mampu memisahkan dan menyimpan informasi sehingga jarang untuk bercerita menyimpan masalah sendiri. Supaya orang tua yang baik maka Anda harusnya mancing dan mengajaknya untuk bercerita.

Nah itulah 5 tips yang bisa Anda terapkan untuk mendidik anak.

Dengan pembahasan di atas terkait perbedaan mengasuh anak cowok dan cewek diharapkan Anda bisa mendidik menyesuaikan karakternya.

 


2 comments

  1. Agak beda memang kalau mengasuh anak cowok sama cewek apalagi jaraknya enggak beda jauh gini menjadi kesulitan tersendiri. Yang paling sulit itu di sifat, harus menyesuaikan bakalan rungsing kalau orang tua enggak paham saat mereka bertengkar. Terima kasih informasinya!

    ReplyDelete
  2. Waww makasih udh nulis ini. Akutu kadang bingung kalau dititipin anak kecil cewek ngasuhnya gimana? Zuzur jadi takut entar kalo terkalu strong dan dia malah mewek.

    ReplyDelete

Popular Posts