Taman Kebon Rojo: Wisata Ramah Anak di Blitar

 

taman kebon rojo

Setiap bulan kami memiliki agenda menengok Ibu mertua yang tinggal di Blitar, frekuensinya antara 1 sampai dengan 2 kali dalam sebulan. Mulai dari zaman masih motoran berdua, bertiga hingga berempat. Tak terhitung berapa kali kami kepanasan hingga kehujanan, bahkan pernah di bulan Ramadhan ban motor kami sobek di tengah perjalanan. Meski kadang terasa lelah dan berat namun semua kami jalani dengan hati senang dan tetap bersyukur.

Alhamdulillah kini perjalanan pulkam kami ke Blitar kini jadi lebih nyaman dan aman karena sudah ada Taruna Biru yang siap mengantarkan. Kami tidak perlu lagi berbagi sadel sampai pinggang pegel. Tangan Mama Ivon nggak kecapekan lagi karena harus memegangi anak-anak saat mereka tidur. Kami juga nggak usah pusing bagaimana ngatur barang bawaan karena tinggal masuk-masukin saja ke bagasi.


keluarga biru


Kalo sudah di Blitar biasanya kami nggak berdiam di rumah saja, Mama Ivon dan anak-anak selalu punya ide atau request jalan kemana gitu. Tentunya kami juga mengajak Ibu mertua agar beliau tidak bosan hanya di rumah saja. Meskipun Blitar kota kecil namun di sana ada beberapa destinasi wisata ramah anak. Bagi kami yang masih memiliki anak-anak penting banget untuk survei terlebih dahulu apakah destinasi wisata yang akan kami kunjungi itu ramah anak atau tidak. Beberapa destinasi itu antara lain: Taman Kebon Rojo, Waterpark Sumber Udel, Alun-Alun Kota Batu, Taman Pecut hingga yang terbaru seperti Blitar Park.

Taman Rekreasi Keluarga di Kota Blitar


taman kebon rojo

Nah kali ini saya mau sharing pengalaman kami saat mengajak anak-anak liburan ke Taman Kebon Rojo. Taman rekreasi keluarga yang terletak di Jl. Diponegoro No.12, Bendogerit, Sananwetan, Kota Blitar, Jawa Timur ini memang jadi tempat favorit bagi yang ingin berlibur bersama keluarga. Taman Kebon Rojo berada di tepi jalan raya, sehingga kita bisa dengan mudah menemukan ruang terbuka hijau di Kota Patria ini. Kita bisa menggunakan angkutan umum untuk menuju ke Taman Kebon Rojo Blitar. Namun lebih mudah jika menggunakan kendaraan pribadi baik itu motor atau mobil, area parkirnya cukup luas kok. Meskipun berada di bahu jalan namun tidak sampai mengganggu arus lalu lintas.

Yang lebih asyik lagi, untuk memasuki Taman Kebon Rojo ini kita tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis. Padahal fasilitas yang ada di dalamnya sangat lengkap untuk standar taman rekreasi keluarga yang berada di tengah kota. Taman Kebon Rojo buka setiap hari mulai dari jam 6 pagi sampai dengan 5 sore.

Fasilitas Taman Kebon Rojo


taman kebon rojo

Saya pertama kali ke sini sekitar tahun 2018 saat menemani Aiman study tour di sekolahnya. Kesan pertama ketika melihat Taman Kebon Rojo adalah takjub karena fasilitasnya yang sangat lengkap untuk ukuran Kota Blitar yang termasuk kota kecil. Apalagi masuknya gratis sehingga nggak heran jika jadi tujuan wisata bukan hanya warga lokal Blitar tapi juga pengunjung dari luar kota Blitar. Berikut adalah fasilitas yang terdapat di Taman Kebon Rojo:

·  Mini Zoo

·  Wahana bermain

·  Area bermain anak

·  Miniatur hewan

·  Masjid

·  Gazebo

·  Kios jajanan

·  Area parkir yang luas

·  Toilet umum

·  Fasilitas air bersih

·  Papan informasi

Dari semua fasilitas yang ada, saya paling kagum dengan adanya Mini Zoo atau kebun binatang mini di dalam Taman Kebon Rojo. Terhitung ada sekitar 15-an jenis hewan ada di sini seperti monyet, rusa, berbagai macam burung dan lain-lain. Jadi sambil mengajak anak-anak bermain kita juga bisa mengenalkan kepada mereka beberapa jenis satwa. Yang paling menarik perhatian adalah monyet yang seringkali mengeluarkan suara mengoceh yang nyaring dan keras.


taman kebon rojo

Wahana bermain yang gratis juga cukup lengkap seperti ayunan, jungkat-jungkit, roda raksasa, halang rintang dan lainnya. Ada juga wahana bermain yang berbayar seperti penyewaan motor trail dan mobil mainan, menggambar dan istanan balon. Kalo Aiman dan Aira paling suka menyewa motor trail dan mobil mainan. Harga sewanya cukup terjangkau yaitu Rp.10.000 untuk 15 menit.

Awal mula mereka ingin menyewa kendaraan mainan itu saya sempat ragu apakah mereka bisa mengendarainya. Terutama Aiman sih karena dia nggak pernah naik motor trail. Eh setelah diajarin oleh ibu-ibu penyewa mainan tersebut, Aiman dan Aira sangat cepat belajarnya. Hanya dalam separuh putaran mereka sudah bisa menjalankan sendiri. Malahan saya sampai beberapa kali ngingetin Aiman agar pelan-pelan naik motor trailnya.


taman kebon rojo


Dari situ saya jadi belajar bahwa anak-anak sebenarnya memiliki kemauan dan kemampuan untuk belajar jika kita sebagai orang tua memberikan mereka kesempatan dan kepercayaan untuk mencoba. Seringkali (saya termasuk) orang tua merasa nggak telaten dan nggak sabar dengan proses belajar anak sehingga memilih untuk langsung mengambil alih apa yang sebenarnya bisa mereka kerjakan sendiri.

Kalau Gengs Biru kehausan atau lapar nggak perlu kuatir karena ada banyak penjual minuman dan makanan seperti es krim, aneka boba, siomay batagor, krepes hingga yang modern seperti sosis bakar, burger dan toast. Harganya juga murah mulai dari Rp.3.000 sampai Rp.15.000.


taman kebon rojo

taman kebon rojo


Pengunjung Taman Kebon Rojo tidak hanya didominasi oleh rombongan keluarga, cukup banyak juga remaja dan pasangan muda yang datang. Tentu saja mereka nggak bermain seperti anak-anak tapi sekedar menikmati suasana asri dan sejuk di tengah taman serta berfoto di beberapa spot yang lumayan kece.

Tips Berkunjung ke Taman Kebon Rojo


taman kebon rojo

Bagi Gengs Biru yang berlibur ke Taman Kebon Rojo ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan antara lain:

  1. Jika berasal dari luar kota saya sarankan untuk berangkat lebih pagi agar tidak sampai kesiangan tiba di Taman Kebon Rojo. Sebab kalau sudah siang dan weekend pasti ramai banget pengunjungnya.
  2. Karena ini termasuk wisata outdoor maka jangan lupa pakai sunscreen atau sunblock untuk melindungi kulit dari panas terik sinar matahari. Pakai topi juga boleh selain melindungi dari sinar matahari juga bisa membuat penampilan lebih menarik.
  3. Pastikan memori di kamera atau HP kalian cukup longgar agar bisa mengabadikan moment-moment kebersamaan Gengs Biru bersama keluarga atau sahabat tercinta.
  4. Boleh juga membawa minuman dan makanan dari rumah untuk bekal, sekalian bawa tikar sebagai alas duduk.
  5. Awasi anak-anak saat bermain karena beberapa mainan ada yang kondisinya berkarat atau rusak sehingga agak membahayakan.
  6. Tetap jagalah kebersihan dengan membuang sampah pada tempat sampah yang tersedia.

taman kebon rojo


Oke Gengs Biru demikian sharing saya tentang destinasi wisata ramah anak di Blitar. Semoga bermanfaat ya, aamiin. Terimakasih sudah berkunjung ke blog Keluarga Biru, jangan lupa tinggalkan komentar agar saya bisa balik berkunjung ke blog Anda.



1 comment

  1. Wih masuknya gratis ya ternyata? Kirain dengan fasilitas kyk gtu bakal ditarikin karcis hehe. Ortu jg punya alternatif hiburan buat anak2nya.
    Seneng ya kalau da taman kota gtu. Emang masyarakat tu lbh suka fasilitas kyk gini ketimbang sekadar bangun mall hehe.

    ReplyDelete

Popular Posts