ASUS ExpertBook B3000 Detachable Gathering Malang

 

asus expertbook b3000 gathering malang

Sebelum pandemi saya beberapa kali menghadiri acara launching produk Asus di Jakarta. Senang sekali bisa menjadi saksi peluncuran produk keren Asus yang selalu dihadiri oleh para petinggi Asus, brand ambassador, Tim Asus dan tentunya teman-teman blogger, youtuber dan influencer dari seluruh Indonesia. Apalagi di setiap acara launching tersebut pasti ada doorprize, kuis dan kompetisi dengan berbagai macam hadiah yang wah dan menarik pastinya.

Setelah pandemi mereda dan berbagai event mulai diadakan lagi, Asus pun melakukan hal yang sama. Dimulai dari launching produk dengan jumlah blogger terbatas hingga akhirnya berani mengundang lagi blogger dari seluruh Indonesia pada bulan September saat launching Zenbook SPACE EDITION 14X OLED. Sayangnya saya tidak bisa ikut karena acaranya diadakan di hari kerja dan prosedur izin tidak masuk kerja di kantor sekarang makin ketat. Sempat sedih sih, tapi ya mau gimana lagi situasinya sudah berbeda.

ASUS ExpertBook B3000 Detachable Gathering Malang

Alhamdulillah di akhir tahun dapat pengobat rasa sedih karena Asus akhirnya mengadakan acara gathering lagi di Malang. Sebelumnya saya sempat dapat undangan juga acara gathering di Surabaya namun bentrok dengan keperluan keluarga. Dengan bertajuk ASUS ExpertBook B3000 Detachable Gathering, acara ini diadakan di Hotel Ascent Premiere Malang (Dhoho Meeting room) tanggal 17 Desember 2022, pukul 12.00 WIB – selesai.

 Meskipun acaranya di Malang namun peserta gathering Asus Malang ini ada yang dari luar kota juga lho seperti Bang Joe dari Banyuwangi, Mbak Fionaz dan Munasya dari Lamongan dan Mbak Yola dari Surabaya. Blogger Malang sendiri berasal dari beberapa daerah dan komunitas seperti Blogger Kekinian, Malang Citizen, Blogger Kodew Malang, Blogger Ngalam. Nggak ketinggalan juga kawan saya Mas Arif, kebetulan kami sama-sama Blogger Asus yang berasal dari Malang. Pastinya senang juga akhirnya bisa ketemuan lagi sama Tim ASUS yakni Mas Firman (Head of Public Relations), Mbak Caroline (Public Relations) dan Mas Fadhil (Community PR ASUS). Kalau dihitung sejak pandemi, maka saya sudah 2 tahun lebih tidak bertemu mereka.


asus expertbook b3000 gathering malang

Sebelum acara dimulai, para peserta gathering dipersilahkan untuk registrasi dan kemudian makan siang dulu di area restoran. Serunya acara gathering ini kitab isa reunian dengan teman-teman blogger yang udah lama nggak ketemu bahkan ada yang baru pertama kali bertemu muka setelah bertahun-tahun berteman lewat dunia blog. Misalnya saya dan Bang Joe, selama ini kami hanya kontak via sosmed dan WA. Untung ada acara Asus di Malang dan dia kebetulan mau liburan juga sehingga dia daftar acara ini.


asus expertbook b3000 detachable

asus expertbook b3000 gathering malang

Hands On Asus ExpertBook B3000 Detachable

Dalam acara ini, Asus mengadakan kompetisi Reels dan Tiktok dengan hadiah yang pastinya mantabs. Nah sebelum acara dimulai para blogger diperbolehkan untuk membuat konten secara bergantian, total ada 4 device yang disediakan. Berapa hal yang langsung menarik perhatian saya saat melihat Asus ExpertBook B3000 Detachable untuk pertama kali yaitu desain Detachable-nya yang membuatnya bisa digunakan secara fleksibel sebagai tablet maupun laptop. Trus yang nggak kalah keren adalah Keyboard ExpertBoard pada ExpertBook B3000 ini menggunakan sistem magnet sehingga mudah untuk dilepas dan dipasang kembali sesuai kebutuhan.  Yang terakhir, laptop ini dilengkapi dengan ExpertStand cover yang berfungsi sebagai pelindung sekaligus dudukan agar ExpertBook B3000 dapat digunakan layaknya sebuah laptop. Uniknya lagi, cover ini memiliki dua mode dudukan yang memungkinkan ExpertBook B3000 dipergunakan secara horizontal seperti kita menggunakan laptop pada umumnya atau vertical seperti layaknya sebuah tablet.

 

asus expertbook b3000 detachable

Ada 4 sesi dalam ASUS ExpertBook B3000 Detachable Gathering Malang ini yaitu:


1.       Sesi 1: Tim ASUS Indonesia


asus expertbook b3000 detachable

Sesi pertama diisi oleh Tim Asus Indonesia yang diwakili oleh Mas Firman. Seperti biasa Mas Firman menjelaskan mulai dari spesifikasi hingga keunggulan Asus ExpertBook B3000 Detachable. Presentasi kadang diselingi dengan beberapa pertanyaan pendek dan bagi peserta yang bisa menjawab mendapatkan doorprize dari Asus.


2.       Sesi 2: Qualcomm Snapdragon Indonesia


asus expertbook b3000 detachable

Laptop ExpertBook B3000 merupakan laptop pertama di Indonesia yang menggunakan Qualcomm Snapdragon 7c Gen 2. Di atas kertas, Snapdragon 7c Gen 2 dibekali dengan prosesor (CPU) delapan inti (octa-core, @2,55 Ghz), yang terdiri dari dua inti CPU performa tinggi Cortex-A76, serta enam inti CPU hemat daya Cortex -A55. Nah di sesi 2 kami mendengarkan presentasi Mas Angga dari Qualcomm Snapdragon Indonesia.

Saya jadi tahu kalo Snapdragon itu ada tiga tingkat yaitu entry level, mainstream dan premium. Untuk ExpertBook B3000 menggunakan yang entry level, yakni Snapdragon 7c karena bisa digunakan untuk semua kalangan usia dengan berbagai profesi.


3.       Sesi 3: User ExpertBook B3000


asus expertbook b3000 detachable

Agar lebih yakin dengan keunggulan dan kelebihan ExpertBook B3000, Asus juga mendatangkan bloggerpreneur yang sudah menggunakan produk ini yaitu Afit Husni. Kebetulan kami juga sama-sama tergabung sebagai Blogger Asus (BLUS). Afit yang merupakan pendiri dari UrbanDigital mengatakan bahwa ExpertBook B3000 adalah laptop yang bisa memuaskan semua anggota keluarga, mulai dari dia, istri dan kedua anaknya bisa menggunakan sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Kalo Afit untuk bekerja di dunia digital, istrinya buat main nonton drakor sedangkan anak-anak untuk nonton Youtube dan nge-game.

Saat presentasi Afit tak lupa mendemokan ExpertBook B3 untuk merekam dan mengedit video dimana sudah ada aplikasi editing video bawaan Windows 11 yaitu Clipchamp. Wah ini sih sesuai ama kebutuhan saya, jadi makin mupeng sama laptop yang ringkas ini.


4.       Sesi 4: Komunitas Asus

Presentasi terakhir dari Mas Fadhil yang merupakan Community PR ASUS sehingga beliaulah yang bertanggung jawab atas perkembangan komunitas ASUS. Beberapa komunitas yang sudah eksis antara lain: Zencreator.id, ROGcommunity.id dan yang terbaru adalah ATOMCommunity yang merupakan wadah buat content creator ASUS di medsos tiktok dan Instagram. Lho Mas, komunitas BLUS kok nggak masuk hehehe.


asus expertbook b3000 detachable


Saya dan Mas Fadhil sempat beberapa kali kontakan saat mau ada acara gathering ASUS di Surabaya. Beliau meminta tolong saya untuk bantu share informasi acara ke blogger di Malang dan sekitarnya.

 

Keunggulan ASUS ExpertBook B3000 Detachable

 

Performa Mumpuni dengan Daya Tahan Baterai Panjang


ASUS ExpertBook B3000 merupakan laptop detachable yang ditenagai oleh Qualcomm Snapdragon 7C Gen 2 Compute Platform pertama di Indonesia. Berbeda dengan laptop pada umumnya, Qualcomm Snapdragon 7C Gen 2 Compute Platform merupakan prosesor yang menggunakan arsitektur ARM yang dikenal sangat hemat daya sehingga dapat menemani penggunanya seharian.

Meski menyajikan pengalaman penggunaan mirip dengan peangkat mobile, ExpertBook B3000 tetap tampil sebagai laptop yang ditenagai oleh sistem operasi Windows 11. Sistem operasi terbaru tersebut memungkinkan ExpertBook B3000 untuk dapat menjalankan berbagai aplikasi penunjang produktivitas sehari-hari sehingga memastikan aktivitas penggunanya dapat berjalan tanpa kendala.

 

Portabel Sekaligus Fleksibel


Keunggulan utama ExpertBook B3000 ada pada portabilitas dan fleksibilitasnya. ExpertBook B3000 didesain sangat ringkas dan ringan dengan bobot hanya 590 gram serta ketebalan hanya 0,9 cm. Berkat bobot serta dimensi tersebut, ExpertBook B3000 dapat tampil sebagai laptop yang sangat portabel serta mudah untuk dibawa bepergian.

ExpertBook B3000 juga telah menggunakan layar sentuh (touchscreen) sehingga penggunanya dapat dengan mudah melakukan navigasi saat digunakan sebagai tablet. Melengkapi fitur layar sentuhnya adalah sebuah stylus yang dapat disimpan langsung di kompartemen khusus pada bodi ExpertBook B3000. Saat disimpan di kompartemennya, stylus otomatis melakukan pengisian daya. Pengisian dayanya juga sangat cepat yaitu hanya butuh 15 detik untuk penggunaan selama 45 menit.


asus expertbook b3000 detachable


Selain memiliki kamera yang ditempatkan sejajar dengan layar seperti laptop pada umumnya, ExpertBook B3000 juga dilengkapi dengan kamera tambahan yang menghadap ke bagian belakang layarnya. Kamera dengan resolusi 13MP tersebut memungkinkan pengguna ExpertBook B3000 untuk dapat mengambil gambar dan merekam video secara lebih mudah seperti halnya menggunakan smartphone.

 

Fitur Lengkap untuk Belajar dan Bekerja


ASUS ExpertBook B3000 merupakan laptop yang sangat tepat untuk pengguna dengan mobilitas tinggi, seperti para pekerja kantoran dan pelajar. Untuk mendukung kegiatan sehari-hari penggunanya, ExpertBook B3000 dilengkapi berbagai fitur modern salah satunya adalah AI noise cancellation. Fitur tersebut memungkinkan suara bising dapat diredam oleh sistem berbasis kecerdasan buatan (AI), sehingga pengguna laptop ini dapat berkomunikasi lebih lancar saat mengikuti sesi online conference atau online meeting. Pengguna ExpertBook B3000 juga dapat mematikan mikrofon dengan mudah melalui tombol khusus yang terdapat di keyboard-nya.


asus expertbook b3000 detachable



Tidak hanya sistem audio-nya, kamera ExpertBook B3000 juga dirancang agar penggunanya lebih nyaman saat dalam sesi video conference. Kamera ExpertBook B3000 telah dilengkapi dengan teknologi 3DNR (3D Noise Reduction) yang memungkinkan sistem untuk mengurangi noise pada kamera secara signifikan. Teknologi tersebut juga membuat tampilan pengguna ExpertBook B3000 saat melakukan video conference menjadi lebih jernih dan terang meski dilakukan pada kondisi minim cahaya.

Memudahkan penggunanya, ExpertBook B3000 juga telah dilengkapi dengan WiFi yang didukung oleh teknologi ASUS WiFi SmartConnect. Teknologi tersebut memungkinkan ExpertBook B3000 secara otomatis terhubung ke jaringan WiFi dengan kualitas koneksi dan sinyal terbaik. Selain itu, pengguna ExpertBook B3000 juga dapat memanfaatkan Bluetooth® 5.1 yang terdapat di laptop ini untuk menghubungkan berbagai perangkat seperti wireless mouse atau headphone.


Aman untuk Kesehatan


ExpertBook B3000 hadir dengan layar sentuh 16:10 (1920 x 1200) dan telah tersertifikasi low blue light  oleh TÜV Rheinland. Artinya, layar ExpertBook B3000 memiliki emisi radiasi cahaya biru yang minim sehingga tidak merusak Kesehatan mata dalam jangka waktu panjang. Spesifikasi layar tersebut sangat penting khususnya bagi pelajar dan pekerja yang bisa menggunakan ExpertBook B3000 dalam jangka waktu panjang dalam kegiatan sehari-harinya.


asus expertbook b3000 detachable


Keyboard ExpertBoard di ExpertBook B3000 juga telah dilindungi oleh ASUS Antibacterial Guard, yaitu lapisan pelindung berbahan khusus yang dapat menghambat pertumbuhan berbagai bakteri berbahaya hingga 99% dalam waktu 24 jam. ASUS Antibacterial Guard telah diakui secara internasional dan tersertifikasi ISO 22196. ASUS Antibacterial Guard memastikan ExpertBoard yang merupakan bagian yang paling banyak disentuh oleh pengguna ExpertBook B3000 untuk dapat selalu steril dan tidak menjadi sarang bakteri berbahaya.


Dilindungi ASUS Expert Warranty


Setiap pembelian laptop ASUS ExpertBook B3000  yang didistribusikan secara resmi di Indonesia otomatis akan mendapatkan garansi perbaikan 1 tahun. Namun garansi ini berlaku apabila kerusakan yang terjadi bukan karena kelalaian pengguna. Selain garansi resmi tersebut, ASUS melengkapi layanan untuk pengguna laptop ExpertBook B3000 dengan memberikan ASUS Expert Warranty.

Program ASUS Expert Warranty hadir dengan keuntungan utama yaitu tanggungan 80% biaya spare-part untuk kerusakan akibat kelalaian pengguna satu kali di tahun pertama. Melalui program ASUS Expert Warranty, pengguna ExpertBook B3000 dapat lebih terlindungi dari kemungkinan terjadinya kerusakan yang tidak disengaja.

 

Pemenang Kompetisi Asus ExperBook B3000 Detachable Gathering


 Pada event ini ada 2 kompetisi yang bisa diikuti peserta yaitu game Kahoot dan IG Reels/Tiktok. Untuk Kahoot, peserta diberikan pertanyaan-pertanyaan seputar Asus ExpertBook B3000. Sayangnya saya nggak hoki di kedua kompetisi tersebut. Yang Kahoot, daya ingat saya lemah sehingga banyak jawaban saya yang salah. Sedangkan IG Reels, saya kekurangan footage karena saat sesi shooting harus sabar mengantri dengan peserta lainnya. Ditambah lagi aplikasi editing video saya eror, saya nggak bisa kasih teks. Ya udah akhirnya saya edit sebisanya.


asus expertbook b3000 detachable

asus expertbook b3000 detachable

asus expertbook b3000 detachable

Lomba Kahoot dimenangkan oleh 2 orang dari komunitas Snapdragon dan Mas Arif di posisi 3. Sedangkan lomba IG Reels, Juara 1 dimenangkan oleh Fery member Malang Citizen, juara 2 Aisy anak sulung Keluarga Wijaya dan juara 3 Mas Deny, salah satu Tim CasaCreative.

 


1 comment

  1. Wah Asus rilis produk baru lagi, semakin ke sini semakin canggih hemm. Memang laptop yang satu ini enggak main-main performa dan kualitasnya, selama ini juga pakai asus bagus banget. Seru ini acaranya, selamat buat pemenangnya. Terima kasih informasinya!

    ReplyDelete

Popular Posts