Apakah Ayah Juga Butuh Me Time?

 

apakah ayah juga butuh me time

Sebagai seorang ayah, tanggung jawab terhadap keluarga tentunya menjadi prioritas utama. Tuntutan pekerjaan, kegiatan anak-anak, dan kewajiban rumah tangga dapat membuat seorang ayah merasa terjebak dalam rutinitas sehari-hari bahkan bisa merasakan stress juga. Untuk itulah penting bagi seorang ayah untuk mengambil waktu untuk dirinya sendiri, yang dikenal sebagai "Me time."  Jadi bukan hanya istri atau ibu saja yang butuh me time.

Seringkali ibu merasa kesal jika ayah ijin mau main futsal, badminton, memancing atau melakukan kegiatan yang disukai. Padahal justru itu kesempatan bagi seorang ayah untuk me time. Memang tidak dipungkiri bahwa waktu ayah di luar rumah lebih banyak daripada ibu sehingga wajar jika selama ini ibu lebih banyak yang menuntut untuk bisa me time.

Mengapa me time juga penting bagi seorang ayah? Bagaimana seorang ayah dapat melakukannya tanpa mengganggu waktu bersama keluarga? Simak sharing Papa Biru berikut ini.

Pentingnya Me time bagi Seorang Ayah

Kehidupan seorang pria akan berubah drastis setelah menikah, ini juga yang saya rasakan. Kehidupan setelah menikah tidak sebebas saat masih lajang. Istri dan anak menjadi prioritas utama seorang suami/ayah. Ketika siang saya bekerja dari jam 8 pagi sampai 4 sore, sepulang kerja saya akan menggantikan tugas istri mengasuh anak-anak. Saat weekend adalah waktu bersama keluarga misal mengantar istri belanja bulanan, nemenin anak main di rumah atau playground, menjenguk mertua di Blitar atau liburan tipis-tipis keluar kota.

Dengan segudang kesibukan dan tuntutan sebagai seorang suami dan ayah di atas, maka wajar jika saya juga butuh me time. Berikut adalah beberapa alasan mengapa me time juga dibutuhkan oleh seorang ayah, antara lain:

1.       Recharge dan Refresh

Me time memberikan kesempatan bagi seorang ayah untuk melepaskan diri dari stres sehari-hari dan mengisi ulang energi. Ini adalah waktu untuk merawat kesehatan fisik dan mental. Dalam melakukan hal-hal yang menyenangkan seperti olahraga, membaca buku, atau hobi yang disukai, seorang ayah dapat memperoleh kembali kebugaran fisik dan mental yang diperlukan untuk menjalankan tugasnya sebagai kepala keluarga.

2.       Self-Reflection

Me time memberikan waktu bagi seorang ayah untuk merenung dan mempertimbangkan tujuan hidupnya. Ini dapat membantu mengklarifikasi nilai-nilai pribadi, mengevaluasi pencapaian, dan menetapkan rencana masa depan. Dengan merawat diri sendiri, seorang ayah dapat memastikan bahwa dia tetap sejalan dengan visi dan misi keluarga serta mencapai kepuasan pribadi.

3.       Perkembangan Pribadi

Me time juga penting untuk pertumbuhan pribadi seorang ayah. Menghabiskan waktu untuk mengembangkan keterampilan baru, belajar hal-hal baru, atau mengejar minat pribadi dapat meningkatkan rasa percaya diri dan memperkaya kehidupan seorang ayah. Hal ini juga memberikan contoh positif bagi anak-anak, menunjukkan pentingnya menghargai diri sendiri dan mengembangkan minat yang sehat.

 

Cara Melakukan Me time tanpa Mengganggu Waktu Bersama Keluarga

Nah sekarang bagaimana sih caranya agar seorang ayah bisa me time tanpa bikin istri kesal karena mengganggu waktu bersama keluarga? Simak penjelasan berikut.

1.       Jadwalkan dengan Bijak

Komunikasikan dengan anggota keluarga tentang waktu me time yang akan Anda habiskan. Sebagai seorang ayah, mungkin tidak mudah menemukan waktu yang cukup luang untuk me time.  Dengan menyusun jadwal secara bijak, Anda dapat memastikan bahwa waktu me time tidak bertentangan dengan kebutuhan dan jadwal keluarga lainnya. Ayah bisa me time saat weekend asalkan tidak setiap minggu. Bisa juga memilih waktu saat anak-anak sudah tidur di malam hari atau pagi buta saat anak-anak masih tidur.

2.       Melibatkan Keluarga

Ada banyak cara untuk menggabungkan me time dengan waktu bersama keluarga. Misalnya, jika Anda senang berolahraga, ajaklah anggota keluarga untuk berpartisipasi. Anda dapat menghabiskan waktu bersama dalam kegiatan yang dapat dinikmati bersama, seperti bermain game atau menjelajahi alam. Ini memungkinkan Anda untuk menekuni hobi sambil tetap bersama keluarga.

3.       Pemanfaatan Teknologi

Teknologi dapat menjadi alat yang berguna untuk melakukan Me time tanpa mengganggu waktu bersama keluarga. Misalnya, Anda dapat menggunakan youtube atau media sosial untuk menonton konten-konten yang bermanfaat atau menghibur. Dengan teknologi, Anda tetap bisa refreshing tanpa harus meninggalkan rumah.

4.       Komitmen Terhadap Keseimbangan

Ingatlah bahwa me time penting untuk kebahagiaan dan kesehatan Anda sebagai individu, yang pada akhirnya akan mempengaruhi kesejahteraan keluarga. Komitmen terhadap keseimbangan antara waktu pribadi dan waktu bersama keluarga akan membantu menciptakan kehidupan yang harmonis. Jangan merasa bersalah ketika mengambil waktu untuk diri sendiri, tetapi juga pastikan bahwa waktu bersama keluarga tetap menjadi prioritas utama.

Contoh Me Time yang Tidak Mengganggu Waktu Bersama Keluarga

Berikut adalah beberapa contoh me time yang biasanya saya lakukan dan  so far tidak mengganggu waktu bersama keluarga tercinta.

1.       Olahraga

ayah me time olahraga

Sejak 2 tahun belakangan saya mulai belajar untuk rutin berolahraga. Motivasi utama sih karena umur yang sudah memasuki 40 tahun dimana banyak perubahan fisik yang saya alami. Yang paling kentara sih perut yang menggendut. Olahraga yang pernah saya lakukan antara lain bersepeda, badminton dan jogging. Saya sempat rutin main badminton selama setahun terakhir, waktunya sebelum jam kerja bersama rekan kantor. Sedangkan bersepeda dan jogging saya lakukan sendiri di rumah, waktunya setelah shubuh. Kadang saya juga melibatkan keluarga, misalnya sepedaan berdua bersama istri atau jogging bersama anak-anak di Alun-Alun Kota Malang. Jadi saya tetap bisa kencan sama istri atau ngemong anak-anak meskipun sedang berolahraga.

2.       Ngonten

Kebetulan saya punya passion sebagai seorang content creator, mulai dari ngeblog hingga bikin video untuk ditayangkan di Youtube, IG maupun Tiktok. Ketika ngonten saya bisa mengeksekusi ide dan kreatifitas yang selama ini terpendam. Ada kepuasan batin tersendiri ketika konten yang saya upload mendapatkan respon positif dari para penonton. Yang bikin makin seru adalah saya bisa mendapatkan penghasilan dari ngonten. Istri dan anak-anak pun ikut kecipratan rezeki dari me time ini.


me time ayah


3.       Nonton

Bisa apa saja sih yang saya tonton, mulai dari film atau series yang bisa kita tonton di internet menggunakan HP. Trus juga nonton konten-konten video di Youtube, IG dan Tiktok. Selain untuk hiburan juga saya bisa mendapatkan ide atau inspirasi untuk bikin konten dengan metode ATM (Amati, Tiru, dan Modifikasi)

4.       Main Game

Siapa sih yang nggak suka main game? Kalau saya biasanya main game di laptop sebab mata saya sudah minus, kasian kalau harus mantengin game terlalu lama di HP. Main game-nya secara online namun yang gratisan, trus saya sukanya game-game yang ringan saja. Kan tujuan utama main game untuk refreshing hehehe.

 

Me Time bareng Anak dengan Permainan Edukasi

 

Seperti yang saya tulis di atas bahwa salah satu tips agar me time tidak mengganggu waktu bersama keluarga adalah dengan melibatkan keluarga. Selain olahraga, kita juga bisa main game bareng anak secara online. Kalau saya ajak anak-anak main game di https://www.mortgagecalculator.org/money-games/

Di Mortgage Calculator, kita bisa menemukan beraneka macam game online edukasi untuk anak dengan tema Entrepreneur, Business, & Money Management. Kalau diterjemahin itu permainan bertema kewirausahaan, bisnis dan menajemen keuangan. Tersedia juga game-game ringan yang mengingatkan kita pada game yang dulu ada di game watch atau gimbot.

1.       Merge Blocks


game merge blocks

Kita mulai dengan game yang sederhana dulu ya, namanya Merge Blocks. Dalam permainan ini kita cukup menggabungkan minimal 3 bangunan kecil menjadi bangunan yang lebih besar. Cara mainnya mudah banget:

·       Di bagian bawah layar ditampilkan bangunan berikutnya yang akan dimainkan dan 3 bangunan berikutnya setelahnya.

·       Pilih kotak di mana Anda ingin menempatkan bangunan tersebut.

·       Tempatkan 3 bangunan yang sama dalam satu baris, atau 3 bangunan yang terhubung dalam bentuk huruf L, dan bangunan-bangunan tersebut akan bergabung menjadi bangunan level yang lebih tinggi.

·       Penggabungan berakhir saat mencapai lokasi sel terakhir dalam rangkaian, dan penggabungan bisa memicu reaksi berantai.

·       Setiap kali Anda mencapai kelipatan 1.000 poin, Anda akan mendapatkan palu yang memungkinkan Anda menghancurkan salah satu bangunan di grid untuk menciptakan ruang untuk meletakkan bangunan lainnya.

Permainan Merge Blocks ini mengingatkan saya pada permainan Tetris pada gembot zaman saya kecil dulu. Bedanya kalau di Merge Blocks ini kita tidak diburu-buru oleh batasan waktu dan bangunan-bangunan kecil yang datang secara cepat. Mainnya santai kayak di pantai, hanya butuh strategi penempatan bangunan saja agar bisa memicu reaksi berantai.

2.       Cashier Simulator

game cashier simulator

Siapa yang dulu pas kecil suka bermain jual-beli sama saudara atau temannya? Nah game ini bisa jadi media nostalgia masa kecil kalian. Dalam game Cashier Simulator kita berperan sebagai kasir yang di sebuah supermarket. Berikut adalah cara bermainnya:

·       Kita harus menghitung setiap item yang dibeli oleh pembeli.

·       Ketikkan harga yang tertera pada item pada mesin kasir.  Setelah selesai menghitung semua item mereka, tambahkan total tagihan.

·       Terima pembayaran dari mereka. Jika mereka membayar dengan cara selain kartu kredit, kita harus memberikan kembalian dari kasir. Tentunya jumlah kembalian harus sesuai dengan yang tertera di mesin kasir. Di sinilah kita belajar mengenal berbagai macam pecahan mata uang dollar.

·       Permainan ini memiliki 160 tahap dimana setiap tahap memiliki tingkat kesulitan yang akan semakin meningkat. Kita bisa mendapatkan hingga 3 bintang di setiap tahap tergantung pada performa permainan kita. Semakin cepat kita menyelesaikan transaksi dengan minimum kesalahan maka bintang yang kita dapatkan akan semakin banyak.

Cashier Simulator cocok dimainkan anak-anak untuk belajar berhitung dengan cara yang menyenangkan. Di samping itu juga belajar untuk teliti dan cekatan yang mana soft skill ini kelak akan dibutuhkan di dunia kerja.

3.       Idle Farming Business

idle farming business


Idle Farming Business adalah permainan bisnis pertanian di mana kita menanam dan memanen berbagai jenis tanaman pangan. Pada awal permainan kita akan diberi tanaman kentang di petak pertama. Dari sini kita bisa menggunakan keuntungan panen kentang untuk menanam dan memanen 8 jenis sayuran lainnya: wortel, gandum, tomat, mentimun, paprika, lobak, bawang, dan jagung.

·       Lakukan pemanenan secara bergiliran dari setiap petak yang sudah ditanami untuk mengumpulkan pendapatan sehingga kita dapat terus berinvestasi dengan membuka petak berikutnya.

·       Setiap tanaman memiliki masa panen dan nilai jual yang berbeda-beda, untuk menggandakan hasil panen kita bisa memilih awan hujan dan mempercepat produksi menggunakan sinar matahari.

·       Gali setiap area untuk memperbaiki tanah agar kita bisa menanam lebih banyak sayuran, yang meningkatkan hasil panenmu. Ketika kita menanam 25, 50, atau 100 tanaman di sebuah petak, waktu produksi akan berkurang separuh.

Seru banget sih menurut saya Idle Farming Business ini karena kita berasa jadi tuan tanah meskipun hanya secara online. Kita jadi belajar tentang strategi penanaman sayuran agar bisa mendapatkan hasil panen yang maksimal.

Oke Gengs Biru, itulah sharing saya tentang pentingnya me time bagi seorang ayah. Sebagai kepala keluarga kita harus bijak memilih jenis-jenis me time dan waktu pelaksanaannya agar tidak mengganggu waktu bersama keluarga.

 

 

No comments

Popular Posts