Keluarga Biru

Featured Post

Berumur Panjang Demi Keluarga Tercinta - My Healthiness My Precious Moment

Di keluarga besar saya, umur para pria mayoritas lebih pendek bila dibandingkan dengan umur para wanita. Sejak lahir saya tidak...

Laman

Persiapan Pernikahan ala Keluarga Biru 2

Keluarga Biru         4 comments

Persiapan pernikahan yang matang mutlak dilakukan agar pernikahan impian kita bisa terwujud. Tidak ada mimpi yang dibangun dalam waktu semalam saja. Kita harus mempersiapkan pernikahan kita jauh-jauh hari.

Nah, melanjutkan Persiapan Pernikahan ala Keluarga Biru 1, kini kami akan melanjutkan checklist persiapan pernikahan impian.

  1. Foto Prewedding

Foto prewedding diperlukan jika kita menginginkan undangan pernikahan dengan foto kita di dalamnya. Untuk melakukan Foto prewedding kita bisa memakai jasa fotografer profesional, namun tentu saja dari segi biaya akan membengkak. Agar lebih hemat cobalah mencari jasa foto prewedding yang sudah sepaket dengan undangan.
Atau bisa juga kita meminta tolong pada teman kita yang mempunyai kemampuan lebih dalam hal memotret. Untuk busana yang dipakai tidak harus mewah dan glamour, bisa memakai baju yang semi casual jika menginginkan foto prewedding yang berkesan santai. Lokasi foto prewedding juga tidak harus di obyek wisata yang jauh, cobalah meng-explore lokasi-lokasi unik di dekat tempat tinggal kita. Misalnya taman kota yang asri, bangunan-bangunan tua yang unik dan landmark kota.
Kami sendiri waktu itu juga berniat melakukan foto prewedding namun seorang kakak yang baik hati menawarkan kepada kami alternatif lain. Yaitu membuat gambar kartun diri kami yang akan dipakai di undangan. Alhamdulillah cara ini lumayan memotong banyak budget pernikahan kami.



  1. Undangan

Undangan pernikahan merupakan salah satu point penting yang tidak boleh diremehkan. Terlepas dari siapa yang mengundang, orang pasti akan terkesan dengan undangan pernikahan yang unik dan menarik. Orang yang diundang pasti akan merasa spesial dan merasa akan sangat rugi jika tidak mendatangi pernikahan tersebut.
Oleh karena itu calon pengantin perlu meluangkan waktu khusus untuk mendiskusikan konsep undangan pernikahan yang diinginkan. Konsep undangan pernikahan yang unik bisa diambil dari latar belakang profesi, hobi atau sesuatu yang sedang ngetrend saat itu. Misalnya jika hobi menonton film bisa memakai konsep undangan pernikahan layaknya poster film. Jika tidak kunjung menemukan konsep yang cocok, ada baiknya langsung datang ke jasa pembuatan undangan untuk berkonsultasi. Dengan jam terbang dan pengalaman yang tinggi mereka pasti bisa memberikan berbagai macam ide dan konsep undangan pernikahan.
Jasa pembuatan undangan yang profesional biasanya akan memberikan dummy undangan sebelum dicetak massal. Cek dengan teliti semua data di undangan mulai dari penulisan nama, hari dan tanggal pernikahan, alamat rumah atau gedung resepsi sampai dengan petanya apakah sudah benar.

 

Karena kami berdua sama-sama penulis maka kami sejak awal sudah mempunyai konsep undangan pernikahan sendiri yaitu menyerupai cover buku. Di bagian tengah atas undangan tertulis konsep pernikahan kami yang seolah-olah adalah judul buku kami yaitu Pernikahan Biru. Lalu biar konsep cover buku makin kental kami meminta bantuan kepada beberapa teman untuk memberikan kesan dan pesan buat kami berdua. Kemudian tulisan-tulisan mereka kami pasang layaknya sebuah endorsement buku.

Baca juga: 10 Penyebab Konflik Pernikahan
  1. Mas Kawin (Mahar)

Mas kawin atau mahar pada dasarnya yang berhak menentukan adalah calon mempelai wanita. Namun ada baiknya dibicarakan terlebih dahulu dengan calon mempelai pria tentang nilai atau wujudnya. Seorang wanita haruslah bijak dalam menentukan mas kawin yang sesuai dengan kemampuan finansial calon suaminya. Jangan karena pengaruh orang tua atau ingin dipandang dengan status ekonomi yang tinggi lalu meminta mas kawin yang memberatkan calon suami.
Sudah banyak kasus terjadi sebuah pernikahan urung dilaksanakan karena tidak tercapai kesepakatan besaran nilai mahar. Imam Ahmad meriwayatkan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda: “ Di antara kebaikan wanita adalah mudah meminangnya, mudah maharnya dan mudah rahimnya.”
Alhamdulillah, dulu Mama Ivon tidak meminta mas kawin yang neko-neko. Kami berdua sepakat dengan mas kawin berupa perhiasan dan uang senilai Rp.264.410. Nominal tersebut mewakili tanggal lahir kami berdua. Agar unik dan berkesan uangnya dibentuk seperti perahu. Kenapa saya memilih mahar uang berbentuk perahu? Pernikahan diibaratkan seperti perahu yang akan kami pergunakan untuk mengarungi mahligai rumah tangga.



  1. Katering

Untuk urusan katering kami menyerahkan kepada keluarga besar yaitu kedua bibi kami, mereka sudah berpengalaman dan mempunyai beberapa kenalan tukang masak yang handal. Namun kami mempunyai request makanan khusus yaitu tahu campur dan bakso. Tahu campur merupakan masakan yang kami makan saat pertemuan pertama kami dan menjadi favorit kami. Sedangkan bakso sengaja kami pilih sebagai hidangan khas Malang untuk teman-teman kami yang dating dari luar kota. Oh iya ada satu menu khusus lagi yaitu sate kambing karena saya sekalian meng-aqiqahi diri saya sendiri.
Untuk menentukan berapa banyak porsi makanan yang kita masak maka ditentukan dari jumlah tamu yang kita undang dan ditambah separuhnya. Sengaja ditambah separuh karena tamu biasanya akan datang bersama pasangan atau keluarganya yang lain. Berhubung menu masakan yang kami hidangkan cukup beragam maka porsinya tidak perlu ditambah separuh, cukup seperempatnya saja. Lalu juga ada trik yaitu untuk menu-menu khusus tidak kami sajikan bersamaan namun bergantian agar tidak cepat habis :P
  1. Fotografer

Pernikahan adalah sebuah moment istimewa yang terjadi sekali seumur hidup. Oleh karena itu sayang sekali jika tidak kita abadikan. Saat ini di luar sana sudah tersedia berbagai macam jasa fotografer pernikahan. Ada yang khusus melayani pemotretan saja. Namun banyak juga yang sepaket dengan foto prewedding, rias pengantin atau undangan. Biasanya yang sepaket itu harganya lebih murah, tergantung pilihan masing-masing orang sreg yang mana.
Untuk sesi pemotretannya biasanya lengkap mulai dari saat pengantin masih dirias hingga akhir acara. Saya pernah menghadiri pernikahan dimana tersedia both khusus bagi para tamu untuk berfoto layaknya selebritis di karpet merah. Nantinya foto para tamu itu diberikan saat mau pulang sebagai souvenir pernikahan.
Jika foto masih kurang lengkap, bisa ditambah juga dengan video. Tentu moment indah pernikahan kita akan makin spesial karena bisa ditonton bersama anak-anak kita kelak.

Baca juga: 4 Kesalahan di Hari Pernikahan
  1. Souvenir

Saat ini orang-orang mempunyai kecenderungan untuk memberikan souvenir pernikahan daripada sekotak kue. Pertimbangannya mulai dari segi prestise hingga keinginan untuk memberikan sesuatu yang bisa dikenang oleh para tamu.
Pertimbangan dalam memilih jenis souvenir pernikahan banyak sekali, mulai dari aspek harga, bahan dasarnya apakah tahan banting atau mudah pecah, proses pembuatannya membutuhkan waktu berapa lama lalu juga yang tidak kalah penting adalah segi kegunaan. Usahakan memilih  souvenir yang tidak hanya mempunyai fungsi sebagai hiasan semata.
Kalau kami waktu itu memilih souvenir pernikahan dari keramik berbentuk tempat pensil dan gantungan cantik. Kebetulan Malang mempunyai sentra kerajinan keramik di kawasan Dinoyo. Di sana kita bisa memilih berbagai jenis souvenir pernikahan dari keramik dengan aneka bentuk dan warna.

Demikianlah sharing kami tentang seputar persiapan pernikahan impian alaKeluarga Biru. Apa yang kami sampaikan bukanlah sebuah patokan saklek melainkan hanya saran berdasarkan pengalaman kami. Tentunya kondisi dan impian tiap calon pengantin berbeda-beda sehinga berbeda pula persiapan pernikahan yang dilakukan.

Salam Hangat,



Keluarga Biru
Mencerahkan Hati, Menenangkan Jiwa


Published by Keluarga Biru

Keluarga Biru adalah blog milik Ihwan Hariyanto dan Ivonie Zahra. Mereka menulis tentang parenting, traveling dan kuliner yang mereka lakukan bersama dua buah hati mereka Aiman dan Aira.
Follow us Google+.

4 comments:

  1. terbaik , banyak manfaatnya , jangan lupa kunjungan balik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, terimakasih sudah berkunjung dan komen.
      Salam kenal dari Keluarga Biru.

      Delete
  2. Mantep! Lengkap infonya... Moga bermanfaat buat para calon mempelai yang lagi kebingungan mempersiapkan pernikahan ya.. :) Intinya, gak usah galau mempersiapkan pernikahan.... Kalau masih galau juga, baca deh cerita-cerita inspiratif di buku My Wedding Story... ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau galau pasti ada lah Dee, nggak seru kalau nggak galau :D
      Sip-sip, aku lupa promoin MWS di akhirnya, nanti aku tambahin deh.

      Delete

Jika menurut Anda artikel ini berguna mohon dukungannya dengan memberikan donasi via PayPal untuk maintenance blog Keluarga Biru. Terimakasih ^_^

Google+ Followers

Followers

Total Pageviews

Contact

Powered by Blogger.