Keluarga Biru

Featured Post

Berumur Panjang Demi Keluarga Tercinta - My Healthiness My Precious Moment

Di keluarga besar saya, umur para pria mayoritas lebih pendek bila dibandingkan dengan umur para wanita. Sejak lahir saya tidak...

Laman

Serunya Berlibur di Kampung Coklat

Keluarga Biru         24 comments


 
Wisata Edukasi Kampung Coklat Blitar



Apa sih yang terlintas di pikiran kita jika berwisata ke kota Blitar? Nyekar di Makan Bung Karno? Mengeksplorasi Candi Penataran atau menikmati indahnya Pantai Tambakrejo? Aah itu semua terlalu mainstream. Kali ini Keluarga Biru akan mengajak para pembaca menikmati sebuah destinasi wisata yang sedang naik daun yaitu Wisata Edukatif Kampung Coklat Blitar.

Berlokasi di Desa Plosorejo Kecamatan Kademangan Kab. Blitar, sangat mudah sekali menjangkaunya. Jika dari pusat kota Blitar kita tinggal mengikuti jalan kota yang menuju ke arah Kademangan. Sampai menemukan jembatan Kademangan belok kiri, lalu lurus saja sampai ketemu Pasar Kademangan. Dari pasar kita masih lurus sampai perempatan menuju ke arah Lodoyo (Gunung Betet). Nah di sini belok kiri dan ikuti jalan lurus kurang lebih 3 km. Letak Kampung Coklat berada di utara jalan atau sisi kiri jalan, dekat dengan perbatasan Desa Plosorejo dengan Desa Darungan Kademangan. 
Keluarga Biru menempuh perjalanan ke Kampung Coklat dengan mengendarai sepeda motor. Sangat menyenangkan sekali menyusuri jalan raya di kota Patria ini karena ukuran jalannya cukup lebar dan di setiap perempatan atau belokan selalu ada penunjuk jalan. Kami hanya bertanya sekali kepada mas-mas penjual kaset DVD arah ke Kademangan, setelah itu kami tinggal mengikuti petunjuk yang kami dapatkan dari internet.

Wisata Edukasi Kampung Coklat Blitar

Rasa penasaran menyergap hati kami saat akhirnya berhasil sampai di Kampung Coklat, kira-kira ada apa saja di dalamnya. Untuk bisa menikmati wisata edukatif iKampung Coklat kita tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Ada dua paket wisata yang bisa kita pilih yaitu Paket Wisata Pelajar Rp.25.000 per orang dan Paket Keluarga Rp.40.000 per orang.
Beruntungnya kami karena tidak perlu membayar paket wisata tersebut namun cukup membeli tiket masuk saja sebesar Rp.5000 per orang dan nanti ada guide yang akan memandu kami mengelilingi Kampung Coklat.

Wisata Edukasi Kampung Coklat Blitar

Ada lima area yang bisa dieksplorasi di Kampung Coklat yaitu area pembibitan kakao, kebun kakao, pengeringan kakao, pengolahan kakao dan pengemasan coklat. Aim sangat senang sekali ketika berada di area pembibitan coklat, dia berlarian ke sana dan kemari, kami tidak khawatir dia terjatuh karena di area pembibitan ini tanahnya gembur.


Wisata Edukasi Kampung Coklat Blitar


 Wisata Edukasi Kampung Coklat Blitar


Tempat Wisata Keluarga di Jawa Timur


Di area perkebunan kakao kita bisa melihat deretan pohon kakao yang tumbuh rindang dengan buahnya yang berwarna hijau, merah dan kuning.Tahukah pembaca berapa lama waktu yang diperlukan agar pohon-pohon kakao itu siap dipanen? Empat sampai lima tahun! Pantesan harga coklat dan olahannya terbilang mihil-mihil. 



Oh iya, di area kebun ini sengaja diberikan meja dan kursi yang bisa dipakai para pengunjung beristirahat dan menyantap makanan di bawah pohon kakao yang teduh. Seru sekali bukan?

Tempat Wisata Keluarga di Jawa Timur


 

Di seberang kebun kakao kita bisa menengok area pengeringan biji-biji kakao. Cara pengeringannya dengan metode alami yaitu dijemur di bawah sinar matahari selama 5-7 hari. Biji kakao baru siap diolah jika kadar airnya tinggal 6%, untuk mengukur kadar air dipergunakan alat khusus yaitu aqua boy. Setelah itu biji kakao disortir dengan menggunakan mesin sortasi atau grader. Aim yang lagi senang-senangnya berlari dengan cueknya berlarian di atas hamparan biji kakao yang sedang dijemur, untung saja para petaninya baik hati tidak sampai memarahi Aim.

Tempat Wisata Keluarga di Jawa Timur


Setelah memcoba memakai alat aqua boy dan melihat proses sortasi kami diajak Mbak Desy ke ruang pengolahan kakao. Di sini kita bisa bertemu chef yang bertugas mengolah kakao menjadi coklat. Di sebelahnya ada ruang pengemasan hasil olahan coklat mulai dari coklat batangan hingga permen coklat dengan berbagai variasi rasa dan bentuk. Jika kita ingin membeli produk-produk olahan kakao di Kampung Coklat maka kita bisa membelinya di Galery Kampung Coklat. Jangan khawatir, harganya tidak sampai menguras dompet kok. Kami waktu itu membeli beberapa produk olahan kakao seperti bubuk coklat, coklat batangan dan permen coklat dengan variant rasa buah. Tak ketinggalan juga pin up sebagai kenang-kenangan dan bukti kalau kami sudah pernah ke Kampung Coklat he he he.


Tempat Wisata Keluarga di Jawa Timur

So buat para pembaca yang suka melancong, apalagi kalau bersama keluarga tercinta jangan lupa masukkan Kampung Coklat Blitar di daftar tempat wisata keluarga di Jawa Timur karena dijamin tidak akan rugi datang ke sana. Dapat manis coklatnya, juga dapat ilmu pengetahuannya. Untuk penginapan di Blitar tidak perlu khawatir, Anda bisa menemukannya di sini.
  

Salam Hangat,








Keluarga Biru
Mencerahkan Hati, Menenangkan Jiwa



Published by Keluarga Biru

Keluarga Biru adalah blog milik Ihwan Hariyanto dan Ivonie Zahra. Mereka menulis tentang parenting, traveling dan kuliner yang mereka lakukan bersama dua buah hati mereka Aiman dan Aira.
Follow us Google+.

24 comments:

  1. asik ya seperinya ajak keluarga main kesni, kebetulan kami penggemar cokelat. Tapi jarang ada kesempatan ke luar kota :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asyik Mbak, tempatnya sejuk dan nyaman untuk anak-anak. kami kebetulan tiap bulan mudik ke blitar jadi bisa main ke sana.

      Delete
  2. Kirain tadi ada penjualan cokelat batangan gitu Wan. :D

    ReplyDelete
  3. Waah keren ini.. Dulu waktu aku ke Blitar belum ada nih kampung coklat... ya iyalaaah... wong terakhir ke Blitar udah 12 tahun yang lalu kok :D
    Nice info.. Boleh dicoba nih kalo mampir ke Blitar lagi... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wekekekeke mungkin masih berupa kebun kakao saja Dee waktu itu.
      Iya moga ada kesempatan untuk mampir ke Kampung Coklat.

      Delete
  4. Wah jadi ingin ke sana nih kapan-kapan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seru Mbak main ke sana, apalagi sama anak-anak pasti suka banget dengan coklat.
      Makasih sudah mampir :-)

      Delete
  5. Saiful Munir assalamualaikum wr. wb. hari minggu pabrik pengolahan coklat tutup apa buka? kami akan melakukan studi. Mohon konfirmasinya. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Minggu buka Mas, kebetulan kami ke sana juga Minggu kok.
      Coba hubungi nomer ini ya Mas untuk konfirmasi lebih jelasnya 0342 807457

      Delete
  6. mohon minta nomor yang bisa saya hubungi.

    ReplyDelete
  7. ihhhh baru tau ttg kampung ini...pas ke blitar dulu itu kita cuma lewat sbntr mas...jd nya ya itu, kunjungannya mainstream bgt, nyekar ke makamnya sukarno :D.. kalo tau kampung ini, aku lbh milih kesanalah... suka kalap biasanya kalo udh ngeliat coklat beraneka macam ;p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Monggo dicoba main ke Kampung Coklat kalo ke Blitar lagi, menikmati coklat sambil belajar.

      Delete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. Sepertinya seru, rencana minggu depan mau maen kesana, tapi setelah cari informasi kesana-sini, tidak ada angkot di blitar, hanya ada becak dan ojek, cari persewaan motor pun susah.
    barang kali keluarga biru punya referensi untuk sewa motor :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas maaf baru balas, maaf saya nggak punya referensi untuk sewa motor di Blitar. Coba tanya ke admin Kampung Coklat di nomer ini: 0342 807457

      Delete
  10. Kalau mau berkunjung ke kampung coklat n bermalam disana utk penginapan atau hotelnya gmn ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm setahu saya di sekitar Kampung Coklat itu pemukiman penduduk aja Mbak. Kalau hotel ada di pusat kota Blitar, seperti Hotel Herlingga contohnya.

      Delete
  11. Peserta wisata kami harus antri berjam2 untuk mendapatkan jus coklat, rasa enak dan mempunyai rasa yang memikat tersendiri.

    ReplyDelete
  12. jam 16.00 kan sudah tutup, apa galery (yg tmpt galery coklat) itu masih dibuka nggak ya?

    ReplyDelete
  13. bagus untuk referensi mas. isyaallah ahad besok mau kesana. salam kenal ya

    ReplyDelete
  14. Ada tempat penginapan murah dekat2 situ ga??

    Soalnya kami jauh dari jakarta.. jadi harus nginap

    ReplyDelete
  15. For me that would be not just village, but heaven, muahaha

    ReplyDelete
  16. ayo maen k kampung coklat, enak buat refresing acara keluarga sambil menikmati makanan n mnuman rasa coklat ^_^

    ReplyDelete

Jika menurut Anda artikel ini berguna mohon dukungannya dengan memberikan donasi via PayPal untuk maintenance blog Keluarga Biru. Terimakasih ^_^

Google+ Followers

Followers

Total Pageviews

Contact

Powered by Blogger.