Keluarga Biru

Featured Post

Berumur Panjang Demi Keluarga Tercinta - My Healthiness My Precious Moment

Di keluarga besar saya, umur para pria mayoritas lebih pendek bila dibandingkan dengan umur para wanita. Sejak lahir saya tidak...

Laman

5 Tips Travel Photography dari Don Hasman

Keluarga Biru         16 comments



5 Tips Travel Photography dari Don Hasman



Pada hari Minggu, 29 Mei 2016 kemarin saya berkesempatan mengikuti Seminar Travel Photography yang diadakan oleh Canon Indonesia di Hall Utama Lantai 1, Malang Town Square. Adapun yang menjadi pembicara dalam seminar ini adalah fotografer professional Don Hasman.

Fotografer asal Indonesia yang Mendunia

Jujur, saya sebelumnya tidak tahu siapa itu Don Hasman, namun setelah saya gugling saya benar-benar kagum dengan kiprah beliau. Saya merasa beruntung bisa menimba ilmu langsung dari mastah fotografi yang telah berkecimpung di dunia fotografi selama 62 tahun ini.
Om Don (begitu beliau akrab disapa) memilih menekuni etnofotografi, kiprahnya di dunia internasional sudah tidak diragukan lagi. Om Don pernah meraih perhargaan sebagai 100 Famous Photographers in The World dari Pemerintah Perancis pada tahun 2000. Selain itu pada tahun 1978 Om Don melakukan pendakian ke Pegunungan Himalaya, sehingga ia berhasil tercatat sebagai orang Indonesia pertama yang telah menginjakkan kaki di Himalaya.


5 Tips Travel Photography dari Don Hasman


Saat ini usia Om Don sudah menginjak 76, namun semangat tidak pernah padam dalam dunia fotografi. Enam tahun yang lalu, Om Don melakukan sebuah perjalanan dengan berjalan kaki dari Saint-Jean-Pied-de-Port, Perancis hingga Katredal Santiago de Compostela, Spanyol. Beliau menempuh seribu kilometer dengan tujuan mengabadikan semua yang dilihatnya dengan kamera selama perjalanan. Dalam perjalanan yang memakan waktu 35 hari, Om Don berhasil mengabadikan 14.000 foto melalui kameranya. Syungkem sama Om Don, saya yang travel blogger wannabe ini sungguh tidak ada apa-apanya.

Bercerita Lewat Foto

Meskipun jam terbang dan prestasi Om Don Hasman sudah tinggi namun pembawaan beliau tetap sederhana dan low profil. Ibarat padi semakin berisi malah semakin menunduk. Mengikuti seminar ini saya seperti mendengarkan seorang Ayah atau Kakek yang bercerita kepada para anak dan cucunya. Di dalam cerita travelingnya kita diajak melihat secara langsung perjalanan Om Don melalui foto-fotonya. Tak hanya itu saja kita bisa mendapatkan wawasan bahkan ilmu baru melalui cerita di foto-fotonya tersebut.
Seperti foto pria Suku Asmat di bawah ini. Pasti kita heran mengapa pria itu menyematkan dua bunga di kepalanya? Padahal kalau di masyarakat pada umumnya, yang suka menyematkan bunga sebagai hiasan adalah wanita.




Nah menurut cerita Om Don, para pria Asmat meniru kebiasaan hewan dalam menarik perhatian lawan jenisnya. Seperti yang kita tahu jika dalam dunia satwa, justru hewan jantanlah yang memiliki penampilan lebih menarik seperti misalnya burung merak dan singa.

Tips Travel Photography dari Don Hasman

 

Berikut ini saya bagikan tips travel photography dari Om Don Hasman yang berhasil saya tulis di smartphone sembari menyimak seminar kemarin.

  1. Membawa Hati yang Bersih

Ketika akan melakukan sebuah perjalanan maka hal pertama dan utama yang harus kita bawa adalah membawa hati yang bersih. Niatkan perjalanan kita untuk mengeksplorasi keindahan ciptaaan Tuhan dan mengabadikannya lewat bidikan kamera kita.
Dengan hati yang bersih maka kita mudah melakukan pendekatan kepada alam, objek dan penduduk yang akan kita potret. Saat traveling kita mendatangi daerah yang baru dan asing maka jelaskan kepada para penduduk siapa kita dan apa tujuan kita datang. Pendekatan itu sangat penting agar kita bisa memotret dengan hati dan suasana yang nyaman juga, jangan langsung motret tanpa permisi terlebih dahulu. Pendekatan bisa dengan mengajak ngobrol, memberikan permen atau rokok.
Misalnya kita hendak memotret upacara adat maka kita harus mematuhi etika dan tata tertib yang berlaku di situ. Jangan memotret dari depan agar tidak mengganggu jalannya upacara.

 
5 Tips Travel Photography dari Don Hasman



  1. Foto Natural Lebih Berbicara

Jika kita hendak memotret objek penduduk maka jangan meminta mereka untuk berpose. Potret ketika mereka sedang beraktivitas alias candid, itu akan menghasilkan foto yang lebih berbicara. Tangkap segala ekspresi yang muncul, jangan menunggu mereka melihat ke arah kita.
Memotret anak-anak lain lagi, kita harus merebut hati dan perhatian mereka. Memberikan makanan atau mainan terlebih dahulu akan memudahkan kita mengambil ekspresi mereka yang alami. Jika anak-anak itu beserta dengan orang tuanya maka kita harus meminta ijin terlebih dahulu.


  1. Hadirkan Kesan 3 Dimensi

Foto hanya mampu menangkap objek secara 2 dimensi, nah agar foto kita lebih menarik maka hadirkan kesan 3 dimensi di dalamnya. Trus bagaimana caranya?
Kesan 3 dimensi bisa didapatkan melalui pengambilan 2 objek yang memperlihatkan bahwa 2 objek itu memiliki jarak yang berbeda dengan kita. Bisa juga dengan menonjolkan warnanya.  Kesan 3D dan bercitarasa seni juga bisa kita dapatkan dengan memotret objek foto secara diagonal, jangan terpaku memotret foto secara horizontal dan vertical.
Untuk makanan, hadirkan kehangatan dan kegurihan rasanya. Misalnya dengan memotret makanan saat masih panas sehingga tampak kepulan uapnya.
Contoh foto yang menghadirkan kesan 3 dimensi bisa dilihat pada foto-foto di bawah ini:








  1. Jangan Pelit Berbagi

Jika kita sudah selesai melakukan traveling, maka jangan pelit untuk berbagi hasil bidikan kamera kita dengan teman atau masyarakat. Dengan berbagi hasil foto kita maka kita akan ikut memperkenalkan objek foto, berbagi ilmu dan wawasan bagi teman-teman yang tidak punya kesempatan mengunjungi tempat-tempat indah di penjuru bumi ini.
Tidak perlu takut jika foto kita dicomot orang lain, bisa dengan membubuhkan watermark. Justru kita harus bangga dan bahagia jika foto kita dicomot orang lain, secara tidak langsung itu adalah pengakuan akan kualitas foto kita.

  1. Managemen Foto yang Baik

Sebagai seorang fotografer kita harus menjaga hasil jerih payah kita. Jangan sampai file foto-foto kita rusak atau hilang. Solusinya adalah dengan rajin mem-back up-nya di media penyimpanan yang kini sudah banyak tersedia di internet, misalnya Google Drive, Drop Box atau simpan di email. Pilih 10-20 terbaik dan simpan di sana.
Sebagai generasi muda kita harus malu sama Om Don, beliau yang usianya lanjut saja sangat up-date sekali dengan managemen foto.

Itulah 5 TipsTravel Photography dari Don Hasman yang saya dapatkan saat mengikuti seminar yang diadakan oleh Canon Indonesia. Sayang sekali saya tidak sempat foto bareng dengan Om Don karena sudah ada agenda acara lainnya. Semoga tips travel photography ini bermanfaaat bagi Anda semua.


Published by Keluarga Biru

Keluarga Biru adalah blog milik Ihwan Hariyanto dan Ivonie Zahra. Mereka menulis tentang parenting, traveling dan kuliner yang mereka lakukan bersama dua buah hati mereka Aiman dan Aira.
Follow us Google+.

16 comments:

  1. Nice info, Mas Ihwan, terima kasih sudah share ilmu yg oke bin kece ini. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama Mbak Eri, nanti kalo udah motret share hasilnya ya.

      Delete
  2. Senengnya bisa ikutan worksop kyk gini. Di rumah alhamdulillah udah ada DSLR, tapi usernya (baca: aku) blm bisa fotografi. Moga2 bisa ikutan workshop serupa kyk kmu Wan aamiin

    ReplyDelete
  3. Nice info Wan... udah lama aku ngefans ama om Don dan karya-karyanya. Beliau tuh idolanya anak gunung hehehehe...

    ReplyDelete
  4. keren Mas. setelah ikut event ini pasti foto foto di blog ini jadi keren keren 😊

    ReplyDelete
  5. Hwaaah ada Medina Kamil di fotonyaaaa. Makasih tipsnya wan. Ada IGnya gak ya pak Don? Mau lihat foto2nya euy. Ngeceess

    ReplyDelete
  6. Huaaa aku gak ikutan acara ini

    ReplyDelete
  7. Postingan ini berguna sekali. Terima kasih Ihwan sudah berbagi...

    ReplyDelete
  8. Terima kasih Ihwan sudah memposting tulisan bermanfaat. Jadi dapat ilmu...

    ReplyDelete
  9. Waah keren banget. Aku jga baru tahu tentang om Don, ya aku ngga gaul sihhh

    ReplyDelete
  10. Beliau salah satu panutan saya dalam travel photography, orangnya benar low-profile dan tidal pelit dalam berbagi foto dan ilmu.

    Tips sederhana tapi kalau dipraktekkan hasilnya bisa luar biasa..

    ReplyDelete
  11. suka bnget sama tipsnya mas..
    butuh bnget tips ini ghhheee

    ReplyDelete
  12. Info penting tentang tips fotografi yang baik semakin menjadikan saya pengin punya kamera bagus deh☺

    ReplyDelete
  13. Wah keren ya om don :)
    bisa buat motivasi para phography muda ini.
    makasih tips nya mbak yang udah ikut seminar, salam kenal dari blogrudhi.id

    ReplyDelete
  14. Wah tipsnya sangat berharga sekali buat pemula kayak saya ini gan :D
    btw makasih ya udah share tips yang diberikan beliau.

    ReplyDelete

Jika menurut Anda artikel ini berguna mohon dukungannya dengan memberikan donasi via PayPal untuk maintenance blog Keluarga Biru. Terimakasih ^_^

Google+ Followers

Followers

Total Pageviews

Contact

Powered by Blogger.