Keluarga Biru

Featured Post

Cerita Liburan Akhir Tahun Keluarga Biru ke Yogyakarta

Laman

KidZania Jakarta: Ketika Edukasi dan Hiburan untuk Anak Menjadi Satu

Keluarga Biru         25 comments


KidZania Jakarta: Ketika Edukasi dan Hiburan untuk Anak Menjadi Satu


Mas Aiman suka sekali bermain kereta mainan. Jika sedang bermain kereta api biasanya dia akan menggabungkan semua rel yang dimilikinya hingga memanjang, dilengkapi juga dengan gedung mainan sehingga terbentuklah sebuah stasiun. Mas Aiman memainkan peran sebagai masinis yang  menjalankan kereta api itu mengelilingi rel hingga sampai di stasiun. Pernah juga Mas Aiman berperan sebagai pembalap ketika memainkan koleksi mobil mainannya. Atau berperan sebagai peneliti hewan purba ketika bermain boneka dinosaurus miliknya.


Anak-anak memang memiliki imajinasi yang tinggi, mereka suka sekali berkhayal tentang profesi yang dijalankan oleh orang dewasa semisal pilot, dokter, polisi, juru masak dan masih banyak lagi lainnya. Sebagai orang tua kita wajib memberikan informasi dan pengetahuan yang benar tentang profesi yang sedang mereka perankan. 


Melihat Mas Aiman yang suka bermain dengan berperan menjadi masinis, pembalap hingga peneliti itu membuat saya ikutan berkhayal. Andaikan saja ada taman bermain anak dan keluarga dimana anak-anak bisa menjalankan peran profesi yang mereka sukai. Tapiii sepengetahuan saya belum ada taman bermain seperti itu di Malang, kebanyakan masih mengandalkan wahana permainan yang menguji fisik dan kelincahan anak. Sehingga nilai-nilai edukatif dan wawasannya masih kurang.

Apakah KidZania Jakarta itu?

Pucuk dicinta ulam pun tiba, suatu ketika saya membaca tulisan salah satu teman blogger saya yaitu Mbak Dewi Rieka tentang pengalaman seru anak-anaknya bermain di KidZania Jakarta. Dalam tulisannya tersebut, anak-anak Mbak Dewi yaitu Nailah menjadi arkeolog dan juru masak sedangkan Alde menjadi penyiar radio dan pemadam kebakaran. saya pun jadi kepo dan akhirnya mencari tahu apa sih KidZania Jakarta itu?


KidZania Jakarta: Ketika Edukasi dan Hiburan untuk Anak Menjadi Satu


KidZania Jakarta adalah sebuah theme park atau ’kota’-nya anak-anak yang mengedepankan unsur pendidikan dan hiburan (edutainment) yang pertama di Asia Tenggara bagi anak-anak usia 2 sampai dengan 16 tahun.
KidZania dirancang dan dibangun khusus menyerupai replika sebuah kota yang sesungguhnya namun dalam skala anak-anak, lengkap dengan jalan raya, fasilitas kota seperti rumah sakit, supermarket, salon, theater, pabrik-pabrik dan masih banyak lagi.
Di kota ini anak-anak bisa memainkan peran atau profesi orang dewasa, seperti menjadi arkeolog, dokter, penyiar radio, pilot, polisi, juru masak, ilmuwan dan lebih dari 100 profesi lainnya. Wah edukatif sekaligus menghibur ya, anak-anak kita bisa mengenal berbagai macam profesi dengan cara yang menyenangkan. 

KidZania Jakarta: Ketika Edukasi dan Hiburan untuk Anak Menjadi Satu


KidZania Jakarta: Ketika Edukasi dan Hiburan untuk Anak Menjadi Satu


Menurut saya, dengan bermain di KidZania akan menambah wawasan anak-anak tentang berbagai macam profesi di dunia. Efek positif jangka panjangnya adalah ketika mereka beranjak remaja mereka sudah memiliki gambaran akan memilih jurusan pendidikan yang sesuai dengan passion mereka. Sudah banyak cerita para remaja yang kebingungan memilih jurusan ketika akan masuk ke SMA/SMK bahkan saat hendak kuliah. Akibatnya mereka pun memilih jurusan atas doktrin orang tua atau yang lebih parah karena ikutan teman-teman. Bisa dibayangkan bagaimana mereka menjalani pendidikan yang bukan atas kemauan mereka.


KidZania Jakarta: Ketika Edukasi dan Hiburan untuk Anak Menjadi Satu


Saat ini 22 KidZania telah tersebar di 18 negara antara lain: Mexico (Santa Fe, Monterrey, Cuicuilco), Jepang (Tokyo dan Koshien), Indonesia (Jakarta), Portugal (Lisbon), Uni Emirat Arab (Dubai), Korea Selatan (Seoul dan Busan), Malaysia (Kuala Lumpur), Chile (Santiago), Thailand (Bangkok), India (Mumbai), Kuwait (Kuwait City), Filipina (Manila), Mesir (Kairo), Turki (Istanbul), Arab Saudi (Jeddah), Brazil (Sao Paulo), Singapore, dan Inggris (London).
Di Indonesia, KidZania menempati ruang seluas 7,500 m2 yang berlokasi di Pacific Place Mall lantai 6, Kawasan Niaga Terpadu, Jl. Jend. Sudirman Kav 52-53, Jakarta, dengan kapasitas pengunjung maksimum 1,800 orang dalam 1 shift.

Mewujudkan Hak Anak-Anak di KidZania


Menjelang lebaran, Mama Ivon memiliki kesibukan tambahan yaitu membuat kue lebaran untuk disuguhkan kepada para tamu. Melihat Mama Ivon beraksi di dapur, mencetak adonan menjadi kue yang bentuknya imut-imut itu membuat Mas Aiman tertarik untuk mencoba juga. Tanpa minta izin terlebih, Aiman langsung main comot saja adonan kue yang masih tersisia. Tentu saja hal itu membuat Mama Ivon agak marah, saya bisa memakluminya sih karena dia pasti capek dari siang sampai sore berkutat dengan adonan kue. 


Akhirnya saya pun mengajak Mas Aiman untuk membuat kue sendiri. Ini bukan kali pertama Mas Aiman tertarik ingin meniru Mama Ivon membuat kue. Dulu kami berdua pernah membuat kue donat ala-ala Mas Aiman. Tentu saja kue donatnya tidak jadi sempurna seperti donat pada umumnya, melainkan donatnya tidak berlubang. Akhirnya saya pun menamainya Donat Buntu ala Chef Aiman.




Ayah dan Bunda pasti juga pernah mengalami hal serupa bukan?

Tapi sayangnya tidak semua orang tua mau mengabulkan keinginan anak-anaknya untuk mencoba aktivitas yang mereka lakukan. Alasannya banyak mulai dari tidak mau repot hingga nanti rumah malah jadi kotor dan berantakan. Padahal penting bagi kita untuk memberikan kebebasan bagi anak untuk berkreasi dan bereksplorasi melakukan apa yang dia suka atau inginkan, sepanjang itu tidak berbahaya. Jangan sampai daya imajinasi atau kreativitas anak-anak tidak tersalurkan sehingga dia menjadi manusia yang tidak memiliki kreativitas dalam bekerja dan berkarya di masa depannya nanti.

Nah KidZania sebagai tempat wisata keluarga mengerti betul tentang hal ini, oleh sebab itu anak-anak diberikan hak-hak untuk mewujudkan  mewujudkan keinginan mereka, yaitu hak untuk:

  1. Melakukan Sesuatu
Kekuatan yang akan menentukan sendiri, unik dan bebas dalam hubungan di antara umat manusia. Hak ini didasarkan pada gagasan abadi kebebasan: kekuatan untuk bertindak, berbicara, dan berpikir sebagai satu ingin tanpa hambatan atau pembatasan.
  1. Mengetahui Sesuatu
Kekuatan penasaran dan eksperimental ketika mendidik diri sendiri. Hak ini menuntut akses terbuka dan pikiran terbuka untuk pencapaian pengetahuan dan pengalaman, menantang untuk selalu bersedia.
  1. Menciptakan sesuatu
Suka berinovasi, untuk bermimpi hal-hal baru. Inilah pola pikir qsli untuk merancang proyek-proyek yang efektif dan berharga, solusi baru untuk masalah manusia dengan pikiran asli dan berguna.
  1. Memberi
Hak ini menumbuhkan kepercayaan & etika yang kuat, kemauan untuk bekerja sama, bekerja sama dalam cara yang jarang dibayangkan, untuk membentuk semangat berdasarkan memberi.
  1. Peduli
Tanggung jawab untuk mendukung dan proaktif dari lingkungan. Hak ini merupakan fundamental komitmen berdasarkan kesadaran dan keterlibatan dalam kesejahteraan dan perlindungan alam.
  1. Bermain
Kemampuan untuk menjadikan hidup menjadi menyenangkan dan partisipatif di dalamnya. Hak ini berakar pada menikmati hidup, untuk mencurahkan energi dan waktu yang menuju membuat perjalanan hidup yang menyenangkan dan saling melengkapi satu sama lain.

Mencoba Parent’s Experience



KidZania Jakarta: Ketika Edukasi dan Hiburan untuk Anak Menjadi Satu


KidZania Jakarta menyajikan lebih dari 110 profesi global di 72 establishment yang bisa dimainkan oleh anak – anak usia 2 hingga 16 tahun. Beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di Kizdania Jakarta antara lain:

  • Acting Academy
Di establishment ini anak-anak bisa mencoba profesi sebagai aktor, sesulap, dan seniman jalanan! Mereka bisa mengasah bakat di bidang akting dan tampil di depan banyak orang. Di Acting Academy KidZania anak-anak mendapat kesempatan untuk menyiapkan pertunjukan yang paling keren dan tampil di Teater Metropolitan yang paling terkenal di KidZania!


PARENTS EXPERIENCE KIDZANIA


  • Archaeological Site
Bagi yang penasaran seperti apa profesi Arkeolog dan Paleontolog maka bisa ikutan di establishment ini. Anak-anak akan menjadi ilmuwan di situs ini, mereka akan diajak membuka rahasia kehidupan di masa lampau. Dengan aktivitas menggali untuk menemukan artefak dan fosil Microraptor yang berharga dan biarkan dunia mengetahui sejarah kehidupan manusia dan mahluk hidup lainnya.

  • Modeling School
Siapa di sini yang diam-diam pengin jadi model? Nah kalian bisa ikutan Modeling School di KidZania. Anak-anak bisa belajar bagaimana menjadi model dan mengetahui semua hal tentang industri fashion! Sekarang saatnya bagi kalian untuk menggebrak panggung fashion dan membuat kagum penonton Fashion Show terkemuka di KidZania!

Kalau Anda ingin mengetahui lebih banyak apa saja 72 establishment itu, langsung saja buka website KidZania. Di sana Anda bisa mendapatkan penjelasan lebih detail di setiap establishment. Tapiii, jangan salahkan saya jika Anda nanti malah ikutan mupeng dan pengin mencobanya juga hehehe.

Nah kabar gembiranya, KidZania kini memiliki program Parent’s Experience. Parent’s Experience diadakan karena banyak sekali permintaan dari para orang tua yang sudah mengajak anak-anaknya bermain di KidZania, mereka ingin ikut bermain juga bersama anak-anaknya di establishment.
Parent Experience diadakan kembali juga untuk memberikan kesempatan agar para orang tua bisa lebih memiliki quality time bersama anak – anaknya. “ Aktivitas bersama ini diyakini bisa memperkuat ikatan antara orangtua dengan anak dan menjembatani jarak diantara keduanya “, ujar Dada Sabra Sathilla, Marcomm Manager KidZania.

PARENTS EXPERIENCE KIDZANIA

Parent’s Experience ini khusus ada di hari Jumat sesi sore, Sabtu dan Minggu sesi pagi dan sore. Untuk bisa ikutan Parent’s Experience, orang tua cukup membeli tiket seharga tiket anak  yaitu IDR 150.000 saat weekdays, IDR 200.000 saat weekend dan IDR 250.000 ketika Holiday season. Sedangkan untuk jam bermain di KidZania Jakarta sebagai berikut:

Senin – Kamis : 09.00 – 16.00
Jumat, Sabtu, Minggu :
sesi 1 : 09.00 – 14.00 sesi 2 : 15.00 – 20.00
So, bagi Anda para orang tua yang saat ini mungkin masih bingung mau mengajak anak-anak liburan kemana maka nggak ada salahnya ajak anak-anak bermain di KidZaniaJakarta. Saya pun jika nanti ada rezeki lebih dan liburan ke Jakarta, akan memasukkan KidZania di list tempat yang akan Keluarga Biru kunjungi. Saya ingin Mas Aiman mencoba profesi arkeolog karena dia juga suka sekali dengan segala hal yang berkaitan dengan Dinosaurus. Trus juga main di Baking Centre bersama Mama Ivon, pasti dia senang akhirnya bisa membuat kue beneran yang bisa dimakan.


KidZania Jakarta
KidZania Get Ready for A Better World !
Pacific Place Mall Jakarta lantai 6, SCBD
Jalan Jend. Sudirman Kav. 52-53, Jakarta Selatan
Facebook : KIDZANIA JAKARTA
Twitter : @kidzaniajakarta
Instagram : @kidzaniajakarta
Website : Jakarta.kidzania.com



Published by Keluarga Biru

Keluarga Biru adalah blog milik Ihwan Hariyanto dan Ivonie Zahra. Mereka menulis tentang parenting, traveling dan kuliner yang mereka lakukan bersama dua buah hati mereka Aiman dan Aira.
Follow us Google+.

25 comments:

  1. Humayra ketagihan main di sini. Pernah main di Kidzania bareng temen2 kelasnya, pernah juga bareng sepupu2nya. Edukatif. Ayo Aiman kapan2 ke Kidzania juga, biar merasakan beneran betapa serunya liburan di Kidzania :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, semoga nanti ada rejeki bisa main ke Kidzania Jakarta, aamiin.

      Delete
  2. Nice info gan. Semoga ada rezeki saya bisa ajak anak kesana

    ReplyDelete
  3. Kayaknya tidak banyak tempat bermain anak yang punya konsep kayak gini yaaa. Jadi penasaraaaan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Ria, makanya kami pengin ajak Aim ke Kidzania, semoga ada rejeki nanti, aamiin.

      Delete
  4. Semoga nanti bisa ke Jakarta dan main2 ke Kidzania ya Aamiin.
    Tunggu Aira gedean dlu yak sekalian nyiapin budgetnya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya biar Aira bisa ikutan main juga, aamiin.

      Delete
  5. Pertama tau Kidzania ini dari postingan bupeb. Langsung mupeng pengen ajak anak2 kesana. Tapi sayang sampe sekarang belum kesampaian.

    ReplyDelete
  6. Jakarta...sebenarnya cocok buat anakku

    ReplyDelete
  7. Permainan perannya seru2. Pengen banget ke sana ngajakin anak2 belum nemu waktu yang pas sayangnya hehe

    ReplyDelete
  8. Makasih info nya, Mas. Jadi referensi sambil tunggu beberapa saat lagi biar Aiden pas udah paham.

    ReplyDelete
  9. ternyata jaringan KidZania ada dimana-mana.. pasti keren nehh

    ReplyDelete
  10. wah... dulu waktu kecil aku juga suka mainan mobil2an atau gelutan2 mas hehe.. sampai-sampai semua mainanku aku tata dan tak mainkan. walau saat itu cuma main sendiri, tpai seru

    ReplyDelete
  11. Waaahh lengkap yaaa di kidzania, makasih infonya mas Ihwan, bakalan seru ni ajak Piki ^_^

    ReplyDelete
  12. Jangankan buat anak2. Aku pun penasaran pgn main disini. Hihi

    ReplyDelete
  13. Hayo ke Jakarta, maen ke Kidzania bareng Raffi \m/

    ReplyDelete
  14. Kidzania keren bangeeeetttt
    kindly visit my blog: bukanbocahbiasa(dot)com

    ReplyDelete
  15. Nice tempatnya, surganya anak2 banget nih...

    ReplyDelete
  16. Menarik sekali tempatnya, edukasi dengan bermain. bagus banget.

    ReplyDelete
  17. Tempat menarik untuk dikunjungi nih mas, semoga tambah banyak tempat bermain untuk anak...

    ReplyDelete
  18. Rasanya pengen jadi anak kecil lg, waktu umurnya masih cukup belum pernah kesana hehehe.

    ReplyDelete
  19. Pas ke sana dulu belum ada program parents experience, duh jadi pengen ke sonoh lagiii

    ReplyDelete
  20. Aku sering dengar tentang tempat ini tapi blum pernah ke sana. Apa ngajak ponakan trus make program parents experience ya?

    ReplyDelete

Google+ Followers

Followers

Total Pageviews

IBX585B563EDC6FB

Contact

Powered by Blogger.