7 Tips Memilih Kaos yang Oke




Apa pakaian favorit Anda?
Kalau saya sudah pasti memilih kaos. Dalam aktivitas sehari-hari saya lebih sering memakai kaos daripada kemeja. Jika dipersentase maka jumlah kaos dan kemeja yang saya miliki perbandingannya sekitar 60:40. Mungkin kalau saya bekerja di rumah, perbandingannya makin jomplang 70:30 :P
Banyak alasan kenapa saya lebih memilih kaos dibandingkan kemeja, antara lain: simple dan praktis karena tidak perlu kancing, rasanya nyaman di badan karena bahannya halus, lebih menyerap keringat karena pria lebih cepat berkeringat dibandingkan dengan wanita dan yang paling penting untuk papa muda seperti saya dengan memakai kaos terlihat lebih stylish dan berjiwa muda uhuk-uhuk.
Tapiii memilih kaos juga tidak boleh sembarangan, ada beberapa point yang musti kita pertimbangkan. Jangan sampai salah pilih kaos, maunya tampil gaya malah jadi mati gaya. Nah kali ini saya akan sharing 7 Tips Memilih Kaos yang Oke.

  1. Bahan Kaos
Bahan kaos yang terdapat di pasaran ada beberapa macam, sebagai konsumen kita minimal tahu jenis-jenisnya agar tidak sampai salah pilih. Jenis bahan kaos yang umum dipakai adalah Cotton Combed, Cotton Carded, CVC, TC, PE. Tapi dari semua bahas tersebut yang paling bagus dan nyaman untuk dipakai adalah jenis bahan Cotton Combed.
Mengapa Cotton Combed paling banyak dipakai?
Alasannya karena kaos yang 100 % Cotton Combed adalah kaos yang 100% terbuat dari serat kapas alam dan memiliki karakteristik bahan yang relatif halus, dingin, nyaman dipakai dan menyerap keringat, sehingga sangat cocok dipakai di negara beriklim tropis seperti di Indonesia.
  1. Jahitan Kaos
Hal kedua yang perlu diperhatikan saat memilih kaos adalah jahitan kaos. Untuk jahitan kaos yang paling baik adalah jahitan berpola rantai. Biasanya jahitan rantai ini digunakan untuk menjahit bagian atas kaos dan menggunakan mesin jahit jarum dua rantai. Mesin jahit ini biasanya digunakan untuk menjahit kaos distro. Jahitan dua rantai ini berfungsi merapikan bagian bahu atas, yang menghubungkan kerah dengan lengan kaos.
  1. Bagian Bahu
Anda pasti tidak mau kan terlihat konyol memakai kaos yang kebesaran atau kekecilan? Maka dari itu saat membeli kaos perhatikan bagian pundaknya.  Perhatikan jahitan sambungan antara bagian badan kaos atau t-shirt dengan bagian lengan, pastikan agar jahitan ini berada pada sudut tulang bahu.
So,  kaos yang ukurannya pas dengan badan kita adalah adalah kaos yang jahitan sambungannya terletak pada sudut tulang bahu kita. Hal ini juga berlaku jika kita membeli pakaian seperti kemeja, jas, sweater dan yang lainnya. Pasti akan lebih enak dilihat jika sambungannya terletak pada sudut bahu Anda.
  1. Bagian Lengan
T-shirt atau kaos lengan pendek umumnya memiliki 2 jenis: ada yang sepertiga dari bagian lengan atas dan ada yang ukurannya duapertiga dari lengan atas. Kaos yang panjang lengannya dua pertiga dari lengan atas disebut kaos slimfit. Bagi Anda yang memiliki tubuh atletis sangat cocok memakai kaos model slimfit ini.
Namun kebanyakan pria merasa nyaman memakai kaos lengan pendek yang mempunyai ukuran lengan dua pertiga lengan atas. Kaos jenis ini biasanya membuat para pemakainya lebih nyaman dibanding kaos lengan pendek satu pertiga. 



  1. Panjang Kaos
Panjang kaos yang ideal biasanya berakhir diantara bagian bawah ikat pinggang hingga setengah resleting celana. Tapi kadang ada orang yang pede atau cuek memakai kaos yang panjangnya diatas bagian bawah gesper sehingga jika membungkuk bagian belakang akan terlihat. Padahal bagi sebagian orang hal itu sangat tidak nyaman, namun semua kembali kepada selera masing-masing.
  1. Gambar Kaos
Memakai kaos polosan aja pasti nggak seru dan membosankan. Nah biar terlihat kece dan percaya diri pilih gambar kaos yang benar-benar sesuai dengan selera dan kepribadian kita. FYI, gambar pada kaos banyak sekali tipenya antara lain: kartun, tulisan maupun sampai yang berupa foto.
  1. Warna Kaos
Jika kita memilih kaos, biasanya warna adalah hal yang sangat penting dan tidak bisa diabaikan begitu saja. Usahakan memilih warna kaos yang dengan sesuaikan warna kulit. Bagi yang dianugerahi warna kulit putih atau cerah biasanya bebas memilih warna apa saja. Sedangkan  yang berkulit gelap alangkah baiknya menghindari warna-warna yang terang. Tapi bukan berarti Anda yang berkulit gelap dilarang memakai kaos yang berwana cerah, kalau Anda pede ya go a head!
Ngomongin tentang kaos, ada merk kaos buatan anak Indonesia yang cukup terkenal dan memiliki banyak peminat yaitu Kaos 3 Second. Kaos 3 Second adalah produk asli dari Bandung yang tidak hanya memproduksi dan menjual kaos tapi juga jenis pakaian yang lain seperti jaket, celana serta aksesoris tambahan untuk melengkapi gaya Anda seperti tas, sepatu bahkan dompet. Namun yang paling diminati dari 3 Second adalah kaos.

Sebenarnya jika dilihat dari design, kaos yang diproduksi oleh 3 Second tidak ada bedanya dengan kaos distro. Design kaos dengan lengan panjang, pendek atau dengan panjang sesiku ini sekilas terlihat biasa saja. Namun kaos 3 Second memiliki keunggulan pada jenis bahan yang digunakan dan jahitan yang khas. Bahan yang digunakan untuk memproduksi kaos dari 3 Second dibuat dari kain katun berkualitas sehingga warna tidak mudah pudar dan nyaman untuk dipakai. Jahitan yang menjadi gaya khas dari kaos produksi Bandung ini adalah pada jahitan bahu yang pas sehingga ketiak memiliki sirkulasi udara yang baik serta perut Anda yang buncit dapat sedikit tertutupi atau membuat Anda tampak lebih kurus.
Kaos produksi 3 Second menggunakan bahan yang nyaman seperti katun sehingga ketika Anda menggunakannya misalnya untuk beraktivitas, kaos ini dapat menyerap keringat dengan baik. Selain itu, bahan kaonya juga dingin, memiliki elastisitas yang baik membuat kaos ini dapat Anda gunakan dalam jangka waktu yang lama atau lebih awet sehingga bisa menghemat pengeluaran untuk membeli pakaian. Karena kualitas kain yang digunakan membuat kaos ini tidak mudah mengeluarkan serabut seperti selimut.
Kaos Three Second ini memiliki ciri khas misalnya tulisan “Three Second” atau “3 Second” dan tidak lupa lambang mahkota yang menjadi ciri dari produk ini. Walaupun memiliki design kaos seperti tulisan yang terlihat biasa, namun cara mendesain dan menentukan jenis karakter huruf yang tepat menjadi salah satu daya tarik dari 3 Second.


Oke, itulah 7 Tips Memilih Kaos yang Oke ala Papa Ihwan. Semoga tips sederhana di atas mampu membantu Anda dalam memilih kaos yang sesuai dengan bentuk badan dan kepribadian Anda. Kalau Anda memiliki tips lain yang bisa ditambahkan, silakan tulis saja di komentar ya, terimakasih.

10 comments

  1. Cieeeee yang narsis pake baju biru. Kayaknya se-lemari isinya biru semua nih

    ReplyDelete
  2. Kalo bpkku misal beli baju bermotif, motif antara jahitan kudu nyambung. Jd prefer kl doi beli baju polos deh, gak kelamaan milih2. Hihi

    ReplyDelete
  3. Echieee.. cucok jadi modelnya 3second nih. Ulasannya lengkap

    ReplyDelete
  4. PAkai kaos memang lebih nyaman apalagi kalaucuaca lagi panas

    ReplyDelete
  5. Tipsnya oke, suami sama anak-anak suka banget pakai kaos

    ReplyDelete
  6. makasih tipsnya mas,
    soalnya aku kalo pake baju yang penting berasa cocok aja hehehe
    kurang bgitu peduli si

    ReplyDelete
  7. Alhamdulillah ya, pilihan istri selalu tepat :P

    ReplyDelete
  8. Keren nih.. iklannya di akhir. hehehe
    sukses terus mas nge blognya :-)

    ReplyDelete
  9. Aku kalo pilih kaos untuk.suami ama anak2 juga gak sembarangan. Mesti yang bener2 adem di kukit. Karena nggak paham jenis bahan katun, biasanya aku letakkan di atas kulit tangan. Terasa kok mana bahan kaos yang bener2 adem kalo dipakai

    ReplyDelete

Popular Posts