5 Buah-Buahan yang Dilarang untuk Penderita Vertigo

 

sakit vertigo kambuh

Bagi Gengs Biru yang sering merasakan sensasi berputar-putar luar biasa dibagian kepala, barangkali Anda mengidap penyakit vertigo. Vertigo sendiri merupakan sensasi berputar-putar luar biasa di bagian kepala. Vertigo terjadi karena dipengaruhi oleh vestibular pada telinga bagian dalam. Dimana bagian tersebutlah yang bertugas atas keseimbangan yang Anda rasakan dan perasaan posisi Anda pada suatu tempat. Vertigo bisa diatasi salah satunya dengan menghindari buah-buahan yang dilarang untuk penderita vertigo.

Jenis-jenis Vertigo

Sebelum mengetahui buah-buahan yang harus dihindari oleh penderita vertigo, ada baiknya untuk mengetahui jenis-jenis vertigo itu sendiri. Vertigo terbagi menjadi dua jenis, yang pertama vertigo perifer yang disebabkan oleh adanya masalah dengan telinga bagian dalam, organ kecil yang berkomunikasi dengan otak untuk mengontrol keseimbangan, pengaruh obat-obatan tertentu, dan adanya cidera dibagian kepala.

Sedangkan jenis vertigo yang kedua adalah vertigo sentral yakni disebabkan oleh adanya masalah di wilayah otak yang disebut cerebellum atau batang otak yang mentransmisikan pesan antara cerebellum dan sumsum tulang belakang.

Gejala dari penyakit ini antara lain bisa muncul dengan durasi singkat atau hilang timbul. Adapun tanda-tanda vertigo antara lain kehilangan keseimbangan, sekeliling terasa berputar putar, merasakan dengung di telinga, dan seperti ada yang menarik ke satu arah.

Bagi Anda yang sering mengalami gejala gejala tersebut, bisa jadi Anda menderita penyakit vertigo. Untuk mendapatkan kepastian, tidak ada salahnya untuk segera berkonsultasi dengan dokter. Agar Anda bisa mengetahui bagaimana penanganan yang tepat  dan obat vertigo jika kambuh.

Buah-Buahan Yang Dilarang Untuk Penderita Vertigo

Bagi Anda yang menderita vertigo, sebaiknya Anda menghindari makanan, minuman, buah-buahan, serta hal-hal yang bisa menyebabkan vertigo kambuh. Berbicara mengenai buah-buahan, adapun buah-buahan yang dilarang untuk penderita vertigo adalah sebagai berikut.

1. Jeruk

Buah-buahan yang dilarang untuk penderita vertigo yang pertama adalah jeruk. Kandungan citrun yang terdapat di dalam jeruk disinyalir mampu membuat vertigo kambuh. Maka dari itu, bagi Anda yang mempunyai riwayat penyakit vertigo, sangat dianjurkan untuk menghindari buah yang satu ini. Dengan menghindarinya, maka  bisa mengurangi penyakit vertigo yang sering kambuh.

2. Lemon

Tidak jauh berbeda dengan jeruk, lemon juga sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi bagi Anda yang menderita vertigo. Kandungan citrun yang terdapat di dalam lemon bisa menyebabkan vertigo yang Anda derita kambuh. Maka dari itu, hindarilah mengkonsumsi lemon jika tidak ingin vertigo yang Anda derita kambuh.

3. Kopi

Kadungan kafein yang terdapat di dalam kopi dapat meningkatkan sensasi dengung di dalam telinga. Maka dari itu, mengkonsumsi kopi sangat tidak dianjurkan bagi Anda yang menderita vertigo. 

 


4. Cokelat

Selain ketiga buah-buahan di atas, buah-buahan yang harus dihindari oleh penderita vertigo adalah cokelat. Hal tersebut dikarenakan cokelat mengandung tyramine.Tyramine sendiri merupakan asam amino yang bisa ditemukan pada makanan dan minuman yang bisa memicu migrain, pusing, maupun vertigo.

5. Pisang

Selain coklat, pisang juga merupakan salah satu buah-buahan yang harus dihindari bagi para penderita vertigo. Pasalnya pisang juga mengandung tyramine yang bisa memicu vertigo kambuh.

Itulah buah-buahan yang dilarang untuk penderita vertigo yang wajib untuk diketahui. Dengan menghindarinya, maka diharapkan vertigo pun tidak sering kambuh.

 

10 comments

  1. Wadidawwww, ini favorit aku semuaaa, Mas :D

    Beberapa waktu lalu, aku mayan sering vertigo gitu.
    trus, aku rutinkan yoga, meditasi dll.
    Hamdalah... berkurang banget.

    Jadii aku boleh yhaaa makan buah2an ini dan ngopii wkwkwkwkwk

    ReplyDelete
  2. whuaaa aku baru tau kalo vertigo dilarang pisang. aku sempet vertigo lama dulu sekitar 1-2 tahun, gak ngerti ada pantangan gini. dokter cuma bilang aku gak boleh banyak pikiran supaya gak kumat. terimakasih informasinya ya

    ReplyDelete
  3. Waduh .....
    Aku baru tahu tentang Vertigo. Berarti gejalanya seperti itu ya. Terima kasih infonya buah² yang tidak boleh di makannya Mimin.. 😉

    ReplyDelete
  4. Bener-bener aku baru tau kalo ternyata vertigo ada pantangan makanan untuk dikonsumsi juga. Gejalanya pun banyak, kupikir hanya pusing sampai berkunang-kunang gitu aja. Wah, menarik nih Mas infonya.

    ReplyDelete
  5. Baca ini pas makan pisang godok. Untung ga vertigo. Keluarga kami sering nyetok pisang di rumah, beli dari tetangga. HIhihi.
    Apaka semua pisang mengandung tyramine?

    ReplyDelete
  6. waah ternyata ada beberapa buah yang tak boleh. Seperti Jeruk dan Lemon. Kubaru tahu kalo ini bisa memberikan pengaruh

    ReplyDelete
  7. Aku cermati bolak-balik antara judul sama isi dan baru tersadar kalau kopi dan cokelat juga buah yaa...ehhhe...
    Ibukku pernah kena vertigo. Dan terapinya di kompres air hangat setiap hari minim 10-20 menit. Dan sembuhnya setahun setelah terapi begini...

    **datang ke terapist, ga di kompres sendiri.

    ReplyDelete
  8. Twrnyata ada pantangan makan buat vertigo. Aku pernah vertigo gara2 asam Lmbung..dan gak enak banget.. apalagi las sholat dibawa sujud tersiksa..

    Tapinkatamya mesti dilawan gitu katamya..

    ReplyDelete
  9. Wah baru tau loh, makasih informasinya. Kebetulan ibunya dulu pernah kena vertigo.

    ReplyDelete
  10. Omooo, saya baru tahu jika kondisi vertigo sebaiknya menghindari daftR buah di atas. Setelah membaca lagi, ya mungkin krn kaitannya ke kerja otak yang kalau konsumsi buah di atas bisa menjadi impuls atau penyebab jd kambuh. I see. Sy bukan vertigo tapi migrain, dan memang kalau kena kopi pas lg mulai kambuh rasanya tambah parah. Mungkin kira2 spt itu juga yaa :)

    ReplyDelete