Jadi Content Creator Produktif bareng OPPO Reno6

 

oppo reno6

Hallo Gengs Biru, di masa pandemi ini konten berupa video semakin banyak diminati. Ini terjadi karena masyarakat yang lebih banyak menghabiskan waktu di rumah merasa jenuh sehingga membutuhkan hiburan. Tak heran jika website dan aplikasi berbagi video semakin naik daun di tengah pandemi. Sebut saja Yotube dan Tiktok yang paling menonjol dan banyak diminati oleh masyarakat.

Saya sendiri sudah lama terjun di Youtube, jauh sebelum pandemi datang. Berawal dari keinginan untuk memiliki dokumentasi kegiatan bersama keluarga tercinta. Awalnya saya hanya sekedar upload tanpa melalui proses editing sama sekali, nama channel sama dengan nama blog yaitu Keluarga Biru. Sampai kemudian saya mengikuti sebuah workshop singkat editing video menggunakan smartphone, trus juga melihat kisah sukses teman-teman blogger yang beralih menjadi youtuber professional. Dari situ saya mulai memutuskan untuk lebih serius mengelola channel Keluarga Biru.

Content Creator Produktif dengan Smartphone

Alhamdulillah setelah melalui proses yang penuh perjuangan untuk mendapatkan 1000 subscriber dan 4000 jam tayang, akhirnya channel Keluarga Biru berhasi lolos program monetize. Untuk proses produksi mulai dari syuting, editing hingga upload saya menggunakan smartphone. Beberapa alasan menjadi pertimbangan saya mengapa tetap bertahan sebagai youtuber bermodalkan HP antara lain:

  1. Praktis: ukuran smartphone yang kecil dan bobotnya yang ringan menjadikan HP sebagai  peralatan tempur video yang praktis, mudah dibawa dan tidak membebani meskipun memiliki mobilitas yang tinggi. Kita tidak tahu akan menjumpai siapa, apa atau moment berharga apa ketika berangkat kerja, ngemall atau liburan. Begitu melihat ada sesuatu yang menarik, unik dan menjual kita bisa langsung mengabadikannya.
  2. Produktif: kalau mau sukses di Youtube kita harus disiplin mengupload video, jangan malas-malasan atau upload video baru kalau sedang mood saja. Dengan bermodalkan HP, saya bisa produktif mengedit video dimana saja dan kapan saja. Waktu istirahat di kantor, sedang menunggu antrian atau menghabiskan waktu luang di rumah. Daripada buat nge-game atau scrolling sosmed, mending fasilitas dan waktu yang ada dipergunakan untuk kegiatan yang produktif dan menghasilkan.
  3. Powerful: smartphone zaman now semakin canggih, fitur-fitur didalamnya terus dikembangkan dari tahun ke tahun. Salah satunya fitur kamera yang dipergunakan untuk membuat konten berupa foto dan video. Sekarang nggak usah bawa kamera yang berat, cukup dengan HP yang ringan kita bisa menghasilkan foto dan video dengan kualitas yang tidak kalah bagus. Misalnya kita bisa bikin foto bokeh atau video 4K hanya dengan kamera bawaan HP.

Nah ngomong-ngomong tentang smartphone yang mendukung produktivitas saya sebagai seorang content creator, saya tertarik bahkan pengin banget memiliki smartphone terbaru dari OPPO yaitu OPPO Reno6. 


oppo reno6

Sebagai content creator saya tidak membatasi diri dalam berkarya, mulai dari tulisan, foto, infografis hingga video. Untuk itu saya membutuhkan partner yang bisa diandalkan agar content yang saya hasilkan memiliki kualitas yang bagus sehingga disukai oleh banyak pihak. Ada pembaca blog saya yang harus saya manjakan juga dengan tampilan foto dan infografis yang ciamik agar betah membaca sampai akhir tulisan. Ada penonton di channel youtube yang selalu menuntut agar kualitas video saya terus meningkat seiring dengan bertambah besarnya channel. Trus juga ada brand yang harus saya bantu promosikan produknya di social media dengan foto dan video yang memukau.

Fitur-fitur Unggulan OPPO Reno6

Gengs Biru, sebelum kita membahas fitur unggulan pada OPPO Reno6, saya mau kasih tahu dulu berapa jumlah kamera pada smartphone yang tersedia dalam 2 varian warna: Aurora dan Stellar Black. OPPO Reno6 hadir dengan desain elegan yang fingerprint-proof atau sangat tahan terhadap sidik jari (tidak meninggalkan bekas setelah dipegang) karena adanya lapisan Reno Glow yang mengandung 5 Layer Diamond Spectrum.

oppo reno6

Jadi kamera pada OPPO Reno6 itu ada 5, mantabs kan? Kamera depan 1 dan kamera belakang 4. Kamera depan yaitu Selfie Camera 44MP, wiih makin kece deh hasil foto selfie atau wefie kalian nanti. Trus kamera belakang antara lain: kamera utama 64 MP F/1.7, kamera ultrawide 8 MP F/2.2, kamera makro 2MP F/2.4, dan Portrait Camera atau kamera mono 2MP F/2.4. Dengan 5 kamera ini kita bisa berkreasi semaksimal mungkin. Yuk kita lanjut bahas apa aja kemampuan kamera OPPO Reno6 ini.

  • Bokeh Flare Portrait Video

Saya tuh pengin bisa bikin video dengan efek bokeh kayak youtuber-youtuber pro yang bermodalkan kamera mirorless. Terutama saat bikin video cinematic atau promosi produk, sayangnya hal ini nggak bisa saya lakukan menggunakan HP saya sekarang. Nah OPPO Reno6 memiliki fitur kamera andalan yaitu Bokeh Flare Portrait Video. Fitur yang sudah diperkenalkan pada OPPO Reno4 Series ini (sebelumnya disebut Night Flare Portrait), telah dikembangkan sehingga dapat bekerja pada mode video.

Jadi sekarang semua pengguna OPPO bisa membuat video dengan efek bokeh kayak mirrorless yang lebih presisi, serta ada peningkatan algoritma untuk memaksimalkan pencahayaan dan warna dalam pemrosesan video secara otomatis. Hasil perekaman juga dapat mengambil gambar pada 300/s untuk menghasilkan efek bokeh yang real-time.

  • AI Highlight Video

Selama ini salah satu problem saya adalah ketika harus syuting dengan kondisi pencahayaan yang minim. Hasilnya jadi nggak bagus meskipun sudah saya edit pencahayaannya semaksimal mungkin. Untungnya fitur OPPO Reno6 ini mengkombinasikan Night Mode + HDR Live, sehingga memungkinkan kita merekam video di kondisi gelap dengan hasil yang cerah dan komposisi warna yang lebih optimal, dibantu oleh algoritma kecerdasan buatan untuk menstabilkan cahaya dalam pemrosesan video.

  • Portrait Beautification Video

Fitur kamera ini didukung dua algoritma baru, pertama pada 373 titik pengenalan wajah untuk menghasilkan algoritma percantik yang lebih halus, alami, dan akurat, serta Eye Brightening Algorithm yang akan mendeteksi mata dan memberikan kilauan untuk memberikan karakter dan kesan yang lebih tajam pada bagian tersebut.

  • AI Palettes

Fitur editing eksklusif dari OPPO, yang secara cerdas meningkatkan warna pada hasil foto, dengan cara mengambil ‘palet warna’ dari gambar lain, untuk kemudian dipasangkan ke foto tersebut. Fitur ini dilengkapi Face Protection, yang menjaga objek wajah manusia agar tidak terpengaruh perubahan.

  • Selain itu masih ada fitur-fitur lainnya yang nggak kalah OK. Untuk Photo ada fitur AI Color Portrait, Flash Snapshot (ICE/Image Clear Engine), Ultra Clear 108MP Image, Night Photo, AI Scene Enhancement. Sedangkan buat video: Dual-View Video, AI Color Portrait, 960fps AI Slow Motion, AI Mixed Portrait, Ultra Steady Video, Bokeh Effect Video

Kini semua produsen smartphone berlomba-lomba menyematkan berbagai fitur nan canggih namun sayang kebanyakan kurang memperhatikan aspek lainnya seperti kapasitas penyimpanan, ketahanan baterai hingga kualitas layar dan audio yang akan mempengaruhi kenyamanan penggunanya.

oppo reno6

Tapi Gengs Biru nggak usah kuatir sama OPPO Reno6 karena dia sudah dilengkapi dengan fitur bawaan yang mendukung performanya yaitu prosesor Snapdragon 720, 8GB RAM + 128GB ROM (dengan RAM yang dapat diekspansi via O-Swap hingga 13GB), dengan media penyimpanan yang besar kita nggak usah kuatir kehabisan memory saat bikin konten. Lalu 50W Flash Charge pada baterai sebesar 4.310mAh sehingga kita nggak perlu waktu lama saat mengisi daya baterai.  Kenyamanan mata saat menatap layar HP semakin meningkat dengan fitur 90Hz Refresh Rate screen. Trus telinga kita juga dimanjakan saat mendengarkan musik, nonton film atau main game dengan Dolby Atmos Speaker.

Bagi kalian yang suka main game, ada 3 fitur yang khusus diciptakan buat kalian antara lain:

  • Gaming Shortcut Mode memungkinkan pengguna menjalankan game yang sering dimainkan secara instan tanpa harus menunggu loading screen.
  • Bullet Screen Message memungkinkan pengguna melihat notifikasi dari aplikasi instant messaging saat in-game tanpa harus beralih aplikasi.
  • Game Focus Mode fitur yang menahan operasi aplikasi lain yang kemungkinan menghadang proses bermain, sehingga sesuai namanya dapat membuat pengguna fokus ke sesi permainan.

Tak ketinggalan ada fitur Hyperboost 4.0 yaitu fitur performance boost yang bekerja dengan teknologi AI Frame Adjustment guna menjaga kestabilan frame rate saat ponsel mengalami panas pada mesin atau gangguan sinyal. Dengan begitu pengguna tidak mengalami frame drop secara drastis hingga mengganggu pengoperasian.

Gimana Gengs Biru, kalian mupeng nggak dengan spesifikasi dan fitur-fitur unggulan dari OPPO Reno6 ini? Kalau saya sih, mupeng pakai bangettt. Dengan OPPO Reno6, saat pandemi dan di rumah saja tetap bisa produktif membuat konten-konten kece.

 

14 comments

  1. Pokoknya mah keluarga biru wajib bangettttt punya OPPO Reno6 ya bang, biar YouTube nya makinnnn hitsssss dan job ngalir terus deh

    ReplyDelete
  2. Soal keunggulan kamera oppo enggak bisa diragukan lagi. Selalu concern memperbaiki kemampuan kameranya hingga mirip dengan kemampuan kamera profesional dan tentunya mudah menggunakannya.

    ReplyDelete
  3. Nah, salah satu yang aku suka dari oppo reno 6 ini ada AI Highlight Video makanya aku suka banget! Eh diulas lagi di sini. Jadi makin ngerti sama fitur-fiturnya deh!

    ReplyDelete
  4. Memanjakan konten kreator banget ya Oppo ini, fitur kamera dan video, terus yang gamers juga kebantu fitur gaming shortcut dan focus mode.

    ReplyDelete
  5. Oppo reno 6 bisa jadi salah satu rekomendasi untuk mereka yang mencari gadget serba guna, dan bisa digunakan untuk membuat kontent, termasuk konten video. Karena dengan fitur kamera, ram, dan sebagainya, sangat mendukung untuk membuat kontent sesuai dengan selera.

    ReplyDelete
  6. Sama, dong, saya juga mupeng bangeet punya OPPO Reno6. Kebayang ciamiknya konten yang dihasilkan oleh kamera OPPO. Selama ini saya pakai OPPO versi lama, udah ngerasain puas dengan hasil kameranya. Apalagi yang terbaru ya...

    ReplyDelete
  7. OPPO RENO 6 sepertinya jadi pilihan banget untuk buat konten yang sesuai dengan keinginan, Hasilnya juga pasti kece dan keren. Semoga ada budget lebih untuk beli

    ReplyDelete
  8. Salah satu hape yang mantep banget ini sih Pap
    aku jadi pengen punya juga, seumur-umur belum pernah pake oppo

    ReplyDelete
  9. OPPO reno sudah sampe reno 6 ya. Bener2 slalu update dgn teknologi terkini nih oppo. Fiturnya makin cihuy

    ReplyDelete
  10. Mantul banget nih buat produksi konten foto, video, buat desain2 dan ngetik2 jg yaa, salah satu hp yang cocok utk konten kreator.
    Suka sama desainnya dan fitur2nya cukup lengkap utk sekelas hp ini.
    Bisa buat main game pula ya

    ReplyDelete
  11. Aku tuh salut lho sama keluarga biru yang awal2 dulu biasa tembus untuk adsense youtube. Sekarang kayaknya udah lebih dari 11k ya subcriber nya. Mantap lah. Makin salut begitu tahu video dibuat pkai hp saja. Kalau ada hp kayak OPPO Reno6 sih aku makin semangat ngonten videonya

    ReplyDelete
  12. cakep banget tampilannya, aku langsung naksir sama OPPO Reno6, ditambah fitur fiturnya makin jatuh cinta...

    ReplyDelete
  13. Ide-ide uda pada bertebaran dan kudu direalisasikan dengan gadget mumpuni seperti OPPO Reno6 niih... Kak Ihwan, bikin pelatihan konsisten bikin konten youtube doonk..
    Pengen juga euuii...

    ReplyDelete
  14. Benar-benar hape idaman para content creator ini, Mas. Kamera keren, desain mewah.

    ReplyDelete

Popular Posts