RuangBelajar: Aplikasi Belajar Online Terbaik

 

ruangbelajar aplikasi belajar online terbaik

Tidak pernah terbayangkan sebelum pandemi bahwa anak-anak harus belajar secara online, tidak bertatap muka langsung dengan guru dan tidak bisa bersosialisasi dengan teman-teman sekelasnya. Untungnya saya juga WFH (Work from Home) sehingga bisa ikut mendampingi anak sulung kami, Aiman, belajar online dari rumah. Aiman merasakan belajar online pertama kali saat duduk di bangku TK Nol Besar. Situasi ini masih berlanjut ketika dia memasuki dunia belajar yang baru di Sekolah Dasar.

Kendala Belajar Online bagi Siswa

Ada beberapa metode pembelajaran online yang dipakai di sekolah Aiman, mulai dari pembelajaran lewat video WA, Youtube hingga menggunakan media Google Meet. Video pembelajaran di Yotube yang dipakai ada yang dibikin sendiri oleh wali kelas namun kebanyakan menggunakan video dari beberapa channel pendidikan yang bermunculan sejak pandemi. Aiman suka jika belajar lewat Google Meet karena bisa melihat guru dan teman-temannya, sehingga tercipta suasana belajar mengajar yang interaktif.

Saya perhatikan, ada perbedaan yang cukup signifikan antara video bikinan wali kelas dan channel pendidikan. Video dari channel pendidikan menggunakan animasi yang membuat anak-anak suka menontonnya. Ditambah lagi dengan kemampuan public speaking yang bagus sehingga pemilik channel mampu memberikan penjelasan dengan intonasi yang jelas dan gaya bicara yang menarik. Hal ini bisa saya maklumi karena mengajar secara langsung dan online itu memiliki tantangan yang berbeda.

Demikian juga dengan belajar secara online memiliki tantangan yang tidak mudah baik untuk anak maupun orang tua. Beberapa kendala belajar online yang kerap dialami antara lain:

  1. Jaringan internet yang jelek
  2. Harga kuota internet yang mahal
  3. Jumlah perangkat yang terbatas, baik itu komputer maupun smartphone
  4. Distraksi (gangguan) di rumah
  5. Kesulitan menggunakan teknologi digital
  6. Pembelajaran kurang interaktif dan komunikatif

Kalau untuk Aiman, kendala yang paling utama adalah distraksi di rumah misalnya melihat adiknya asyik bermain jadi mupeng pengin main juga. Ditambah lagi Aiman agak sulit berkonsentrasi dan cukup aktif sehingga tidak betah duduk berlama-lama di depan laptop. Trus pembelajaran kurang interaktif dan komunikatif karena guru mengajar satu arah, guru hanya memberikan tugas di WAG Wali Murid dan mengirimkan link video penjelasan dari Youtube.

Kami sebagai orang tua juga mengakui kurang maksimal dalam mendampingi Aiman belajar di rumah. Kalau saya harus membagi waktu, pikiran dan tenaga untuk bekerja (WFH) dan membantu mengerjakan pekerjaan domestik. Sedangkan istri, dia agak kurang sabaran mengajari Aiman dan sibuk juga dengan pekerjaan domestik. Saya sendiri bukannya tidak pernah marah saat mendampingi Aiman belajar, pernah saya agak jengkel karena dia kurang fokus belajar sehingga susah memahami soal yang akan dikerjakan.

Alhamdulillah dengan segala kendala dan kekurangan tersebut, Aiman bisa naik ke kelas 2. Di semester kedua, sempat diadakan pembelajaran tatap muka. Hal ini memberikan semangat dan suasana baru bagi para siswa. Selain itu juga kami jadi mengetahui sampai dimana kemampuan mereka yang sebenarnya karena PAT (Penilaian Akhir Tahun) diadakan secara offline juga.

Persiapan Tahun Ajaran Baru bersama Ruangbelajar

Saya bersyukur dengan pencapaian yang sudah didapatkan Aiman di kelas 1. Saya menyadari kendala dan kekurangan yang dialaminya sehingga saya pun berusaha realistis, tidak memasang target yang muluk-muluk. Bisa naik ke kelas 2 aja udah bagus, mengingat situasi yang tidak kondusif di semua aspek kehidupan, termasuk pendidikan.

Saat ini Aiman sedang menikmati liburan sekolah. Saya dan istri sudah memikirkan langkah apa yang harus kami ambil agar di kelas 2 nanti prestasi belajar Aiman bisa lebih maksimal. Kami berencana mengikutkan dia pada kelas bimbingan belajar. Sebenarnya di kampung kami ada tempat les namun kuotanya sudah penuh. Di samping itu, situasi pandemi yang mulai naik lagi membuat kami harus membatasi interaksi anak-anak dengan orang lain. Saya ingin di kelas 2 nanti, Aiman jadi bersemangat untuk belajar. Tidak perlu dipaksa bahkan sampai dimarahi agar mau belajar. 

ruangbelajar aplikasi belajar online terbaik

 

Saya lalu teringat sama RuangGuru yang memiliki beberapa produk aplikasi belajar online terbaik seperti ruangbelajar, ruanguji, ruangles dan masih banyak lagi lainnya. Nah untuk Aiman yang masih duduk di bangku SD kelas 1, yang paling cocok adalah Ruangbelajar. Ruangbelajar adalah aplikasi belajar online menggunakan metode terkini berupa video animasi yang akan membuat anak lebih semangat dan antusias dalam belajar mandiri di rumah.

Ruangbelajar menyediakan puluhan ribu video belajar beranimasi, latihan soal dan rangkuman/infografis yang membuat anak jadi lebih mudah memahami pelajaran. Semua materi ini bisa diunduh dan diakses lagi secara offline kapanpun dibutuhkan. Sehingga belajar online tidak lagi bikin fakir kuota. Boleh dikatakan bahwa Ruangbelajar mampu memutus jarak, ruang, dan waktu untuk memudahkan anak-anak selama PJJ untuk mendapat pengetahuan yang lebih dalam memahami beragam mata pelajaran.

Fitur-fitur Ruangbelajar untuk Kemudahan Belajar Online

Ruangbelajar memiliki banyak fitur yang diciptakan untuk membuat anak-anak jadi lebih bersemangat belajar dan lebih mudah memahami pelajaran. Adapun fitur-fitur yang terdapat di dalam Ruangbelajar antara lain:

Ruangguru Pets

Anak-anak suka kalau belajar itu ada temannya. Nah belajar online di Ruangbelajar semakin seru dengan ditemani 3 PET. 3 karakter teman belajar itu adalah Candra the Bird of Paradise (Candra), Modo the Giant Dragon (Modo) dan Harry the Diamond Tiger (Harry). Ketiga karakter ini menggambarkan kondisi siswa yang sedang belajar online, apakah sedang bersemangat, lesu, santai, dan lainnya.

ruangbelajar aplikasi belajar online terbaik

Ruangguru Adventure

Pada dasarnya anak-anak masih suka bermain bahkan remaja sekalipun. Kita yang sudah dewasa juga suka kan main game? Di Ruangbelajar anak-anak bisa belajar sambil gaming. Fitur gamification ini bertujuan menyemangati siswa untuk belajar. Semakin rajin belajar semakin banyak hadiah yang dapat dikumpulkan. Belajar jadi seru, seperti bermain, tapi belajar.

Jadwal Belajar

Siswa dapat mengatur jadwal belajarnya sendiri, kapan mau mulai dan mengulang pelajaran. Fitur disediakan dalam bentuk tabel yang berisi mata pelajaran, hari, dan kapan waktunya. Fitur ini membentuk karakter anak agar belajar disiplin dan bertanggung jawab atas pilihannya.

Asah Otak

Untuk mengetahui sampai dimana anak memahami dan menguasai materi yang sudah dipelajari maka kita bisa menggunakan fitur Asah Otak. Pada fitur ini anak bisa memilih soal mulai dari yang termudah, sedang, sulit dan HOTS (Higher Order Thinking Skill). Setelah siswa mengerjakan soalnya, nanti dapat dicocokkan dengan jawaban dan pembahasannya. Jadi mereka tahu dimana kesalahan mereka.

Bank Soal

Ruangbelajar benar-benar mengerti bahwa tidak semua anak memiliki akses internet yang bagus. Nah di fitur Bank Soal, siswa bisa mengunduh kumpulan soal dan dikerjakan tanpa perlu koneksi internet. Pada fitur ini tersedia beragam jenis soal, untuk UTS, PAT, hingga SBMPTN. Setiap soal juga diberikan pembahasannya. Tentunya semakin banyak dan sering mengerjakan soal akan membuat siswa terlatih menghadapi ujian sesungguhnya di sekolah nantinya.

Yang Terbaru dari Ruangbelajar di Juli 2021

 

ruangbelajar aplikasi belajar online terbaik

Agar siswa semakin mantap persiapannya menyambut tahun ajaran baru, Ruangbelajar pada awal bulan Juli ini telah menambahkan beberapa fitur baru. Fitur-fitur ini tidak hanya meningkatkan prestasi siswa namun juga membentuk karakter yang lebih baik.

Adapto

Mengambil manfaat dari hasil nilai kuis dalam video membuat pembelajaran jauh lebih interaktif dengan jawaban yang mengarahkan siswa sesuai dengan kemampuan belajarnya. Dengan demikian, siswa benar-benar dapat memilih materi belajar sendiri.

 

Tujuan fitur

  • Hasil belajar siswa dapat ditingkatkan dengan belajar dengan kecepatan mereka sendiri, memastikan mereka memahami materi sebelum melanjutkan ke bagian berikutnya.
  • Siswa dapat didorong untuk belajar lebih banyak dalam satu sesi dengan membuat pengalaman belajar lebih ancer, berkelanjutan & imersif

Rencana Belajar (Playlist Belajar)

Fitur ini memudahkan user ketika menonton video pembelajaran (atau melakukan materi pembelajaran lainnya), mereka sering terganggu dan harus berhenti belajar di Aplikasi Ruangguru, dan ingin melanjutkan materi tidak dari awal.

Tujuan fitur

  • Menciptakan kebiasaan yang lebih disiplin bagi pengguna terkait konten apa yang harus mereka pelajari setiap minggu
  • Memberikan rencana pembelajaran (rekomendasi playlist) kepada pengguna sesuai dengan kebutuhannya dan sesuai dengan timeline atau agenda di sekolah
  • Untuk memberikan cara yang lebih mudah bagi pengguna untuk melanjutkan dan menyimpan misi untuk belajar nanti

Pet Mission

Misi hewan peliharaan adalah daftar misi harian yang disediakan di halaman evolusi hewan peliharaan. Jika pengguna menyelesaikan 4 misi dalam seminggu, mereka akan diberikan 1 batu evolusi hewan peliharaan.

Tujuan fitur

  • Fitur Ruangguru Pet telah terbukti sebagai salah satu fitur yang dapat mendorong pengguna yang suka bermain game online menjadi lebih semangat belajar.

Masih ada beberapa fitur baru lainnya seperti: Subtitle Video, Fitur Pencarian dan Tes Minat Bakat. Jika Anda ingin tahu lebih banyak bisa membacanya di website Ruangbelajar. Trus kabar gembira lainnya adalah kini sedang ada diskon sebesar 60% untuk paket berlangganan selama 1 tahun. Trus bisa diangsur sampai 3 kali lho.

  • Paket 1 Tahun Ajaran 2021/2022, yang semula harganya mulai dari Rp.1.498.000 tinggal Rp.599.000. Promo ini berlaku hingga 30 Juni 2022
  • Paket 1 Tahun Ajaran 2021/2022 SMA + UTBK yang semula harganya mulai Rp.2.498.000 tinggal Rp.999.000. Promo ini berlaku hingga 31 Agustus 2022

So Ayah Bunda, jika ingin anak lebih giat belajar dan berprestasi di sekolah buruan deh daftarkan mereka di Ruangbelajar. Untuk info selengkapnya silakan kepoin pada link-link di bawah ini.

Website Ruangguru: https://ruangguru.com/

Website produk ruangbelajar: https://www.ruangguru.com/ruangbelajar

Instagram Ruangguru: https://www.instagram.com/ruangguru

Youtube Ruangguru: https://www.youtube.com/channel/UCbc1RY0McnikiEMD8Box5Ig

Blog Ruangguru: https://ruangguru.com/blog

 

 

 

 

6 comments

  1. Fitur-fitur terbaru dari ruangbelajar kren dan inovatif. Anak2 berasa disuruh main game, padahal mereka secara tidak langsung jadi belajar.

    ReplyDelete
  2. Seruuu banget RuangGuru dan aneka produknya ini ya Mas
    Bikin anak2 jadi semangat belajar, dan beban ortu jadi agak lebih enteng wkwkwk
    Selamaatttt ber-PJJ kak Aimaaannn

    ReplyDelete
  3. Wah anakku juga baru naik kelas 2, sepertinya anak kita seumuran ya. Aku paling rrtarik fitur asah otak itu deh buat nyoba

    ReplyDelete
  4. Oh baru tau ternyata ruangguru banyak aplikasinya ya. Akan dicoba ah untuk bocah dirumah.

    ReplyDelete
  5. ruang belajar dari ruang guru memang memberikan banyak manfaat bagi anak dan memudahkan orang tua dalam memberikan tambahan pelajaran. Pas banget dipilih

    ReplyDelete
  6. Lhaa iya ituu..
    Kudu siapin kuota dan kalau ada kendala jaringan, langsung tiba-tiba panik.
    Gini yaa...rasanya sekolah online, bener-bener gak kebayang sebelumnya.

    Semoga dengan bantuan ruangbelajar daru ruangguru, anak-anak bisa tetap semangat menimba ilmu untuk kepentingan masa depan mereka.

    ReplyDelete

Popular Posts