Liburan Keluarga ke Blitar Park

 

Blitar Park

Saat ini kota-kota di Jawa Timur mayoritas sudah menyandang status PPKM Level 2 bahkan Kota Blitar menjadi kota pertama di Jawa Timur yang menyandang status PPKM Level 1. Jadi buat para wisatawan yang ingin liburan ke Kota Blitar tidak perlu ragu lagi. Yang paling utama tetap menjalankan protokol kesehatan dimanapun berada. Lalu objek wisata apa yang recomended di Kota Blitar saat ini? Blitar Park jawabannya.

Sebenarnya Keluarga Biru sudah lama punya planning untuk mengunjungi Blitar Park namun belum ada waktu yang cocok untuk main ke sana. Padahal jika kami pergi ke Kota Blitar pasti melewati objek wisata yang memiliki 16 pilihan wahana ini. Namun belum sempat kami mengunjungi, wabah virus Corona sudah masuk ke Indonesia yang berakibat pada penutupan semua objek wisata di Indonesia termasuk Blitar Park.

Lokasi Blitar Park

lokasi blitar park

Blitar Park diresmikan pada tanggal 20 Mei 2019, beralamat di Sawahan, Pojok, Kecamatan Garum, Blitar, Jawa Timur 66182. Lokasinya sangat strategis karena berada di pinggir Jalan Nasional III yang merupakan rute perjalanan dari Kota Malang menuju Blitar. Walaupun Blitar Park terletak di Kabupaten Blitar, tetapi lokasi Blitar Park ini hanya sekitar 500 meter di sebelah timur Gapura Kota Blitar.

Rute Blitar Park

Untuk menuju ke Blitar Park, rutenya sangat mudah karena berada di Jalan Nasional III. Jika Gengs Biru dari arah Kota Blitar maka tinggal menuju ke Garum. Setelah melewati batas antara Kota dan Kabupaten Blitar pelankan kendaraan. Blitar Park berada di sebelah kiri jalan, sign board -nya terlihat eye catching kok.

Jika Gengs Biru dari arah Kota Malang silakan ikuti rute menuju Kota Blitar. Nah sebelum memasuki Gapura Kota Blitar (bukan Gapura Kabupaten), perhatikan di sebelah kanan jalan. Objek wisata Blitar Park ini berada di kanan jalan. Sebelum masuk ke gerbang Blitar Park, beri sign (tanda lampu) kanan agar satpam yang berada di gerbang mengerti dan akan membantu Anda menyeberang.

Harga Tiket Masuk Blitar Park

Tiket Masuk (HTM) Blitar Park ada 2 macam yaitu Tiket Masuk Wisata dan Tiket Terusan. Harga Tiket Masuk Blitar Park ada perbedaan sebelum dan selama pandemi. Sebelum pandemi harga Tiket Masuk Wisata per orang sebesar Rp.20.000, kita sudah bisa menikmati suasana asyik di dalam Blitar Park, bisa berenang di Water Boom dan hunting foto di Taman Seribu Bunga. Bila ingin mencoba wahana permainan, kita harus membayar tiket Rp 15.000 tiap wahana.


harga tiket masuk blitar park

Kalau Gengs Biru mau lebih hemat lebih baik membeli Tiket Terusan sebesar Rp 55.000/orang (berlaku pada hari Senin – Jumat) dan Rp 65.000/orang (berlaku pada hari Sabtu & Minggu / libur Nasional). Dengan Tiket Terusan kita bisa menikmati berbagai wahana permainan seru seperti Octopus, Dragon Coaster, Bombom Car, Colombus (Kora-Kora), Frog Hopper dan Sepeda Air secara gratis. Tapi masih ada wahana lainnya yang tidak termasuk dalam Tiket Terusan yaitu wahana 5D tarif Rp 25.000, VR dengan tarif Rp 30.000 dan Zona Game Rp 10.000 untuk 4 koin.

Nah selama pandemi, tepatnya setelah PPKM Level 3 Blitar Park menurunkan harga tiket masuk. Penurunan harganya sangat drastis, mungkin langkah ini dilakukan untuk menarik minat para wisatawan. Tiket Masuk Wisata turun menjadi Rp.10.000. Sedangkan untuk Tiket Terusan jadi murah banget hanya Rp 20.000.

Jam Operasional Blitar Park

Tahu nggak Gengs Biru, saat ini Blitar Park itu satu-satunya objek wisata di Blitar yang beroperasional mulai dari pagi sampai malam hari. Hari Senin-Jumat Blitar Park buku mulai pukul 12.00-22.00 WIB. Sedangkan di hari Sabtu-Minggu, Blitar Park beroperasi  buka lebih pagi yaitu mulai pukul 09.00-22.00 WIB.

Dengan dukungan pencahayaan dan wahana yang tetap bisa beroperasi di malam hari, maka tepat banget kalau Gengs Biru menghabiskan malam hari dengan jalan-jalan ke Blitar Park bersama keluarga, pasangan atau teman-teman se-gank.

Wahana di Blitar Park

wahana di blitar park

Dengan harga Tiket Terusan yang sangat terjangkau kita bisa mencoba setidaknya 16 wahana yang ada di Blitar Park, antara lain:

  1. Waterboom
  2. Octopus
  3. Perahu Bajak Laut (Kora-Kora)
  4. Dragon Coaster
  5. Jump Frog
  6. Sepeda Air
  7. Playground
  8. Terapi Ikan
  9. Insect Garden
  10. Playland
  11. Bom Bom Car
  12. Go Cart
  13. Video Interaktif
  14. Game Zone
  15. Cinema 5D

Selain itu ada juga beberapa fasilitas seperti toko souvenir khas Blitar Park, restoran, cafe, toilet dan musholla. Area parkirnya cukup luas berada di depan dan samping Blitar Park.

 

Liburan Seru di Blitar Park


liburan keluarga ke blitar park

Aiman dan Aira senang banget ketika kami beritahu kalau kami mau liburan ke Blitar Park. Semenjak pandemi kami memang belum pernah mengajak mereka ke objek wisata theme park. Kami sempat ada wacana mau mengajak mereka liburan ke salah satu objek wisata milik Jatim Park Group di Batu namun belum ada yang beroperasional. Nah pas pulang kampung ke rumah mertua di Blitar, kami iseng ke Blitar Park. Eh ternyata udah buka dan anak-anak juga boleh masuk.

Alhamdulillah selama PPKM Level 3 ini harga tiket masuk ke Blitar Park sangat murah yaitu Tiket Masuk Wisata Rp.10.000 dan Tiket Terusan hanya Rp 20.000. Sudah pasti kami memilih tiket terusan sehingga total tiket untuk 4 orang Rp.80.000 saja. Saat kami tiba di Blitar Park suasana masih relatif sepi padahal waktu itu kami datang di lokasi jam 11.30.

Untuk mencegah penularan virus Corona di tempat wisata, maka para pengunjung Blitar Park wajib menerapkan protokol kesehatan mulai memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak dan tidak berkerumun. Para karyawan juga selalu rajin mengingatkan pengunjung yang lupa atau lalai prokes.


insect garden blitar park

Jujurly, saya cukup kagum saat pertama kali melihat penampakan Blitar Park yang luas dan wahananya cukup banyak ini. Aiman Aira pun sudah tidak sabar untuk mencoba wahana-wahana yang tampak seru dan menyenangkan. Dari pintu masuk kita langsung bisa melihat waterboom di sebelah kanan, di sampingnya ada gazebo yang bisa dipergunakan pengunjung. Trus restoran yang menyajikan menu-menu tradisional dan modern.

Kami lalu berjalan menuju wahana lainnya, anak-anak langsung berlari menuju Playground. Aiman dan Aira mencoba beberapa macam perosotan di situ. Sementara itu di sisi lain tampak pengunjung yang sedang menaiki wahana Perahu Bajak Laut (Kora-Kora), mereka berteriak kencang setiap kali perahu seperti akan terbalik. Di samping Playground, terdapat wahana Jump Frog yang juga memacu adrenalin.


playground blitar park

kora-kora blitar park

jump frog blitar park

Tiga remaja putri sudah bersiap di atas Jump Frog. Setelah pegawai Blitar Park menekan tombol start, maka tubuh mereka pun dibawa ke ketinggian sekitar 15 meter. Awalnya sang kodok menghempaskan tubuh mereka pelan namun setelah itu berubah jadi lebih cepat. Teriakan senang bercampur rasa takut pun kembali terdengar. Seakan bersaing dengan teriakan pengunjung yang masih diombang-ambing di Peraju Bajak Laut.

Setelah puas bermain di Playground, kami mengajak anak-anak mencoba wahana Sepeda Air. Sesuai dengan namanya, di wahana ini kami menaiki sepeda raksasa di sebuah kolam yang cukup besar. Sebenarnya yang kita naiki itu adalah perahu yang dipasang roda besar di sisi kanan, kiri dan depan. Untuk menjalankan perahu kita mengayuh pedal dan mengarahkan kemudinya seperti kita naik sepeda. Sambil mengayuh kita menikmati pemandangan berbagai macam ikan dan beragam warna yang menghiasi kolam, termasuk ikan koi.


dragon coaster blitar park

Dari playground kita pindah ke wahana Dragon Coaster. Sebenarnya Aiman nggak mau naik, dia takut melihat wahana Dragon Coaster yang berjalan cepat di lintasan yang meliuk-liuk. Tapi kami berhasil membujuknya karena lintasannya tidak seseram yang dia bayangkan. Alhamdulillah Aiman dan Aira bisa menikmati wahana tersebut.

Belum puas memacu adrenalin, kami mengajak anak-anak naik wahana Octopus. Ini adalah wahana komedi putar berupa gurita raksasa dengan tentakel yang berputar dengan kemiringan tertentu. Meskipun begitu wahana ini aman untuk anak-anak, mereka semua tampak senang dan menikmati sepanjang permainan.


wahana octopus blitar park


Tapi ternyata Aiman dan Aira jadi agak pusing setelah naik 2 wahana yang memacu adrenalin, terutama Aiman. Kami pun mengajak anak-anak untuk beristirahat di salah satu gazebo yang ada di pinggir waterboom. Melihat anak-anak lain bermain dengan serunya di kolam renang membuat Duo Ai merajuk pada kami agar diijinkan berenang. Tapi kami lupa tidak membawa pakaian renang dan baju ganti.


waterboom blitar park

Karena kasian dan sayang juga nggak memanfaatkan tiket terusan, akhirnya kami mengijinkan mereka berenang. Untung Aira pakai legging sehingga bisa dipakai buat renang, sedangkan Aiman kami belikan celana pendek di toko souvenir. Kalau saja saya baju ganti, saya pasti juga udah ikutan nyebur. Akhirnya saya hanya mengawasi sambal bikin konten tentan Blitar Park. Hasilnya bisa dilihat di sini.




Masih banyak wahana lainnya yang kami coba di Blitar Park seperti Cinema 5D (menonton video dengan efek 5 dimensi), video interaktif, Bom-Bom Car dan Game Zone. Setelah anak-anak selesai berenang kami makan siang di restoran yang ada di samping Waterboom. Anak-anak makan mie cup sedangkan kami mencoba menu sate.


Blitar Park


Oke Gengs Biru, itulah cerita liburan Keluarga Biru ke Blitar Park. Sebenarnya kami ingin melihat wahana Blitar Park yang tampak indah di malam hari seperti Insect Garden dan Terapi Ikan. Namun karena kami harus balik ke Malang sehingga kami putuskan untuk pulang sore hari. Next time kami akan main ke Blitar Park saat malam hari, tungguin video dan tulisan kami selanjutnya yaa. Wassalam.

 

4 comments

  1. Menarik, kemudian harga tiketpun sangat terjangkau.

    ReplyDelete
  2. Blitar, saya belum pernah ke sini

    banyak gak transportasi ke sini?

    Mau ah, traveling ke Blitar buat kulineran :D

    ReplyDelete
  3. Jam operasional Blitar Park ini lumayan lama juga ya..sampe jam 10 malem masih buka. Semoga semua wisata di Blitar bisa segera beroperasional seperti normal lagi ya. Mantap udah ppkm level 1

    ReplyDelete
  4. Wah seru juga nih mas liburan ke Blitar Park.. kalau ada kesempatan mau banget deh main-main ke sini hehe.

    ReplyDelete

Popular Posts