My Gadget My Weapon

 

content creator

“Ihwan, jangan lupa desain poster untuk Pelatihan Literasi Informasi harus sudah diupload minggu ini,” pesan baru muncul di WAG Kantor, Bu Bos mengingatkan saya untuk menyelesaikan job desk saya sebagai panitia di event bulanan kantor selama pandemi.

“Hallo Kak, produknya sudah aku kirim ya. Aku kasih waktu maximal 3 minggu setelah produk diterima sudah harus up blogpostnya ya Kak,” pesan baru muncul lagi, kali ini dari PIC sebuah brand yang bertanggung jawab menangani kerjasama review produk di blog saya.

Kesibukan Papa Biru selama Pandemi

Itulah sedikit kesibukan saya selama pandemi yang sudah hampir 2 tahun kita alami. Saya seorang ASN di sebuah PTN di Malang sekaligus seorang content creator di blog, channel youtube dan social media. Di kantor saya bertugas di bagian Humas yang bertanggung jawab atas dokumentasi dan publikasi semua kegiatan dan informasi yang dibutuhkan mahasiswa. Selama pandemi saya bekerja dari rumah (WFH), tetap harus melakukan up-date di website dan semua akun resmi sosmed kantor, termasuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dari mahasiswa.


work from home

Sementara sebagai seorang content creator saya mengelola 2 blog, 2 channel youtube dan 8 akun sosmed yang semuanya harus rajin up-date. Adapun konten yang saya buat meliputi tulisan, foto, infografis dan video. Mayoritas saya kerjakan sendiri, biasanya saya melibatkan istri dan anak untuk menjadi talent di dalam konten saya.


content creator


Kedua profesi ini menuntut saya untuk bekerja menggunakan gadget yaitu laptop dan HP. Laptop saya pergunakan untuk mengetik berita kantor atau artikel di blog, mendesain poster kegiatan atau pengumuman di kantor, mendesain infografis untuk blog dan thumbnail untuk video, mengedit foto sebagai pendukung berita atau artikel. Sedangkan HP saya pergunakan untuk memotret, merekam dan mengedit video, mengupload foto atau video di sosmed. Dua gadget ini sangat penting artinya bagi saya karena tanpa mereka maka saya tidak akan bisa bekerja dan berkarya.

Gadget Apa yang Saya Gunakan?

Untuk mendukung aktivitas saya di atas, tentunya saya membutuhkan gadget yang memiliki spesifikasi yang bagus dan performa yang handal. Adakalanya saya harus bekerja multitasking, misalnya saat sedang mendesain poster atau infografis saya juga sambil menjawab pertanyaan dari mahasiswa dan berkomunikasi dengan bos, teman blogger atau klien. Paling sebel kalau laptop jadi lemot atau hang dikarenakan beban kerja yang berat saat multitasking tersebut.

Saya sebenarnya mendapatkan fasilitas laptop dari kantor namun performanya sudah sangat menurun. Beberapa kali dia mati ketika saya pergunakan menyimak zoom sambil melakukan aktivitas lainnya seperti mengetik. Akhirnya daripada bete, saya menggunakan laptop milik saya yaitu Asus VivoBook S14 S433. Laptop yang diluncurkan pada tanggal 8 Mei 2020 ini memiliki tampilan yang mewah dan elegan. Dia hadir dalam 4 varian warna yaitu Indie Black, Gaia Green, Dreamy Silver dan Resolute Red. Kalau punya saya yang Resolute Red.


asus vivobook s14


Notebook berukuran 14 inc ini menggunakan  prosesor 10th Gen Intel Core yang membuatnya mampu bekerja multitasking namun tetap hemat daya. Prosesor Intel Core 10th Gen juga cocok banget buat saya yang menggeluti dunia design, blogging, editing dan aktivitas selingan lainnya misalnya nonton film atau main game. Makin mantab dengan adanya chip grafis NVIDIA GeForce MX250 serta penyimpanan berupa PCIe SSD yang super cepat dan multitasking.

Durasi pengunaan laptop saya cukup lama setiap harinya. Bekerja menggunakan laptop dari pagi sampai sore bahkan kadangkala dilanjut dengan lembur ngetik atau mendesain mulai malam sampai dini hari. Untuk itu dibutuhkan laptop yang memberikan kenyamanan. Nah VivoBook S14 mampu memenuhi itu semua. VivoBook S14 S433 memiliki layar Full HD 14” LED-backlit IPS Panel HD (1920 x 1080) 16:9 sehingga tampilan objek di monitor jadi jelas dan lega.

Trus ada fitur backlit pada keyboard yang membuat kita tetap nyaman bekerja di dalam ruangan yang minim cahaya. Keyboard VivoBook S14 didesain secara ergonomis, kokoh, konstruksi satu bagian dan dengan key travel 1.4mm sehingga jari-jemari tetap nyaman meskipun harus mengetik dalam durasi yang cukup lama.

Sedangkan untuk HP saya menggunakan Asus Zenfone Max Pro M2. Dari segi tampilan Max Pro M2 terlihat mewah, premium serta tipis sehingga saya merasa percaya diri menggunakannya di depan umum. Sebagai seorang content creator, rasa percaya diri itu penting agar kita bisa berkarya secara maksimal. Apalagi saya selama ini membuat konten foto dan video hanya bermodalkan HP, jadi saya harus PD dan tampil meyakinkan di depan umum terutama calon klien.


asus zenfone max pro m2


Asus Zenfone Max Pro M2 menggunakan Snapdragon 660 yang mendapatkan skor AnTuTu lebih dari 130.000 sehingga memberikan performa yang lancar, responsif dan juga hemat tenaga. Ditambah lagi dengan baterai jumbo kapasitas daya 5.000 mAh. Diklaim mampu bertahan hingga 35 hari dalam mode standby. Sehingga saya nggak kuatir akan kehabisan baterai meskipun dipakai untuk membuat konten seharian.

Asus Zenfone Max Pro M2 memiliki kamera ganda dengan konfigurasi utama 12MP dan sensor Sony serta sekunder 5MP. Sedangkan kamera selfienya dibekali dengan kamera resolusi 13MP dan bukaan F2.0. So far, saya sangat puas dengan hasil foto-fotonya. Ditambah lagi dengan fitur EIS atau Electronic Image Stabilizer saya bisa bikin video yang bagus dan stabil. Bahkan beberapa penonton channel Keluarga Biru sering mengira saya menggunakan kamera dan stabilizer saat ngevlog. Di bawah ini salah satu contoh video yang menggunakan Zenfone Max Pro M2


So far, dua gadget yang saya miliki saat ini sangat membantu saya dalam menjalankan tugas sebagai ASN dan membuat konten sebagai content creator. Tapi kalau ada rejeki lebih, penginnya sih beli HP impian yang memiliki spesifikasi lebih canggih agar konten yang saya buat lebih berkualitas.

Cari Gadget Impian di Carisinyal.com

Ngomongin tentang gadget impian, seringkali kita kebingungan mencari referensi yang tepat sebelum membeli. Bisa aja sih kita tanya temen yang expert namun kalau keseringan nanya juga nggak enak, takut mengganggu. Nah kita bisa mendapatkan referensi gadget yang sesuai dengan kebutuhan dan budget kita yaitu di www.carisinyal.com

Carisinyal adalah media online yang menyediakan berbagai macam informasi mengenai dunia teknologi antara lain: informasi bermutu mengenai smartphone, laptop, aplikasi, game dan berbagai informasi dari dunia teknologi lainnya.


www.carisinyal.com

Informasi gadget di Carisinyal disajikan dalam bentuk review, daftar rekomendasi berdasarkan kriteria tertentu misalnya 20 HP Realme Terbaru yang Rilis di Indonesia (November 2021) juga tips & trik seputar teknologi yang bermanfaat. Kita juga bisa mendapatkan rekomendasi gadget impian dengan beberapa filter yang bisa diatur, mulai dari brand, tahun rilis, RAM, memori internal, jumlah kamera dan lainnya.

The Man Behind The Gun

Kita sudah sering mendengar istilah “The Man Behind The Gun”, bukan apa senjatanya tapi siapa yang ada di balik senjatanya. Sebuah gadget misalnya HP bila berada di tangan orang awam, mungkin hanya menjadi alat komunikasi. HP di tangan anak-anak bisa jadi hanya dipakai untuk nonton youtube dan main game. Namun di tangan seorang content creator HP bisa menjadi senjata untuk membuat konten foto, infografis dan video.


www.carisinyal.com

Ini pun masih bisa di-break down lagi, di tangan seorang content creator yang bertanggung jawab maka akan menghasilkan konten-konten yang bermanfaat, informatif dan menghibur. Namun sebaliknya, jika content creator hanya memikirkan popularitas dan materi, maka dia tidak akan peduli apakah kontennya itu berdampak buruk bagi para penonton atau tidak.

Saya pribadi memiliki prinsip, jika tidak bisa membuat konten yang menghibur maka setidaknya bisa membuat konten yang bermanfaat. Konten yang kita buat akan dimintai pertanggung jawabannya kelak. Saya ingin konten di blog, channel dan social media saya tetap bisa memberikan manfaat meskipun nanti saya sudah tidak ada lagi di dunia ini. Jadi, gadget apapun yang kita miliki, pergunakanlah dengan bijak dan untuk menebar kebaikan. Salam.

 

12 comments

  1. Wah mantep produktif jadi blogger iya, youtuber juga iya. Content creator memang keren dan serba bisa.

    ReplyDelete
  2. dengan peralatan yang mumpuni bakalan lebih mudah untuk membuat konten bermanfaat. Yang penting emang kemampuan orang yang mengoperasikannya ya kan

    ReplyDelete
  3. Dari kantor minta upgrade laptop baru aja, Mas. Soalnya desain sama ngedit video kan butuh yang agak oke

    Jujur salut banget sama Kalian yang bisa ngurus blog, YouTube, Sosmed di waktu yang bersamaan. Betul bahwa kita wajib menggunakan teknologi dengan bijak

    ReplyDelete
  4. Berapaan yaa harga laptop asusnya itu, kepo deh tahan banting dipake setiap haripun oke nggak rewel

    ReplyDelete
  5. Vivobook ini impianku banget dari dulu, tapi belum kesampaian. Memang sebagus itu yaa, siapa yg gak Mupeng

    ReplyDelete
  6. Gokil. Gak selamanya kan, ASN kerjaannya oldschool. Mas Ihwan kayanya termasuk ASN kekinian.

    Sukses untuk lombanya mas.
    Hebat jg itu zenfone max m2 masih awet 😁

    ReplyDelete
  7. Keren banget emang mas Ihwan ini. Sebagai ASN lancar, sebagai content creator juga jalan bahkan kerap meraih prestasi. Gak heran ya perlu upgrade gadget biar lebih bagus lagi konten-konten yg dibuat.
    Btw aku baru tahu nih tentang Carisinyal dot com :)

    ReplyDelete
  8. Setuju banget pakai gadget bagus dan mahal kalau emang gak bisa manfaatin secara maksimal jg hasilnya gak bagus.
    Penggunanya nih yang kudu banyak berlatih supaya mendapatkan konten yang baik dan yang penting konsisten ya bikin kontennya.

    ReplyDelete
  9. Bener, kita memang harus bertanggung jawab dalam membuat konten. Jika tidak bisa membuat konten yg menghibur, setidaknya buat konten yang bermanfaat.

    ReplyDelete
  10. MasyaAllah Pap makasih banyak udah diingatkan nih tentang pentingnya membuat konten. Yang harus berguna dong ya kan akhirnya kembali ke kita juga pahalanya kalo bikin orang lain mendapatkan manfaatnya.
    Aku lagi pengen punya hanpon baru whislist tahun ini Pap.

    ReplyDelete
  11. Salut sama mas Ihwan ini, bisa terus produktif di rumah selain kerja, bikin konten. Bener-bener memanfaatkan waktu luang buat konten mulai blog, tiktok, youtube.

    Kalau inget duitnya, emang bikin semangat terus bikin konten. Hehe

    ReplyDelete
  12. Ah kelewat info ini sehingga lupa untuk mengikuti lombanya
    Semoga makin banyak yang terbantu dengan informasi di carisinyal dot com

    ReplyDelete

Popular Posts