Servis Motor Rasa Mesin Baru di Planet Ban

 

servis motor di planet ban

Motor sudah jadi kebutuhan primer bagi sebagian besar masyarakat, mulai dari armada transportasi yang cepat dan ringkas hingga modal untuk mencari nafkah. Agar motor tetap tampil prima di segala kondisi dan medan maka kita harus melakukan servis motor secara rutin. Biasanya sih setiap bengkel yang profesional sudah memiliki standart umum bagian apa saja yang harus diperiksa saat servis motor antara lain saluran bahan bakar, kondisi mesin, rem, gas tangan, oli mesin, oli gardan, ban dan sebagainya.

Tapi nggak ada salahnya juga kita sebagai konsumen mengetahui secara detail apa saja sih yang harus dicek.

Oli Mesin

Bagian pertama dan yang paling penting dicek adalah oli mesin. Oli mesin penting banget karena dia berfungsi sebagai pelumas, pendingin, dan pelindung mesin. Itulah mengapa kita harus rutin mengganti oli sesuai jarak tempuh sudah tercapai.  Rata- rata sih tiap pabrikan merekomendasikan penggantian oli mesih di 2500 km.

Namun beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan / retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000km / 2x lebih lama dari oli biasa. Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi ya wajar sih kalo retailer ini mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli.

Saat mengganti oli mesin, selain kita harus membayar pembelian olinya (harga tergantung merek) juga harus mengeluarkan biaya untuk jasa penggantian oli. Kedua biaya ini termasuk murah jika dibandingkan dengan biaya kerusakan yang harus kita keluarkan jika sering terlambat ganti oli mesin.

 

Oli Gardan

Kalau teman-teman menggunakan motor matic maka selain oli mesin, kalian juga harus rutin ganti oli gardan. Oli gardan nggak kalah penting fungsinya yaitu melumasi gear yang ada di Continuously Variable Transmission (CVT). Waktu penggantian oli gardan biasanya menggunakan rumus 2x ganti oli mesin, kemudian baru dibarengi dengan 1x ganti oli gardan.

Busi

Motor kalian pernah nggak sulit dinyalakan? Itu karena businya sudah kotor atau waktunya ganti. Busi adalah spare part atau bagian di motor yang fungsinya untuk mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api sehingga mesin dapat menyala.

Kampas Rem

Selain motor harus tangguh mesinnya, faktor keamanan dan keselamatan berkendara juga harus diperhatikan. Nah salah satu komponen motor yang berperan penting menjaga keselamatan kita adalah sistem pengereman. Apabila kampas rem sudah tipis, rem pun menjadi kurang pakem yang bisa jadi penyebab terjadinya kecelakaan. Jadi kondisi kampas rem harus selalu dicek saat melakukan service motor.

Filter Udara

Bukan hanya makhluk hidup yang membutuhkan udara, motor juga membutuhkan udara untuk peroses pembakaran. Namun udara yang masuk ke ruang pembakaran harus bersih dengan cara disaring dulu melalui filter udara.  Jika sampai ada kotoran yang masuk maka bisa terjadi penyumbatan sistem injeksi dan karburator. Jika tidak memungkinkan lagi untuk dibersihkan, maka filter udara harus diganti.

Aki atau Accu

Aki punya fungsi penting juga agar kendaraan bisa dinyalakan dan nyaman digunakan. FYI, Tegangan pada aki idealnya berada pada 12,3-12,6 Volt dalam kondisi mesin mati. Sedangkan jika mesin menyala, maka tegangan aki berada pada 13,7 - 14,2 Volt.

Nah, masalah yang biasanya terjadi antara lain tegangan aki tak sesuai ketentuan di atas, adanya kebocoran atau terminal aki sudah berkarat. Maka montir harus melakukan pemeriksaan secara detail. Kondisi aki yang sudah tidak layak pakai wajib diganti, tidak bisa ditawar lagi.

Ban

Ban memegang peranan penting agar perjalanan aman dan nyaman. Oleh sebab itu pemeriksaan ban sangat penting dan harus dilakukan secara berkala. Biasakan mengecek kondisi ban dulu sebelum menggunakan motor.  Saat kita servis motor, mekanik akan memfokuskan pemeriksaan pada tekanan udara di dalam ban, kondisi ban secara keseluruhan (bannya gundul atau tidak), dan sebagainya.

Tune up Motor Rutins

Kalian pasti sering dengar kata tune up tapi kebanyakan belum mengerti benar definisinya. Jadi servis motor tune up adalah servis rutin yang meliputi pemeriksaan semua komponen, terutama komponen-kompenen yang berkaitan dengan performa motor secara keseluruhan. Pemeriksaan biasanya fokus pada tekanan ban, kondisi lampu, membersihkan karburator (saringan udara), memeriksa tegangan rantai, rem, dan klakson.

Namun ada juga tune up yang disertai dengan ganti oli mesin, ganti oli gardan atau penggantian sparepart motor lainnya. Jangan khawatir karena mekanik akan menginformasikan kepada kita terlebih dulu sebelum melakukan atau. Kalau kamu setuju, baru mekanik melakukan perbaikan.

Bengkel Servis Motor Terbaik

Kalau mau motor bandel dan prima maka jangan servis motor sembarangan.  Pilihlah bengkel yang bisa memberikan layanan servis motor yang bagus. Nah saya punya rekomendasi bengkel yang bisa diandalkan yaitu Planet Ban. Bengkel ini bahkan berani memberikan klaim bahwa para konsumen akan mendapatkan service motor rasa mesin baru. Waw, ada yang tahu nggak apa itu servis mesin rasa baru?

Jadiii, servis motor rasa baru ini dikenal juga dengan sistem servis terpadu. Jenis service motor ini cocok banget buat kalian yang ingin meng-upgrade atau meningkatkan performa dan ketahanan motor dengan cara yang cepat namun biaya tetap lebih hemat. Fokus pemeriksaan dan perbaikan pada servis motor rasa baru, yaitu bagian vital yang letaknya tersembunyi dan jarang diservis, termasuk jarang dicek dan disetel rutin.

Apa Sih Manfaat Melakukan Servis di Planet Ban?

·       Penggunaan oli dan cairan khusus yang menggunakan teknologi tinggi dapat meningkatkan performa motor dan memproteksi mesin sehingga mesin menjadi lebih awet dan jarang rusak.

·       Penggunaan sparepart asli yang dipadukan dengan servis di Planet Ban membuat pemakaian motor lebih nyaman, tahan lama, mesin dingin, dan tarikan enteng.

·       Penggantian oli hanya perlu dilakukan setiap mencapai jarak tempuh 5000 km (4-6 bulan sekali) sehingga frekuensi ke bengkel menjadi berkurang dan biaya servis lebih hemat.

·       Servis motor rutin di Planet Ban juga membantu menjaga lingkungan hidup dengan mengurangi emisi dan polusi dari motor.

Bedanya Servis Motor di Planet Ban dengan di Tempat Lain

Servis motor di Planet Ban memberikan hasil yang berbeda dengan tempat lain karena seluruh bagian mesin dibersihkan hingga seperti baru, bahkan bagian yang sulit dijangkau seperti kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body, semuanya bersih dari sisa-sisa pembakaran, debu, dan kotoran.

Harga servis motor di Planet Ban terjangkau, seperti service motor injeksi hanya Rp20.000,-, service CVT sekaligus rantai hanya Rp19.500,-, dan service throttle body hanya Rp20.000,-.

Dengan melakukan servis motor secara rutin di Planet Ban, manfaat yang didapat antara lain meningkatkan performa motor dan memproteksi mesin, pemakaian motor lebih nyaman, tahan lama, mesin dingin, dan tarikan enteng, frekuensi ke bengkel menjadi berkurang dan biaya servis lebih hemat, menjaga lingkungan hidup, serta memberikan hasil servis yang bersih dan seperti mesin baru.

 

 


10 comments

  1. Menarik banget ya service motor di Planet Ban, service motor rasa mesin baru. Harganya terjangkau pula. Pas banget nih waktunya service motor..

    ReplyDelete
  2. Aku ketagihan servis motor di Planet Ban karena ternyata hasilnya oke banget dengan harga yang terjangkau. Eh, motor suami sih bukan yang biasa kupakai Rekomended banget ya Planet Ban

    ReplyDelete
  3. super duper bahagiaaaa ada planet ban..bikin hati hepiiii pol ya mas
    kualitas ciamiikk bgt yah

    ReplyDelete
  4. Wah harganya cukup terjangkau ya.

    ReplyDelete
  5. Servis motor di Planet Ban beneran terjangkau ya, next kalau mau ganti oli atau ganti ban ke sana aja.

    ReplyDelete
  6. Dekat rumah ada nih Planet ban, kalau mau servis motor udah gak perlu bingung mau kemana

    ReplyDelete
  7. Ternyata rawat motor itu gak sekedar dicuci, isi bensin, dan ganti oli aja yak, untungnya ada Planet Ban yang bisa kasih harga sangat terjangkau untuk berbagai macam servis. thanks infonya

    ReplyDelete
  8. Kirain ganti oli mesin itu bakalan lama, ternyata cepet banget. Baru sekali aku ke bengkel sendiri hahaha

    ReplyDelete
  9. Biasanya aku ganti ban di Planet Ban.

    ReplyDelete
  10. Aku tahu Planet Ban sebab sering isi angin gratis. Nah, kalau tahu servisnya semurah itu, bisa jadi rujukan nih.

    ReplyDelete

Popular Posts