Showing posts with label parenting. Show all posts
Belajar Parenting dari Film Koki Koki Cilik 2

Belajar Parenting dari Film Koki Koki Cilik 2

Assalamualaikum Gengs Biru. Mas Aiman dan Adek Aira suka banget jika diajak main masak-masakan, bahkan kami beberapa kali pernah membuat video memasak di channel youtube mereka: Aiman dan Aira. Masak…
Sudahkah Si Kecil Tumbuh Kembang Sesuai Usianya?  Cek dengan Kalkulator AFS dari Parenting Club

Sudahkah Si Kecil Tumbuh Kembang Sesuai Usianya? Cek dengan Kalkulator AFS dari Parenting Club

Ketika dihadapkan pada tumbuh kembang anak, saya selalu membesarkan hati. Secara mempunyai dua anak dengan berbeda jenis kelamin yaitu laki-laki dan perempuan, saya sering berpikiran positif. Bahwas…
PRO KONTRA Mengajak Anak Sholat Tarawih di Masjid

PRO KONTRA Mengajak Anak Sholat Tarawih di Masjid

Mengajak anak Sholat Tarawih di Masjid seolah menjadi ‘perdebatan abadi’ antara yang pro dan kontra ketika bulan Ramadhan tiba.  Yang pro memiliki alasan bahwa mengajak anak/balita Sholat Tarawih ada…
Serunya Bermain Playdoh Ice Cream Castle

Serunya Bermain Playdoh Ice Cream Castle

Dunia anak adalah dunia bermain, lewat bermain mereka bukan hanya mendapatkan hiburan namun juga belajar tentang hal-hal baru yang bermanfaat bagi perkembangan fisik dan mentalnya. Agar aktivitas ber…
Anak Investasi Orang Tua??

Anak Investasi Orang Tua??

Salah satu channel yang saya ikuti di Youtube adalah channel Sacha Stevenson. Sacha ini adalah youtuber berkebangsaan Kanada-Indonesia yang menikah dengan Angga Prasetya, pria asal Bandung. Channel S…
Aku Anak AKTIF, Bukan Anak NAKAL

Aku Anak AKTIF, Bukan Anak NAKAL

“Pak, tolong dong anaknya dipegangin. Kepala teman saya kena tangan anaknya.” “Oh iya, maaf ya Mbak,” ucap saya pada seorang wanita yang duduk dibelakang saya ketika kami pulang menuju Malang. Malam i…
Sabar Mendampingi Tahap Perkembangan Anak

Sabar Mendampingi Tahap Perkembangan Anak

“Eh anakmu kok belum bisa ngomong sih, padahal anaknya si itu seumuran ama anakmu udah cerewet aja kayak emaknya.” “Lho, anakmu belum bisa megang pensil ya? Padahal kan udah umur 4 tahun. Tuh anaknya …
SGM Eksplor, Bagaimana Mempersiapkan Kemampuan Si Kecil Menjadi Anak Generasi Maju? Ini Caranya !

SGM Eksplor, Bagaimana Mempersiapkan Kemampuan Si Kecil Menjadi Anak Generasi Maju? Ini Caranya !

Saat ini mendidik dan mengasuh si kecil agak menjadi anak generasi maju, tentu saja butuh modal ilmu yang harus selalu diupgrade. Mengingat setiap orang tua pasti menginginkan anaknya memiliki masa …
Hari Pertama Masuk Sekolah Mas Aiman di TK A

Hari Pertama Masuk Sekolah Mas Aiman di TK A

Alhamdulillah hari Selasa yang lalu menjadi Hari Pertama Masuk Sekolah bagi Mas Aiman. Sebagai orang tua tentu saja saya merasa bahagia karena Mas Aiman kini memasuki fase baru dalam kehidupannya (ka…
Mencetak Generasi Multilingual Bersama EF

Mencetak Generasi Multilingual Bersama EF

Semenjak berlakunya MEA pada tahun 2016, persaingan dalam dunia kerja semakin ketat. Kita tidak hanya bersaing dengan saudara sebangsa dan setanah air tapi juga dengan tenaga professional dari Negara…
Ketika Anak Sering Bertanya

Ketika Anak Sering Bertanya

“Pak, kenapa sih banyak kakek yang ke sini?” “Ooh, mereka sedang mencari uang Mas. Kakek yang pertama tadi meminta uang sedangkan yang kedua berjualan koran.” Dialog di atas terjadi ketika kami sedang …
Tips Memilih Tas Bayi yang Baik

Tips Memilih Tas Bayi yang Baik

Kehadiran buah hati tercinta mau tidak mau akan berdampak pada aktivitas kita, salah satunya ketika harus melakukan perjalanan (travelling) atau sekedar melakukan aktivitas di luar rumah. Bayi tentun…
Aneka Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Sebaiknya Bunda Siapkan

Aneka Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Sebaiknya Bunda Siapkan

Memiliki bayi adalah keinginan semua pasangan suami istri apalagi yang sudah lama menikah dan belum dikaruniai putra putri. Ketika mendengar kabar kehamilan maka berbagai persiapan pasti ingin segera…
Dua Anak atau Lebih?

Dua Anak atau Lebih?

Saat masih single dulu saya memiliki angan-angan jika nanti menikah ingin memiliki tiga anak. Mengapa tiga anak? Mungkin karena saya terlahir dari keluarga yang cukup besar yaitu memiliki empat anak,…
BAPER's Talk: Mencegah Dampak Negatif Internet Bagi Anak

BAPER's Talk: Mencegah Dampak Negatif Internet Bagi Anak

BAPER's Talk: Manajemen Waktu Keluarga dan Pekerjaan

BAPER's Talk: Manajemen Waktu Keluarga dan Pekerjaan

Sebagai seorang pria yang sudah berkeluarga, saya mempunyai dua sisi utama dalam hidup saya saat ini yaitu keluarga dan pekerjaan. Keduanya sama-sama penting posisinya. Tanpa keluarga apalah artinya …
Pengalaman Terapi Anak di House of Fatima Child Center

Pengalaman Terapi Anak di House of Fatima Child Center

Setiap anak itu terlahir sempurna. Begitulah yang ada dalam pemikiran saya saat anak pertama lahir. Seiring perkembangannya, ada banyak hal yang harus saya pelajari. Meskipun sejak lahir saya sudah b…
Mengapa Wanita Harus Memiliki Asuransi?

Mengapa Wanita Harus Memiliki Asuransi?

Masyarakat Indonesia bisa dikatakan kurang peduli dengan perlindungan asuransi, karena kebanyakan dari bangsa Indonesia lebih menyukai simpanan jangka panjang dan tabungan sebagai bekal saat sakit at…
Ini Alasan Kami Membawa Aiman ke Psikolog

Ini Alasan Kami Membawa Aiman ke Psikolog

“Aim nanti diapain di sana?” tanya Bulek Min ketika saya utarakan niatan untuk membawa anak sulung kami ke psikolog. “Ya, dikonsultasikan semua tingkah laku Aiman. Biar kita tahu apa penyebabnya dan b…
Berumur Panjang Demi Keluarga Tercinta - My Healthiness My Precious Moment

Berumur Panjang Demi Keluarga Tercinta - My Healthiness My Precious Moment

Di keluarga besar saya, umur para pria mayoritas lebih pendek bila dibandingkan dengan umur para wanita. Sejak lahir saya tidak pernah melihat kakek dari pihak Ibu, Ayah saya meninggal saat saya kela…