15 Kebiasaan Buruk Suami yang Bikin Istri Marah

kebiasaan suami yang bikin istri marah

Mau tanya neh sama para suami, kapan terakhir kali dimarahin istri? Minggu lalu, kemarin atau barusan hehehe. Para istri seringkali kesal, jengkel sampai marah-marah pada suami karena berbagai macam kebiasaan dan kelakukan suami yang menguji kesabarannya. Di sisi lain, suami merasa serba salah karena semua yang dilakukannya seperti salah mulu di mata istri.

Apa benar seperti itu? Jangan-jangan memang suami punya kebiasaan atau kelakuan yang memang salah. Istri sudah mengingatkan berkali-kali namun tetap saja diulangi. Kalau kayak gitu maka nggak heran jika istri suka marah-marah.

Nah kali ini Papa Ihwan mau sharing neh 20 kebiasaan atau kelakuan suami yang bikin istri kesal, jengkel dan marah-marah. Tulisan ini Papa Ihwan tulis berdasarkan pengalaman pribadi dan curhat para istri di komentar video di Tiktok. Cuss langsung cek, kebiasaan buruk mana saja yang pernah atau sering Anda lakukan.

Dimulai dari bangun tidur…

1.       Habis Mandi Air Nggak Diisi Lagi

Mari kita mulai dari perilaku saat suami istri bangun tidur, istri jika bangun tidur kebanyakan langsung melipat selimut yang dipakai. Sedangkan suami kebanyakan langsung main bangun aja, yang lebih parah malah ambil HP buat ngecek WA, Sosmed dll.

Trus setelah selesai mandi, suami malas atau lupa ngisi air lagi. Istri seringkali jengkel karena untuk mengisi air di bak tidak perlu menimba, tinggal putar kran lagi. Kenapa suami sering lupa atau memang sengaja?

2.       Ambil Baju Seenaknya

Istri yang rajin biasanya selalu menyeterika baju semua anggota keluarga, trus menatanya dengan rapi di dalam lemari. Ditata berdasarkan kepemilikan: suami, anak dan istri. Trus masih dibedakan lagi berdasarkan kegunaan: baju harian, baju kantor/sekolah, baju kondangan, baju tidur, kaos dalam, CD dan bra.

Hayo para suami, siapa yang suka ambil pakaian seenaknya yaitu main tarik aja. Padahal baju yang mau diambil itu berada di tengah, akibatnya tatanan baju yang sudah paripurna itu jadi berantakan deh. Seharusnya kalau mau ambil baju yang posisinya di tengah maka baju yang berada di atasnya itu diangkat dulu. Baru deh ambil baju yang mau dipakai.

3.       Buka Pintu, Lemari Nggak Pernah Ditutup

Entah ini sengaja mau bikin istri marah atau gimana. Sudah membuat isi lemari berantakan, eh habis buka pintu lemari nggak ditutup lagi. Padahal tinggal geser aja apa susahnya sih.

4.       Taruh Handuk Basah di Atas Kasur

Kebiasaan buruk ini paling banyak dikeluhkan oleh para istri. Handuk masih basah habis dipakai bukannya dijemur di tempat jemuran malah main lempar aja di atas kasur. akibatnya sprei yang masih bersih jadi basah dan kalau terjadi setiap hari bisa bikin kain sprei jamuran. Pikiran suami itu nggak sampai ke sana, asal main lempar aja wekekekeke.

5.       Nyari Barang Pakai Mulut

“Ma, baju seragam batik Papa mana ya?”

“Sayang, dasiku dimana?”

“Umi, kaos kaki Abi ditaruh mana sih?”

 

Ini neh yang juga bikin istri kesal, suami kalau nyari barang nggak pakai mata tapi mulut alias nanya mulu. Udah kayak tamu aja ya Pak wakakaka.

Secara ilmu biologi ada penjelasannya kenapa hal ini bisa terjadi. Wanita ternyata memiliki variasi kerucut retina yang lebih besar. Hal ini memungkinkan wanita menggambarkan warna lebih detail, juga memiliki pandangan periferal lebih lebar daripada pria.

“Visi periferal sejumlah wanita efektif hingga hampir 180 derajat sehingga mereka bisa melihat isi kulkas atau lemari makan tanpa menggerakkan kepalanya," tulis ahli bahasa tubuh Allan Pease dan istrinya Barbara Pease dalam buku berjudul Why Men Can Only Do One Thing at A Time & Women Never Stop Talking.

 

Saya juga sering mengalaminya, sudah mencari barang di lemari sampai pusing nggak ketemu. Eh giliran istri yang nyari langsung ketemu, ternyata barang itu terletak di posisi yang luput dari pandangan saya.

 

Lanjut saat suami berada di tempat kerja…

 

kebiasaan buruk suami yang bikin istri marah

 

6.       Jawab WA Lama atau Singkat Banget

Istri suka kesal ketika suami lama sekali membalas WA atau chat, bisa sampai 1 jam baru dibalas. Trus suami irit banget kalau balasin WA istri, udah kayak takut kuotanya habis aja buat nulis 3 atau 4 kata. Alasan klise yang paling sering dipakai suami adalah sedang sibuk kerja, lupa atau HP lowbat.

7.       Suka Telat Pulang Kerja

Sudahlah susah dihubungi, eh malah sering telat kalau pulang kerja. Jam pulang kantor seharusnya jam 4 sore, baru keliatan batang hidungnya jam 5 sore. Kalau ditanya kenapa kok telat, ada aja alasannya mulai dari masih lembur hingga jalanan macet. Padahal sebenarnya masih asyik nge-game atau nongkrong ama teman kerja.

Kalau saya telat pulang kerja karena nyempetin dulu buat nulis blog post, entah dapat 2-3 paragraf kan lumayan. Atau balesin komen-komen di youtube. Sebab kalau sudah sampai di rumah biasanya sudah nggak sempat karena harus gantian asuh anak-anak.

8.       Lupa Bawa Tupperware Pulang

Beneran, ini tipe suami nekat atau cari masalah deh kalau sampai berani atau lupa bawa pulang lagi Tupperware. Meskipun bahannya dari plastik tapi itu harganya mahal Bambang. Makin runyam lagi kalo esoknya pas dicari eh ternyata Tupperware-nya hilaang dan ternyata barangnya limited edition. Aduh duh bisa memicu Perang Dunia Ketiga neh kecuali suami mau gantiin dengan yang lebih bagus dan mahal awkawkawk.

9.       Dititipin Belanja Nggak Ada yang Benar

Maksud hati biar nggak usah keluar jadi nitip sama suami buat beliin barang di perjalanan pulang ke rumah. Tapi kebanyakan malah berakhir dengan salah beli barang atau harganya lebih mahal.

Pernah dengar cerita seorang Mom Blogger, jadi suaminya tuh keluar mau fotokopi sesuatu. Lalu Mom Blogger ini sekalian nitip beliin kangkung karena stok sayur habis. Eh pas pulang, suaminya malah bawa daung singkong.

Mom Blogger protes dong: "Ayah ini apa? Khan Ibu nitipnya kangkung!"

Dengan wajah polos tanpa dosa, suaminya menjawab: "Lha itu khan kangkung!"

10.   Habis Pakai Barang Tidak Dikembalikan ke Tempat Semula

Kebanyakan wanita suka dengan sesuatu yang tertata rapi karena memang enak dilihat. Kebalikannya dengan pria, kebanyakan suka seenaknya naruh barang. Misalnya habis pakai pemotong kuku tidak dikembalikan di tempat semula, akibatnya saat anggota keluarga yang lain mau make, bingung deh nyariin.

Saat pulang dari kerja, sepatu atau sandalnya main lepas aja di depan pintu. Padahal sudah ada rak tempat menaruh sepatu atau sandal di depan pintu.

 Baca juga: Memasak Kewajiban Istri atau Suami?

Kembali ke rumah…

 

kebiasaan buruk suami yang bikin istri marah

11.   Pelupa

Entah kenapa kebanyakan suami juga pelupa, paling krusial adalah lupa tanggal-tanggal penting seperti tanggal anniversary, tanggal lahir anak istri bahkan mungkin dia juga sudah lupa tanggal lahirnya sendiri wekekeke.

Trus kalo Papa Ihwan gimana? Saya ingat dong tanggal-tanggal penting bahkan saya hafal password 4 email dan 2 pin ATM. Tapi anehnya saya suka lupa menaruh barang, paling sering sih HP. Agar sifat pelupa ini tidak bikin masalah di rumah, saya selalu berusaha mengembalikan barang di tempat semula.

12.   Suka Menunda-Nunda

“Pa, tolong buangin sampah bentar.”

“Oh iya, bentar.”

 

“Pak, air galonnya habis, beliin gih.”

“Hmm bentar ya.”

 

Kebiasaan suka menunda-nunda pekerjaan ini memang seringkali jadi biang pertengkaran di rumah, istri inginnya semua pekerjaan dilakukan dengan segera. Sementara suami cenderung santuy bahkan lelet. Alasannya mulai dari capek, masih sibuk main HP dan lain sebagainya.

13.   Main Hape Mulu

Zaman now siapa sih yang ngga punya HP, banyak hiburan yang bisa kita dapatkan lewat HP. Mulai dari musik, film hingga game. Trus juga adanya social media seperti Instagram, Facebook dan Tiktok makin membuat orang betah main hape. Apalagi kalo gabung di banyak WAG (Whats App Group), tiap menit bahkan detik selalu berbunyi notifikasi.

Sebenarnya untuk point ini tergantung bagaimana kita menentukan skala prioritas, suami atau istri yang tidak bisa menempatkan urusan keluarga sebagai prioritas utama pasti akan sibuk main hape. Bisa sibuk main game, scrolling sosmed sampai lupa waktu atau nonton drakor hingga berjam-jam.

14.   Nongkrong Sampai Lupa Waktu

Semua orang butuh untuk bersosialisasi, sudah menikah bukan berarti tenggelam dengan urusan keluarga setiap waktu. Baik suami atau istri berhak untuk melakukan me time agar tidak jenuh, bosan dan stress akibat rutinitas yang itu-itu saja.

Me time istri biasanya shopping, nyalon atau ngerumpi ama sahabat. Kalo suami me time-nya biasanya menekuni hobby misal pelihara burung, mancing, main futsal hingga nongkrong sama tetangga, sahabat atau rekan kerja.

Nah istri paling kesal kalo suami asyik nongkrong lama banget sampai lupa waktu. Pulang kerja bukannya segera balik ke rumah untuk istirahat dan gantian asuh anak, malah mampir nongkrong ke warkop atau café.

15.   Tidak Mau Gantian Asuh Anak

Sifat egois suami seringkali bikin dia nggak mau gantian mengasuh anak di rumah. Paling sering sih alasannya capek habis kerja, padahal istri di rumah juga nggak kalah capeknya mengerjakan pekerjaan domestik yang seperti nggak ada habisnya.

Istri nggak minta banyak kok sebenarnya, gantian pegang anak sebentar misal ngajak bermain agar istri punya waktu buat istirahat. Di samping itu, dengan gantian mengasuh anak memberikan kesempatan bagi suami untuk memperkuat bonding dengan anak-anaknya. Bikinnya aja berdua, masa nggak mau mengasuh anak bersama.

 Baca juga: 5 Alasan Suami Suka Make-up SEX

Uwow, ternyata banyak sekali Gaes kelakuan atau kebiasaan buruk suami yang bikin istri kesal dan marah.

 

kebiasaan buruk suami yang bikin istri marah

Salut buat para istri yang selalu berusaha sabar hidup berdampingan dengan suami yang memiliki kelakuan atau kebiasaan buruk di atas. Tapi kebanyakan istri nggak mau berdiam diri melihat hal itu, sudah pasti akan mengingatkan hingga marah-marah. Lebih baik begitu sih daripada dipendam sendiri malah nanti lama-kelamaan malah akan meledak ketika istri sudah tidak tahan dengan kebiasaan buruk suami.

Namun marahnya juga jangan keseringan, lebih baik lagi jika istri memberitahu suami dengan baik-baik jika kebiasaan buruknya itu tidak baik bukan hanya untuk dirinya sendiri tapi juga keluarga. Anak-anak adalah peniru yang ulung, tentunya orang tua harus memberikan contoh dan teladan yang baik bagi mereka.

Oke, itulah sharing Papa Ihwan tentang 15 Kelakukan atau Kebiasan Buruk Suami yang Bikin Istri Kesal dan Marah-Marah. Apakah suami Anda memiliki salah satu, salah tiga, salah lima atau hampir semua kebiasaan buruk di atas? Atau Anda masih mau menambahkannya, silakan tulis di komentar ya.

 

14 comments

  1. Kok aku NGAKAK SO HARD yhaaa baca artikel ini :)))
    Yang sabaaarr ya Papa TikTok dan jutaan Papa lain di muka bumi, wkwkwk
    Marahnya istri itu pertanda cinta dan perhatian kok, eaaa

    ReplyDelete
  2. huahahaha
    kan aku jadi mikir yak, ntar suamiku kayak gimana

    perlu ditulis juga tandingannya:
    15 kebiasaan baik suami yang patut dibanggakan istri

    muahahaha

    ReplyDelete
  3. Memang ada-ada saja ya kebiasaan buruk sebagai suami. Apalagi sudah urusan Tupperware, baiknya bawa bekal dengan wadah merk lain saja. Demi menjaga keamanan dan kedamaian.

    ReplyDelete
  4. Asyikkkkk beberapa poin di atas memang ada yg jadi kebiasaan suami juga. Menarik karena ini ditulis langsung oleh pria. Baca dan mulai jauhi hal2 ini para pria biar kalian ga diomelin mulu sama istri.

    ReplyDelete
  5. Satu sampai lima belas.... Mana yang paling sering, Mas? Mana yang paling lama ngambeknya? Hihihi. Kayaknya ini dosa umum suami, ya. Dosaaa... Wkwkwk.
    Ga ding, cuma kebiasaan buruk yang bikin istri sebel tapi kangen.

    ReplyDelete
  6. menghitung dari nomor 1 - 15 beneran banyak yaaaa... tapi saya dan nyonyah kebiasaan mandiri sih, karena pekerjaan juga jadi ada beberapa hal dari 1-15 yang belom pernah kejadian hahahaha

    ReplyDelete
  7. Astaga ini hiburan banget, masa iya 10 dari 15 list itu aku mengalaminya sendiri dan ternyata suamiku banyak cs nya. Hahahaha.. aku jd pengen bikin genk sesama istri

    ReplyDelete
  8. Hahaha ngakak aku bacanya jadi inget dulu pas punya suami hahaha. Aku paling kesel kalau dulu tuh suami main game sampe jam 1 pagiiiii di warnet kalau dia libur duhh ampunn.

    ReplyDelete
  9. Laki always begitu ternyata yhaa...
    Yang paling KZL emang kalau belanja siih... Apalagi zaman pandemi begini, aku uda gak pernah belanja sendiri. Suami dititipin daftar belanjaan, pulang-pulang beneran pas bawaannya. Gak ada improvisasi.

    Huhuuu....kan pengennya dikasih surprise (baca : sepres) gituuu..

    ReplyDelete
  10. Hahaha beneran ngakak deh bacanya. Dan hampir semuaaa ada di suamiku. Huhu. Dari poin 1-5 aja aku udah ngangguk-angguk terus :D
    Oh ya, soal memberi tahu baik-baik, udah dongggg... dan kembali berulang terusss.. emang udah kebiasaan sih ya :D

    ReplyDelete
  11. Bikin ngakak hahaha, nyari barang pake mulut. Kebetulan suamiku nggak gini sih wkwkwk
    tapi emang kalau mandi jarang ngisi air lagi. Nggak suami, nggak pak mertua hehhhhh

    ReplyDelete
  12. Nomor tigaa tuh ayahkuuu bangeeet suka lupa nutup pintuu, padahal udah berkali2 di bilangin tapi tetep gitu. Aku sampai berpikir kok bisaaa siiih XD suka berhasil bikin kesel mamah XD

    ReplyDelete
  13. PAling jleb ituu kalo beliau udah pegang HP hiks.

    ReplyDelete
  14. Nongkrong sampai lupa waktu adalah poin yang paling sering bikin marah. Mana urusan rumah tangga banyak, dia lupa pulang.

    ReplyDelete

Popular Posts