5 Bunga Hias Hidup yang Cocok Ditanam di Halaman Rumah

bunga hias hidup

Salah satu cara mempercantik halaman rumah adalah dengan menanam berbagai macam jenis bunga. Selain membuat rumah menjadi cantik dan indah, adanya berbagai jenis tanaman di halaman akan membuat rumah semakin asri dan sejuk. Salah satu tanaman yang cocok ditanam di halaman rumah adalah bunga hias hidup. Banyak sekali jenis yang bisa dipilih, diantaranya adalah berikut ini.

Jenis-jenis Bunga Hias Hidup

1. Anggrek

Siapa yang tidak tahu dengan jenis anggrek? Iya, anggrek merupakan salah satu jenis bunga hias hidup yang cocok untuk ditanam di halaman rumah. Jenisnya yang beragam dan bentuk bunganya yang indah indah merupakan pilihan tepat bagi Anda yang ingin mempercantik halaman rumah dengan bunga hidup.


bunga hias hidup

Selain bisa disimpan di atas lantai, anggrek pun bisa disimpan di dinding atau dengan pot gantung. Dengan cara penyimpanan seperti itu, maka halaman rumah pun akan jauh lebih cantik dan indah terlebih jika menanam jenis anggrek yang berbeda-beda.

2. Teratai

Bagi Anda yang mempunyai kolam di halaman rumah, tidak ada salahnya untuk menaruh teratai di sana. Warna bunganya yang indah akan membuat halaman rumah semakin indah. Selain itu, teratai pun bisa menyokong ekosistem yang terdapat dalam kolam tersebut. Bagaimana sangat menarik untuk dicoba, bukan?

3. Mawar

Siapa yang tidak kenal dengan bunga yang didaulat sebagai bunga yang paling indah? Iya, bunga mawar menjadi salah satu bunga hias hidup yang cocok untuk ditanam di halaman rumah Anda. Warnanya yang indah akan membuat tampilan rumah menjadi cantik dan lebih asri, terlebih jika mawar sudah berbunga lebat.

Selain di halaman rumah, Anda juga bisa menyimpannya di dalam ruangan. Dengan menyimpannya di dalam ruangan, rumah pun akan terlihat lebih cantik dan indah. Tentu saja akan membuat lebih asri terlebih dari wangi yang dikeluarkan oleh bunga mawar itu sendiri.

4. Kembang Sepatu

Bagi Anda yang ingin mempercantik halaman rumah dengan bunga sekaligus ingin memetik manfaat dari bunga yang ditanam, kembang sepatu merupakan pilihan yang tepat. Selain bentuk bunganya yang cantik dengan warna merah yang mencolok, ternyata bunga sepatu mempunyai manfaat yang luar biasa. Salah satunya bisa dijadikan sebagai obat alternatif dengan cara meneyduhnya sebagai teh. Selain halaman rumah menjadi cantik, Anda pun bisa mendapat manfaat dari bunga hias yang satu ini.



5. Melati

Bunga hias hidup yang cocok ditanam di halaman rumah yang terakhir adalah melati. Bagi sebagian orang mungkin takut menanam bunga hias yang satu ini, secara melati sering dikaitkan dengan hal hal yang berbau mistis. Namun melati merupakan salah satu bunga hias yang cocok ditanam di halaman rumah untuk mempercantik pekarangan.

Bentuk bunganya yang kecil dan berwarna putih akan membuat rumah terlihat indah dan cantik. Terlebih jika Anda menanamnya dengan banyak. Selain itu bau yang dihasilkan oleh bunga hias yang satu ini menjadi pengharum alami halaman rumah sekaligus bisa membuat rumah menjadi lebih sejuk. Jadi, tidak ada salahnya untuk menanam bunga hias yang satu ini di halaman rumah.

Itulah bunga hias hidup yang cocok ditanam di halaman rumah. Dengan menanamnya di halaman rumah, maka rumah pun akan terlihat jauh lebih cantik dan indah serta akan terasa lebih sejuk.


13 comments

  1. Wah bener banget bunga hias jadi tanaman yang paling dicari, selain untuk mempercantik rumah juga untuk koleksi. Kalau aku suka anggrek walau langka, mahal, dan setahun sekali berbunganya. Hege, tetapi sekali mekar tidak mengecewakan.

    ReplyDelete
  2. Tiap lihat bunga yang indah dan cantik hemm segar aja gitu apalagi kalau sudah di depan rumah sendiri tenang rasanya hati memandang, gak mau ketinggalan tren juga. Setiap ada bunga unik langsung gencar mencari.

    ReplyDelete
  3. Di depan rumahku tuh hanya ada buah sama bunga apalagi mawar, pengin mengoleksi semua macam dan warnanya. Favorit banget mawar itu, selain aroma wangi dan warnanya bunga ini mudah didapat dan gampang tumbuhnya walau berduri hehe pasti senang kalau lihat bermekaran di depan rumah.

    ReplyDelete
  4. Setuju sama mawar bunga favorit, segar rasanya kalau udah lihat ke depan rumah semua jenis mawar mekar bersamaan. Aromanya tuh mengundang berbagai serangga cantik, jadi ramai taman.

    ReplyDelete
  5. Kalau aku suka mengoleksi segala jenis bunga sih sampai di rumah banyak berbagai macamnya, memang merawat bunga kayak gini ada kebahagiaan tersendiri dan jadi pemandangan indah.

    ReplyDelete
  6. Asri, cantik, segar, dan hijau halaman rumahnya. Pastinya bikin betah dan nyaman. Saya sendiri baru menanam teratai saja di kolam yang nggak terpakai. Halaman rumah dijadikan tempat usaha. Jadi bunga-bunga di halaman hanya sedikit sekali, sekadar dekorasi saja.

    ReplyDelete
  7. Dari 5 jenis bunga hias yang disebutin di atas saya paling suka dengan bunga anggrek dan bunga teratai. Jadi keingetan deh udah sejak lama saya pengen punya bunga teratai tapi belum kesampean aja nih hehe

    ReplyDelete
  8. suami yang suka mba, anggrek tahun lalu beli 5 pot langsung matiiii wkwkwkwk aku ya ngomel soalnya mahal ealah ga bisa dirwatnya :p

    ReplyDelete
  9. Jadi pengen menanam bunga. Kebetulan mama saya dulu suka menanam anggrek. Gak tahu nih saya termasuk yang telaten apa nggak ya

    ReplyDelete
  10. sampai sekarang belum pernah nanam bunga sih diriku. tapi memang kalau rumah ada tamannya itu kesannya asri banget yaa. ada sih nih dikasih teman tanaman hias semoga aja aku bisa merawatnya dengan baik

    ReplyDelete
  11. Kaya Mama mertua yang senang sekali merawat anggrek dan digantung di tembok rumah.
    Kalau lihat rumah mamah mertua tu adeem memang rasanya. Ibuku juga suka berkebun, tapi cenderung sama tanaman toga dan daun-daunan macam janda bolong, Anthurium, Aglaonema, dan kawan-kawannya.

    Bukan karena ibuku seneng yang mahal, tapi tanaman daun gitu memang sudah dari dulu ada dan ternyata baru-baru ini booming. Makanya rumah Ibu sering didatengin sama kolektor tanaman.

    MashaAllah~
    Manfaatnya jadi meluas yaa..kalau hobi yang bener-bener ditekuni.

    ReplyDelete
  12. iyaa, banyak jenis bunga hias yang bisa ditanam di halaman rumah. Di rumah mertua, masih ditambah bunga kertas (bougenville). Rumah yang banyak bunga di halamannya akan terasa lebih indah dan tentu lebih asri

    ReplyDelete
  13. Memang banyak ya mas jenis buah hias yang bisa ditanam di halaman rumah
    aku nggak pernah jodoh dalam urusan tanam menananam ini
    Selalu nggak bisa hidup tanamanku
    dulu sempat nanam melati

    ReplyDelete

Popular Posts