3 Cara Membuat Kreasi Menarik dari Lempung Terigu

 

kreasi menarik dari lempung terigu

Lempung terigu menjadi hal yang menarik untuk melatih motorik anak. Bahkan, ada banyak sekolah yang mengharuskan tugas membuat kreasi sebagai salah satu materi untuk mengisi nilai. Anda dapat menggunakan beberapa cara sederhana untuk membantu anak dalam membuat kreasi menarik dari lempung terigu. Bahkan, hal ini juga dapat memberikan banyak manfaat juga.

Tidak hanya dapat digunakan untuk melatih motorik anak saja, kreasi ini juga banyak dipajang hingga dijual ketika ada pameran. Biasanya, banyak sekolah yang akan melakukan pameran akan karya anak untuk penjualan.

Kemudian, ibu-ibu akan membeli produk untuk mengapresiasi anak. Membuat kreasi ini juga membantu Anda menjadi lebih dekat dengan anak. Yuk, simak cara lengkapnya.

3 Cara Membuat Kreasi Menarik dari Lempung Terigu

Lempung terigu adalah salah satu bahan mainan yang dibuat dengan menggunakan adonan dari terigu. Dengan begitu, Anda dapat menggunakan semua bahan yang ada di rumah tanpa perlu membeli lagi. Jika Anda merasa tidak familiar dengan lempung terigu, sebenarnya tidak ada perbedaan dengan play doh.  Gunakan beberapa langkah ini bersama dengan anak.

1.    Menyiapkan alat dan bahan

Untuk membuat kreasi, langkah pertama yang harus Anda siapkan adalah alat dan bahan. Anda harus menyesuaikan dengan kebutuhan juga. Biasanya, tidak perlu menggunakan terlalu banyak bahan. Namun, jika ingin membuat lebih banyak kreasi. Maka, cukup tambah jumlahnya menjadi dua kali lipat dan seterusnya.


bahan lempung terigu


Anda membutuhkan tepung terigu yang merupakan bahan utama. Alasan dari banyaknya orang yang menggunakan lempung terigu untuk kreasi adalah aman.

Walaupun termakan oleh anak-anak, hal ini tidak memberikan dampak berbahaya seperti lilin. Siapkan tepung terigu 200 gram kemudian garam 100 gram dan juga pewarna makanan sesuai keinginan. Jangan lupa minyak goreng dan air hangat.

2.    Buat adonan

Jika semua alat dan bahan sudah siap untuk membuat kreasi menarik dari lempung terigu. Maka, langkah selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah membuat adonan.

Mulailah dengan melarutkan 100 gram garam dengan menggunakan air hangat. Tidak perlu terlalu banyak agar tidak menjadi sangat cair. Aduk perlahan hingga merata semuanya. Setelah itu, tambahkan pewarna.


membuat adonan lempung terigu


Untuk takaran pewarna sendiri dapat menyesuaikan dengan kebutuhan. Jika Anda tidak membutuhkan warna yang terlalu gelap. Maka, jangan teteskan terlalu banyak. Masukkan satu sdm minyak goreng.

Jangan lupa untuk mengaduk rata semua bahan yang ada. Jika sudah, Anda dapat menambahkan 200 gram tepung terigu. Aduk hingga dapat dibentuk untuk mainan.




3.    Buat bentuk

Langkah selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah membuat bentuk yang sesuai. Dari berbagai macam bentuk mulai dari hewan hingga buah, semua dapat dibuat.

Anda hanya perlu membuat bentuk yang sesuai dengan keinginan. Selain itu, dapat menyesuaikan dengan warna adonan yang ada. Bahkan, banyak yang membuat bunga untuk hiasan juga.


membuat bentuk kreasi lempung terigu


Dalam cara membentuk, Anda dapat melihat dari internet. Dapat juga menekan hingga keluar bentuk menggunakan imajinasi. Karena pembuatan menggunakan tangan, lempung terigu harus dibuat dalam takaran pas. Jangan buat terlalu kering atau keras.

Demikian cara mudah dalam membuat kreasi menarik dari lempung terigu.  Anda dapat membantu anak untuk melatih motorik hingga berimajinasi dengan cara ini. Buat saja adonan baru jika sudah keras dan tidak dapat digunakan lagi.


No comments

Popular Posts