Pengalaman Workshop dan Menginap di Pohon Inn Hotel Batu

 

review pohon inn hotel batu

Tanggal 8-9 Desember 2023 menjadi momentum berharga bagi saya karena berkesempatan mengikuti Workshop Pengembangan Sikerma yang diadakan oleh Bidang Perencanaan, Kerja Sama, dan Internasionalisasi UB. Lokasi yang dipilih untuk acara ini adalah Ruang VIP Meeting, Pohon Inn Hotel, Temas, Kecamatan Batu, Kota Batu. FYI, Pohon Inn Hotel berada di kawasan objek wisata Jatim Park 2 jadi memiliki ciri khas dan keunikan yang tidak ditemui di hotel lainnya. Seperti apa pengalaman saya mengikuti workshop sekaligus menginap di hotel unik ini? Simak sampai habis tulisan saya yaa.

Perjalananan Menuju Batu yang Penuh Perjuangan

Acara workshop dimulai pukul 14.00 WIB, namun sebelumnya peserta melakukan proses registrasi mulai pukul 13.00 sambil menikmati makan siang. Saya berangkat dari rumah setelah sholat Jumat dengan mengendarai mobil. Sebelum berangkat saya sudah pastikan kondisi mobil OK terutama air radiator sebab sebulan yang lalu mobil saya sampai mogok gara-gara air radiator habis.

Tapi ternyata beberapa kesialan harus saya alami saat menuju Batu yang sukses bikin saya terlambat datang ke Pohon Inn Hotel. Yang pertama adanya kemacetan parah mulai Perempatan Tidar hingga Jl. Surabaya, penyebabnya adalah insiden jalan berlubang di Jl. Bandung sehingga arus lalu lintas dialihkan lewat Jl. Surabaya. Ini sukses bikin daerah Jl. Surabaya yang biasanya sudah macet semakin macet.

Kesialan kedua adalah di tengah kemacetan, mobil saya diserempet oleh pengendara motor yang kurang berhati-hati ketika menyalip mobil saya. Padahal kondisi lalu lintas sedang padat merayap eh dia malah agak ngebut dan hilang keseimbangan. Saya langsung membuka kaca jendela mobil begitu merasakan sedikit benturan di bagian sisi kanan mobil.

Si pengendara motor cukup tahu diri dengan memundurkan motor dan meminta maaf. Dia menawarkan saya untuk mengecek kondisi mobil. Saya kemudian menepikan mobil di tengah kemacetan tersebut, pas saya cek ternyata lecetnya hanya dikit. Karena saya buru-buru ditambah lagi ada satu dua pengendara motor dan mobil yang sudah nggak sabaran karena jalannya agak terhalang mobil saya, membuat saya memutuskan untuk cabut dan tidak memperpanjang insiden penyerempetan itu.

Sayangnya kesialan saya belum cukup sampai di situ. Diawali dengan hujan yang mendadak turun sehingga saya harus menutup kaca jendela saat sampai di daerah UMM. Lambat laun kaca mobil saya mulai berembun sehingga mengurangi jarak pandang. Ketika sampai Pertigaan Pendem saya putuskan untuk membeli bensin di SPBU Pertamina Pendem karena bensin mau habis sekalian juga membersihkan embun di kaca mobil. Ketika turun saya baru menyadari jika kap mobil saya mulai berasap di bagian kiri.


radiator mobil bocor


Seharusnya saya langsung memeriksa kondisi mobil saya namun situasi saat itu di belakang saya sudah ada mobil yang mengantri. Lalu di situ juga tidak ada tempat untuk berteduh, akhirnya saya putuskan untuk lanjut jalan. Dengan rasa was-was saya mencari tempat untuk berteduh, untung nggak jauh dari situ ada Alfamart dengan area parkir yang luas dan ada peneduhnya. Dengan hati-hati saya buka kap mobil yang agak terasa panas. Benar saja, ternyata air radiator saya mau habis!

Singkat cerita, saya berhasil menyelesaikan masalah air radiator tersebut untuk sementara waktu. Saya bersyukur akhirnya bisa sampai di Pohon Inn Hotel Batu. Terlambat ikut workshop itu sudah pasti, yang penting saya tetap komitmen menjalankan tugas saya untuk mewakili Perpustakaan UB.

Workshop Pengembangan SIKERMA

Sebagai operator Sikerma di Perpustakaan UB, ini untuk kedua kalinya saya mengikuti workshop yang diadakan oleh Bidang Perencanaan, Kerja Sama, dan Internasionalisasi UB. Workshop pertama diadakan bulan September di Hotel Singhasari Resort, Batu, lain kali akan saya ceritakan pengalaman seru di sana ya.

lobby pohon inn hotel


Workshop ini bukan hanya tentang peningkatan kompetensi, tetapi juga menjadi platform yang luar biasa untuk berbagi pengalaman dengan rekan-rekan operator Sikerma lainnya. Karena saya terlambat saya tidak bisa menyimak diskusi dari awal yang membahas tentang Kendala Pengisian Sikerma. Namun begitu tidak menjadi penghalang bagi saya untuk bisa mengikuti diskusi di sesi selanjutnya.


meeting room pohon inn hotel


FYI Sikerma adalah sebuah aplikasi milik UB untuk mendata semua kerjasama yang dilakukan oleh UB dengan pihak luar seperti universitas, institusi pemerintahan hingga swasta mulai dari lingkup regional, nasional maupun internasional. Kerjasama yang dilakukan tidak hanya di level universitas namun juga fakultas dan unit pelaksana teknis. Kerjasama yang dilaksanakan universitas disebut MoU (Memorandum of Understanding) sedangkan di level fakultas dan unit pelaksana teknis disebut MoA (Memorandum of Agreement).

Setelah ishoma, workshop dilanjutkan malam harinya dengan tema utama yaitu Pengembangan Sikerma hingga pukul 20.00 WIB. Agar pengembangan Sikerma bisa lebih maksimal, maka para operator Sikerma dipersilakan untuk menyampaikan keluhan, kendala dan usulan yang dimiliki terkait pengisian dokumen kerjasama. Di sesi ini Bagian Kerjasama UB juga mengucapkan terimakasih atas kerjasama para operator Sikerma selama setahun bertugas sehingga Kerjasama UB bisa maksimal dalam memberikan laporan kerjasama kepada Rektor UB.

Fasilitas di Kamar Pohon Inn Hotel Batu

Semua peserta yang mengisi form kesediaan menginap mendapat fasilitas 1 kamar untuk 2 orang. Saya sekamar dengan operator Sikerma dari FIA, namanya Mas Tomi. Kami mendapatkan kamar nomor 610 yang berada di lantai 6. Awalnya saya berekspektasi dapat kamar dengan view balkon menghadap area Batu Secret Zoo tapi ternyata saya mendapat kamar dengan view balkon bagian depan Jatim Park 2. Ya sudah nggak apa-apa, namanya juga gratisan jadi harus nerima yang dikasih hehehe

Baca juga: Batu Secret Zoo: Kebun Binatang Modern


pohon inn hotel batu

Hotel Pohon Inn mempersembahkan pengalaman menginap yang unik dengan 3 pilihan tipe kamar yang menarik: Superior, Deluxe, dan Executive. Kamar Deluxe menawarkan pengalaman unik dengan pemandangan langsung ke dalam Batu Secret Zoo, menciptakan suasana tidur menghadap hutan sambil melihat dan mendengar suara binatang-binatang.

Pilihan kamar Superior memberikan pemandangan yang menakjubkan, menghadap ke halaman parkir Jatim Park 2 dengan panorama indah kota Batu dari ketinggian. Pesona kamar ini terletak pada view deretan gunung yang memikat, terutama saat matahari terbit, memberikan kesan seolah-olah kita melihatnya melalui celah batang pohon raksasa.

Kamar Executive, di sisi lain, menawarkan pengalaman yang lebih mewah dengan adanya fasilitas bathtub di dalamnya. Berbeda dari kamar-kamar lain yang dilengkapi dengan shower berdiri, kamar Executive memberikan kemewahan mandi dalam suasana yang santai dengan air hangat dan dingin yang sama-sama menyegarkan.


kamar pohon inn hotel batu


Kamar Superior yang saya tempati berukuran 4m x 6m dengan beragam fasilitas yang dirancang untuk memberikan kenyamanan tak terlupakan. Tersedia dua kasur dengan ukuran masing-masing 100 cm x 200 cm, memastikan tidur malam yang nyaman dan nyenyak. Kamar dilengkapi dengan AC yang berfungsi dengan sempurna, wifi serta TV 32 inci dengan saluran lokal dan internasional untuk hiburan Anda.


kamar pohon inn hotel batu


Kamar dilengkapi dengan brankas kecil untuk menyimpan barang berharga kita, tempat gantung baju agar ruangan tetap teratur, dan fasilitas 2 air mineral, teh, kopi, dan gula untuk menyempurnakan momen bersantai. Terdapat juga lemari es kecil untuk menjaga minuman tetap segar dan terjaga, serta tentu saja, fasilitas toiletries hotel untuk memberikan sentuhan kebersihan yang eksklusif. Semua ini dirancang untuk memastikan pengalaman menginap kita di Pohon Inn Hotel menjadi tak terlupakan dan penuh kenyamanan.

Kesan Menginap di Pohon Inn Hotel

Setelah sesi kedua selesai kira-kira pukul 22.00 WIB, semua peserta dipersilahkan untuk beristirahat di kamar masing-masing. Alhamdulillah saya dan Mas Tomi cukup nyambung sehingga setelah workshop kami tidak langsung tidur, kami ngobrol banyak hal. Mulai dari suka duka kerja di unit masing-masing hingga peluang mencari tambahan penghasilan. Mas Tomi tertarik untuk terjun di dunia Youtuber, kebetulan saya punya sedikit pengalaman yang bisa saya bagi.

Alhamdulillah saya bisa tidur dengan nyenyak malam itu berkat tempat tidur yang nyaman dan suasana yang tenang. Esoknya saya pun bangun dengan kondisi tubuh yang segar, siap melanjutkan workshop di hari kedua. Oh iya Pohon Inn Hotel ini lokasinya masih dekat dengan pemukiman sehingga saat shubuh saya masih bisa mendengar suara adzan shubuh.

Baca juga: Sweet Memories Selfie Jatim Park 2

Selesai sholat, saya keluar menuju balkon untuk menikmati udara pagi yang sejuk dan pemandangan pegunungan Kota Batu. Suasana di parkiran Jatim Park 2 masih lengang, beberapa mobil milik tamu hotel tampak di parkiran, termasuk mobil saya.


kamar pohon inn hotel batu


Untuk sarapan, para tamu hotel mendapatkan kupon makan yang bisa dipergunakan di Jungle Fast Food Resto yang berada di lantai 1. Jungle Fast Food Resto menghadirkan pengalaman makan yang tak terlupakan dengan sentuhan ajaib hutan belantara dalam arsitektur dan interior yang memukau. Di sini kita menikmati hidangan lezat sambil merasakan kehadiran singa, leopard, dan cheetah dari Batu Secret Zoo yang berkeliaran di luar restoran. Tak perlu khawatir, keamanan pengunjung terjamin oleh kaca tebal yang memisahkan Anda dari keindahan alam liar tersebut.


jungle fast food resto


Keunikan Jungle Fast Food tidak berhenti di situ. Pohon Inn, bagian lain dari restoran ini, menawarkan pengalaman makan dengan konsep lantai kayu berputar yang menakjubkan. Sambil menikmati hidangan lezat, Anda dapat membiarkan lantai kayu berputar pelan, memberikan sensasi bertemu dengan setiap satwa melalui kaca yang memamerkannya.


jungle fast food resto


Untuk memperkaya pengalaman, restoran ini menyuguhkan Jungle Live Show setiap hari. Dengarkan suara petir menggelegar, saksikan lampu berkedip-kedip, dan nikmati atraksi boneka satwa yang bergerak-gerak pada pukul 12.00, 14.00, 18.00, dan 20.00 WIB. Tapi pagi itu spesial buat kami, Jungle Live Show dipertontonkan saat jam sarapan. Jungle Fast Food Resto menawarkan hidangan khas Indonesia, Chinese Food, hingga sajian khas Eropa.

Baca juga: Eco Green Park Wisata Edukasi 

Oke Gengs Biru, itulah pengalaman saya mengikuti workshop dan menginap di Pohon Inn Hotel Batu. Tak lengkap rasanya jika petualangan Anda di Batu tidak diakhiri dengan pengalaman menginap di Pohon Inn Hotel. Disini, Anda tidak hanya memasuki kamar nyaman, tetapi juga sebuah dunia di dalam pohon raksasa, memberikan Anda pengalaman tidur yang tak terlupakan di tengah hutan belantara. Suara lembut alam, gemercik sungai, dan riuhnya pepohonan besar akan menjadi saksi bisu ketenangan malam Anda.




Pohon Inn Hotel bukan hanya tempat menginap, melainkan pintu gerbang menuju malam yang magis setelah seharian penuh petualangan di Batu Secret Zoo, Museum Satwa, dan Eco Green Park. Jadi, biarkan petualangan Anda di Batu berlanjut hingga malam, dengan menginap di Pohon Inn Hotel, di mana mimpi dan alam berkumpul dalam satu kesatuan yang sempurna.


1 comment

  1. seru banget di restonya ada atraksi jungle live show
    dari dulu penasaran sama hotel ini soalnya desain dari luarnya terlihat nyeleneh dan unik gitu
    apalagi kalau di Batu juga deket sama wahana wisata Jatim park, nginep disini termasuk strategis banget

    ReplyDelete

Popular Posts