Keluarga Biru

Featured Post

Berumur Panjang Demi Keluarga Tercinta - My Healthiness My Precious Moment

Di keluarga besar saya, umur para pria mayoritas lebih pendek bila dibandingkan dengan umur para wanita. Sejak lahir saya tidak...

Laman

Job Review: Sebuah Bonus untuk Blogger

Keluarga Biru         19 comments
Job Review: Sebuah Bonus untuk Blogger
Sumber: smallbiztrends.com



Saya mulai ngeblog sejak tahun 2007, waktu itu saya baru saja dipindahkan ke bagian free internet di tempat saya bekerja. Kebebasan terkoneksi dengan internet dari pagi sampai sore adakalanya membuat saya bosan, nah untuk membunuh kebosanan tersebut saya biasanya membaca artikel dari para blogger. Dari situlah akhirnya saya tergoda untuk membuat blog juga.
Saya mendapatkan banyak sekali manfaat selama enam tahun ngeblog, mulai dari punya teman dan sahabat dari seluruh Indonesia bahkan luar negeri, mendapatkan hadiah dari lomba hingga bertemu dengan seorang wanita yang kini menjadi istri dan ibu dari putra tercinta kami. Pernah sih saya mengetahui informasi bahwa kita juga bisa mendapatkan penghasilan dari blog lewat Google Adsense namun saya belum tergoda. Alasannya saat itu GA masih belum menerima blog berbahasa Indonesia. Karena kesibukan dengan keluarga, kantor dan penerbitan sehingga aktivitas ngeblog saya menjadi berkurang.
Barulah tiga bulan belakangan saya mulai tergoda untuk mencoba melamar ke GA setelah membaca cerita sukses salah satu teman blogger yaitu Mbak Katerina. Dari belajar SEO, cara nembus Alexa, GA dan sebagainya saya juga mendapat banyak ilmu lainnya, salah satunya tentang job review. Awalnya saya sempat bingung dan menebak-nebak apa sih job review itu? Barulah setelah bertanya ke senior dan gugling sana-sini saya menemukan jawabannya.
Menurut saya job review ini sama halnya dengan kita menulis review tentang buku atau film. Kita membahas mulai dari A sampai Z tentang suatu produk atau jasa. Yang dibahas tidak hanya kelebihannya saja namun juga kekurangan. Namun kita membahas kekurangannya bukan untuk menjatuhkan namun sebagai saran dan masukan bagi brand yang kita review.
Saya jadi teringat masa dimana dulu saya pernah dipercaya sebagai resensor dari sebuah penerbitan. Saya dihubungi oleh editornya dan disuruh memilih buku apa saja yang saya inginkan. Setelah selesai membacanya, saya menuliskan review tentang buku tersebut di blog saya yang khusus resensi.  Senaang sekali deh rasanya, meski hanya dapat buku gratis tanpa ada fee tambahan. Nah kalau job review ini selain kita dapat produknya, denger-denger juga dapat fee berupa uang tunai atau voucher. Waah jadi berlipat-lipat senangnya. Lumayan kan sebagai penghasilan sampingan untuk memenuhi kebutuhan keluarga wekekeke.
Eh ternyata, masalah job review ini saya udah keduluan sama Mama Ivon. Dia yang nggak berniat monetize blog dan nggak pernah nerapin trik-trik SEO dan sebagainya malah dapat job review dari sebuah brand perlengkapan rumah tangga yaitu sebuah wajan teflon. Pas ke supermarket kami iseng-iseng ngecek harganya, widiiih mungkin saya akan mikir-mikir dulu deh jika istri minta dibelikan. *suamipelit*

 
Job Review: Sebuah Bonus untuk Blogger
Job review Mama Ivonie

Job review yang diterima Mama Ivon nggak datang begitu saja. Dia memang selama ini join di grup food blogger. Tiap bulan di grupnya itu ada challenge-chalenge membuat masakan atau kue gitu. Nah dari rajin ikutan challenge itulah Mama Ivon menang dan terpilih sebagai salah satu blogger yang dipercaya untuk mereview produk wajan teflon. Dari situ saya mengambil kesimpulan kalau bergabung di suatu grup atau komunitas bisa menjadi salah satu jalan bagi blogger untuk mendapatkan job review.
Orang bijak berkata, jika ingin sukses maka kita harus memantaskan diri terlebih dahulu untuk menjadi sukses. Sehubungan dengan job review ini, saya pun kini berusaha memantaskan blog saya dengan cara rajin mengulas objek wisata dan tempat wisata kuliner yang pernah kami datangi. Misalnya saya pernah mengulas tentang tempat makan langganan kami yaitu Kedai Selat Solo, WarungNayamul, D’Keik. Lalu ada juga objek wisata di Blitar yang pernah kami kunjungi yaitu Kampung Coklat dan Taman Idaman Hati. Saya juga pernah menulis secara khusus apresiasi saya untuk motor Yamaha tipe Vega R yang setia menemani saya dari masa bujang hingga sekarang.
Alhamdulillah artikel –artikel tersebut banyak menarik pembaca bahkan berhasil menembus social bookmark sehingga lebih banyak orang yang tahu tentang objek wisata atau tempat makan yang saya review tersebut. Senang sekali rasanya bisa membantu mempromosikan usaha orang lain. Siapa tahu nanti ada rumah makan yang mengundang Keluarga Biru untuk mencoba menu terbaru mereka atau ada bos dealer mobil yang meminta saya datang ke dealernya untuk test drive mobil keluaran terbaru wekekeke ngayalnya tinggi banget yak.
 Sah-sah saja sih kita ngeblog dengan salah satu tujuan mencari uang sepanjang tidak merugikan orang lain. Tapi tujuan untuk mencari uang itu jangan dijadikan tujuan utama agar jika tidak tercapai kita tidak sampai down bahkan ngambek nggak mau ngeblog lagi. Niatkan lah ngeblog dengan tujuan utama berbagi ilmu dan hal-hal baik yang kita alami. Insya Allah nanti kita akan mendapatkan berkah atau bonus dari apa yang sudah kita lakukan. Salah satu bonusnya itu mungkin bisa berupa tawaran job review he he he.

"Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog "Blogger dan Job Review" oleh Petrus Andre yang didukung oleh Ajeng Angelina dan Elisa Fariesta."

Published by Keluarga Biru

Keluarga Biru adalah blog milik Ihwan Hariyanto dan Ivonie Zahra. Mereka menulis tentang parenting, traveling dan kuliner yang mereka lakukan bersama dua buah hati mereka Aiman dan Aira.
Follow us Google+.

19 comments:

  1. Job review pertamaku... ya gak bisa dibilang ngejob juga kali ya :) cuma dikasih buku dan disuruh bikin ulasannya. Lumayaan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukunya Mbak Dewi Anak Kos Dodol ya Yan?
      Btw tampilan huruf di artikel ini besar banget nggak Yan? Tadi aku nulis dengan ukuran normal kok kecil akhirnya aku ubah jadi big.

      Delete
  2. Aku pertama ngereview di blogku yg bahasa Inggris. Mayang banget karena dibayar pakai euro. :) ira

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wiiih asyiik bener Mbak, berapa tuh kalau dikurskan ke rupiah? :D

      Delete
  3. wah, bagaimana caranya menjadi resensor sebuah penerbit pa? berminat juga karena saya memang suka baca dan lagi belajar review..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awalnya saya rajin bikin resensi di blog Mbak, trus iseng-iseng share di FB sambil mention fanpage penerbit buku yang saya resensi. Dari situ kemudian ada editor yang inbox saya.
      Mbak gabung aja di grup resensor: Blog Buku Indonesia: blogbukuindonesia.com.
      Di sana sering kok dapat gratisan buku dari penerbit yang lagi promo, saya kebetulan pernah bagi-bagi buku juga saat promosi buku klien penerbitan saya, Mozaik Indie Publisher.

      Delete
  4. Wah Kalau kalau test Drive saya nggak mau. Kalau dikirimin sekalian mau juga. Belum pernah ngerivew nih. masih pecicilan aja di Blog. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga maunya dikirimin sekalian Mbak :D
      Kalau kata Mbak Ira, nulis buat toped udah termasuk review Mbak.

      Delete
  5. Aku belum pernah dapet job review.. Ada yang mau ngasih kah? huehehehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaa, ya udah ambil nomer antrian dulu yak :P

      Delete
  6. Kalo resensor berbayar mungkin di penerbit yang besar ya kang?
    Saya suka tuh dengan kalimat sampeyan, "memantaskan diri" untuk jadi sukses. Saya juga pengen banget sukses, saya juga memantaskan diri dengan salah satunya posting secara teratur. Alhamdulillah sudah berjalan selama sebulan posting sekali seminggu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pengin resensinya dibayar kirim ke media cetak aja Mas. Setahu saya di BBI dulu walaupun dapat buku dari penerbit besar tetap aja nggak dibayar meski udah bikin resensi di blog.
      Itu saya ngutip dari orang bijak he he he.
      Siip, ayo ditingkatin Mas frekuensi postingnya, saya udah follow lho blognya ;-)

      Delete
  7. Wah enak juga jadi reviewer ya Mas, saya belum pernah dapat job review. Ada saran dimana saya bisa mendapatkannya??? Barangkali ada sponsor yang mau direview produknya di blog saya??? *lagi-lagi promo mulu*

    Nice share Mas Ihwan....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas, enak karena kita dibayar melakukan apa yang kita senangi.
      Kalau berdasarkan pengalaman istri, ya join di komunitas2 blogger.
      Antri dulu Mas kalau pengin dapat job review di sini :P

      Thanks for your apreciation Mas Hendra.

      Delete
  8. Wah pengen sih pak bnget kyak gitu tapi baru sekedar pengen. Masih blum paham GA itu apa dls. Jadi blogger personal aja dululah hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belajar aja Mas, lebih cepat lebih baik. Atau nunggu blognya rame dulu.
      Maaf telat balasnya, baru tahu saya komen ini.

      Delete
  9. Saya mah kerjaannya review mas. Tapi saya tidak mau dibayar. Atau malah nggak dapat bayaran ya?. hehe. Em.. bagi saya, memberi tahu orang lain kalau produk ini bagus adalah kewjiban. Jadi, ya free-free saja.. Salam kenal. Terimakasih awardnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus itu Mas kalau udah sering mereview, siapa tahu nanti ada brand yang melirik.
      Salam kenal balik, oh kena timpuk liebster award juga yak? :D

      Delete
  10. seru ya mereview begini... saya belum pernah dapat job review ni mas ihawan.. ^_^ mau kalau ada info yaaa.. makasih...

    ReplyDelete

Jika menurut Anda artikel ini berguna mohon dukungannya dengan memberikan donasi via PayPal untuk maintenance blog Keluarga Biru. Terimakasih ^_^

Google+ Followers

Followers

Total Pageviews

Contact

Powered by Blogger.